Wisata  

Lokasi Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura

harian-nasional.com/

Lokasi: Lombang, Batang Batang, Sumenep Regency, East Java 69473Map: Klik DisiniHTM: Rp.7.000 per OrangBuka Tutup: 07.00 – 18.00Telepon: 0817-0339-2934

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke pantai Lombang Sumenep ini sangat murah. Cukup membayar sebesar Rp.7.000 saja per orang.

Dipatok harga murah agar tidak memberatkan wisatawan yang membawa keluarga guna mengunjungi pantai ini.

Madura bukan hanya terkenal dengan Karapan Sapi dan juga jembatan Suramadu saja. Di kota yang dekat dengan Surabaya ibukota Jawa Timur ini, ada banyak kawasan wisata alam yang sangat menawan, salah satunya ialah pantai.

Dan saat ini salah satu pantai yang menjadi incaran para wisatawan namanya adalah Pantai Lombang.

Mengenal Pantai

Pantai Lombang Sumenep di Madura ini sudah mulai dilirik di tahun 2000. Pantai ini menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata selain daerah Bangkalan, pantai Mamuju, Slopeng hingga Sampang.

Pantai Lombang sendiri cukup dekat dengan jembatan penghubung Jawa Timur dan juga Madura. Praktis akses cukup mudah.

Pantai Lombang ini menjadi incaran para turis mancanegara yang ingin menikmati dan memanjakan diri dengan keindahan alam. Tidak heran jika ribuan pengunjung datang ke sini setiap hari.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Pantai Lombang memang menjadi salah satu tempat yang sangat favorit dan kerap dikunjungi masyarakat Madura maupun wisatawan domestik.

Apalagi ketika mendekati libur panjang, pantai Lombang akan dipenuhi pengunjung, bahkan jumlahnya bisa sampai puluhan ribu lebih.

Sebenarnya apa sih yang membuat Pantai Lombang ini cukup digemari? Setelah ditelisik, ternyata spot tersebut menyajikan keindahan pasir putih seluas 12 km di sepanjang pantai di pesisir Madura.

Keindahan pasir putih yang dipadu-padankan dengan panorama di sekitar laut tentu akan menarik wisatawan untuk mengambil foto atau gambar mereka ketika liburan di sini.

Yang menjadi permainan favorit dari para wisatawan di pantai Lombang adalah mereka bisa menggambar ataupun menulis kata-kata di atas pasir kemudian diabadikan menggunakan kamera.

Cemara Udang

Disamping itu, masih ada satu lagi pesona yang ditawarkan oleh pantai Lombang yakni deretan pohon Cemara Udang di sepanjang pesisirnya.

Bisa dilihat banyaknya pohon cemara udang memberikan kesan tersendiri karena tinggi pohon ini rata-rata mencapai 4 m.

Diberi nama demikian karena posisi pohon ini bentuknya membungkuk menyerupai bentuk udang.

Pohon ini mengelilingi seluruh tepi pantai. Tidak heran jika angin yang berhembus di pantai terasa sangat sejuk dan segar.

Pantai Lombang Sumenep ini termasuk ke dalam jajaran pantai di pesisir utara Jawa. Praktis ombaknya pun tidak terlalu besar.

Dan kontur dari pantai sangat landai sehingga para wisatawan tidak perlu takut jika ingin berenang ataupun mandi di laut.

Namun begitu, tetap saja harus diperhatikan peraturan ataupun peringatan area mana saja yang bisa digunakan untuk berenang.

Aktifitas Menarik

Selain berenang, snorkeling juga menjadi salah satu kegiatan paling digemari wisatawan karena di sini mereka bisa melihat alam bawah laut yang sangat indah.

Tak perlu repot membawa perlawatan dari rumah karena semuanya sudah tersedia lengkap di sini, begitu juga dengan perlengkapan renang.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah bersantai di sekitar pantai sembari mendengarkan lagu atau mp3 di bawah pohon cemara udang yang memiliki hembusan angin sepoi-sepoi. Coba deh pasti rasanya nyaman banget.

Dengan bersantai dan juga berteduh di sekitar pantai, para turis bisa menikmati lembut dan halusnya pasir putih yang terhampar di pantai Lombang ini.

Dengan suara ombak yang tenang juga tentu saja mampu membuat suasana semakin nikmat.

Sinar matahari yang sedikit menyembur di sela-sela pohon cemara, menjadi daya tarik tersendiri. Para wisatawan bisa mengabadikan foto dan juga video di sini.

Di pantai Lombang ini sudah kerap digelar beberapa acara dan event. hal tersebut tentu menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Acara yang biasa dilakukan umumnya terkait keagamaan dan kebudayaan. Terlepas dari itu, Pantai Lombang juga kental dengan pesona mistis maupun berbagai mitos.

Fasilitas Pantai

Pantai ini memang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Oleh sebab itu fasilitas yang disediakan di sini sudah cukup komplit.

Lombang Beach ini memiliki aneka penginapan seperti homestay yang bisa ditemui di sekitar pantai.

Dan memang sudah disediakan bagi para wisatawan yang ingin menginap untuk menikmati keindahan pantai di malam hari.

Apalagi ketika malam para masyarakat kerap mengadakan acara bebakaran yang menyajikan aneka kuliner laut yang menggoda.

Untuk fasilitas lainnya, Pantai Lombang sudah menyajikan fasilitas komplit seperti kamar bilas hingga warung makan yang menyajikan beraneka menu lezat seperti Es Kelapa Muda, Rujak Lontong Madura serta aneka jajanan khas Madura.

Sejarah Singkat

Pantai Lombang ini memiliki sarat cerita sejarah. Kabarnya masyarakat sekitar percaya jika pohon cemara udang ini hanya tumbuh di sekitar Pantai Lombang dan di area perairan laut Tiongkok.

Cemara udang ini menjadi simbol penyebaran di sekitar perairan Sumenep yang berhubungan erat dengan ekspedisi besar yang dilakukan oleh Kerajaan Tiongkok di masa lampau.

Ekspedisi di abad ke-15 ini kala itu dipimpin oleh Jenderal Ma’huan, The Ho atau Shampo Thai Kam dan juga Jenderal Ong Keng Hong.

Ketiga jenderal ini memiliki nama besar Sam Po Toa Lang atau disebut juga Tiga Pendekar Besar.

Pelayaran ini konon menurut kabarnya menjadi salah satu pelayaran paling besar di abad tersebut.

Sekitar 62 armada kapal serta pasukan perang yang membawa hingga 27.800 orang diikut sertakan dalam ekspedisi ini.

Akan tetapi ketika menuju ke tanah Jawa, kapal pimpinan Jenderal Ong Keng Hong ini tenggelam akibat menabrak karang dan mengakibatkan sang jenderal wafat.

Setelah peristiwa tersebut, semua armada berlabuh di daerah Mangkang yang berjarak sekitar 10 km di sekitar sebelah barat dari kota Semarang.

Sang