Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri

harian-nasional.com/ – Apa saja rahasia dan kunci sukses mengatur keuangan untuk pasangan suami istri? Tentunya, ada banyak hal yang harus disatukan dalam rumah tangga termasuk soal keuangan.

Agar dapat gambaran lebih konkrit tentang bagaimana cara menyeimbangkan ide finansial dengan pasangan, simak, yuk, rahasia dan kunci sukses mengatur keuangan untuk pasangan suami istri lewat Aplikasi Finansialku dalam artikel berikut ini.

Rubrik Finansialku

Jangan Sepelekan Masalah Finansial Suami Istri

Tahukah Anda jika masalah finansial sudah menjadi masalah yang sering menjadi rahasia, dusta atau bahkan berujung pada perceraian di beberapa rumah tangga.

Permasalahan ini selalu membuat kita tertarik untuk mengulas mengenai cara mengatur keuangan untuk pasangan suami istri yang telah menikah.

Melalui artikel ini, kami berharap Anda dapat mengetahui manfaat dari cara mengatur keuangan rumah tangga Anda.

7 Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri

Mengulas sebuah studi yang dilakukan oleh Jefrey Dew di Utah State University, dikatakan bahwa sebuah pasangan cenderung bertengkar mengenai uang lebih dari sekali dalam seminggu.

Dan memiliki tingkat persentase 30% lebih mungkin untuk kearah perceraian. Dari studi yang telah dilakukan itu jelas bahwa masalah finansial adalah salah satu ancaman yang sangat berbahaya untuk sebuah hubungan dalam rumah tangga.

[Baca Juga: Calon Pasangan Suami Istri – Pasutri, Pelajari 5 Ilmu Berikut Ini Agar Pernikahan Anda Lebih Awet dan Bahagia]

Dengan demikian, perlu adanya pembicaraan atau komunikasi yang serius dan menetapkan waktu untuk mendiskusikan masalah keuangan seperti anggaran, tabungan dan permasalahan keuangan lainnya.

Buatlah diskusi ini se-romantis mungkin, misalnya dengan mengajak jalan istri atau suami ke kafe dan apabila diperlukan, Anda juga bisa pergunakan laptop.

Ulangi lah pembahasan dan diskusi mengenai masalah finansial ini setiap bulannya agar Anda berdua dapat memenuhi tujuan dari komunikasi ini dengan pasangan.

Lebih lanjut lagi, ikuti 7 tips berikut ini untuk bisa memaksimalkan komunikasi finansial dengan suami atau istri.

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Suami Istri #1 Mulailah Diskusi Mengenai Finansial

Anda dapat memulai diskusi dengan pasangan mengenai aset, hutang, ekspektasi, hingga aturan main dasar yang sudah disepakati bersama sehingga Anda wajib coba cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Diskusi ini bisa juga ditunjang dengan informasi dari berbagai media, salah satunya ebook dan podcast yang sudah disiapkan oleh Finansialku untuk Anda di bawah ini.

Informasi tambahan ini bisa menjadi ‘pihak ketiga’ yang objektif juga sebagai acuan yang bisa menghindarkan Anda dan pasangan dari kemungkinan untuk cekcok ketika berdiskusi.

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Suami Istri #2 Buatlah Rekening

Banyak penelitian menunjukan adanya setuju dan tidak setuju pasangan untuk tetap memakai rekening pribadi ataukah membuat rekening bersama.

Karena rekening bersama akan memberikan kenyamanan dan keterbukaan antar pasangan.

Namun beda halnya dengan rekening pribadi yang lebih privasi untuk masing-masing individu.

Sehingga perlu adanya diskusi dengan pasangan apakah akan membuat rekening bersama ataukah membuat rekening pribadi, serta mendiskusikan tentang kegunaan untuk keduanya.

Dengan adanya rekening bersama ini berbagai manfaat bisa terpenuhi, di antaranya adalah target finansial lebih mudah tercapai, dan timbulnya rasa tanggung jawab antar suami istri.

Kemudian akan terbangun rasa emosional yang lebih erat dengan pasangan, juga akan timbul tindakan efektif untuk mengevaluasi keuangan dan finansial keluarga, rekening bersama juga akan meminimalkan konflik keuangan keluarga.

Namun yang harus diingat sebelum memutuskan untuk membuat rekening bersama adalah adanya kejujuran satu dengan lainnya.

Selain itu, haruslah rajin berdialog membahas kondisi finansial, timbul dari kesepakatan untuk mengelola tabungan bersama, siap untuk membagi beban pengeluaran bersama.

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Suami Istri #3 Menabung Dana Darurat

Merupakan hal yang prioritas dalam manajemen rumah tangga untuk menyisihkan tabungan dana darurat. Ini berfungsi sebagai persiapan dana apabila ada hal-hal yang tidak diantisipasi sebelumnya.

Misalnya adalah kehilangan pekerjaan, sakit, bencana alam, hingga kerusakan rumah dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Definisi Dana Darurat dan Cara Mudah Mempersiapkannya]

Anda dapat menargetkan minimal menyimpan 6 kali biaya untuk pengeluaran dalam hidup per bulan agar suami istri merasa aman dan nyaman dalam hidup dan tentunya hal ini perlu untuk didiskusikan bersama.

Hal yang perlu diingat di sini adalah dana darurat akan membantu kondisi keuangan lebih kokoh dan aman. Dana darurat akan menjadi sebuah dana yang dapat dialokasikan untuk investasi jangka panjang juga.

Karena investasi ini juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya dalam hal keuangan sebab kegiatan investasi ini akan mempermudah mencapai berbagai tujuan hidup.

#4 Pengaturan Budgeting

Penting kiranya apabila masalah budgeting ini nantinya diterapkan secara dua arah.

Artinya adalah bukan hanya istri saja yang harus pintar dalam mengelola keuangan tetapi juga seorang suami juga harus aktif dalam menerapkan dan memastikan semuanya sudah berjalan secara konsisten dan sesuai dengan ide gagasan yang telah dibuat diawal.

Sistem budgeting tiap pasangan juga pastinya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Namun tidak ada salahnya apabila Anda menggunakan sebuah aplikasi keuangan atau sebuah pencatatan dengan menggunakan perangkat komputer untuk memudahkan pengerjaannya.

#5 Menghindari Utang

Di kehidupan ini, hutang dapat menjadi perusak sebuah hubungan di segala lini kehidupan, termasuk di dalam urusan rumah tangga. Apabila salah satu pasangan ingin mengangkat dan mengambil sebuah kredit.

Maka sudah seharusnya dibicarakan secara terus terang antar dua belah pihak. Agar beberapa masalah ke belakang dapat dipecahkan bersama di depan seperti kredit cicilan atas hingga kredit besar seperti kredit pengambilan sebuah mobil atau rumah.

#6 Menjalin Komunikasi Finansial yang Intens

Ubah lah gaya bahasa se-romantis mungkin dengan kata-kata “Kita” misalnya. Karena pernikahan adalah kemitraan bukanlah sebuah doktrin.

Harus diakui biasanya kaum wanita lebih boros dengan hal-hal dan barang-barang seperti make-up, sepatu dan tas, sedangkan pada laki-laki cenderung suka menghabiskan uangnya untuk kegiatan favorit.

Kenapa hal-hal tersebut haruslah dilakukan karena Berbeda halnya berdiskusi dengan saudara atau dengan teman.

Komunikasi hendaknya dilakukan dengan penuh respek dan cinta dalam menyusun manajemen suami istri.

Hendaknya menghindari kata-kata kasar, tuduhan-tuduhan atau bahkan cekcok yang akhirnya hanya akan menimbulkan masalah yang pelik dan tidak kunjung selesai.

#7 Solidkan Team Work

Artinya di sini adalah pasangan suami istri haruslah kompak untuk menghadapi masalah keuangan karena hal ini merupakan kunci sukses mengatur keuangan keluarga.

Dapat diartikan manajemen keuangan bukanlah sebuah persoalan diskusi yang singkat kemudian membiarkan salah satu pasangan untuk bekerja keras memenuhi semua kebutuhan, pastikan untuk selalu ada kontribusi yang positif dari masing-masing untuk menjaga bahtera rumah tangga yang solid.

Pasangan Suami Istri Bisa Investasi dengan Aplikasi Finansialku

Di dalam aplikasi Finansialku, terdapat satu layanan untuk membeli reksa dana sebagai pilihan investasi pasangan suami istri. Lalu, bagaimana caranya? Anda dapat membukanya via website https://aplikasi.finansialku.com/login.

Selain via website Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store atau Apple Apps Store.

Setelah membaca informasi di atas pasti Anda sangat ingin untuk menginvestasikan dana pasangan suami istri bukan?

Ajak lebih banyak orang untuk ikut investasi bersama Aplikasi Finansialku dengan berbagi dengan rekan Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Finley Susanto, 18 Januari 2019. Wajib Coba 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros. Amalan.com – https://goo.gl/N8Nv43

Sumber Gambar:

    Keuangan Pasangan – https://goo.gl/PNv4t5

    Keuangan Pasangan 2 – https://goo.gl/p3gxZQ

    Keuangan Pasangan 3 – https://goo.gl/9zA7p2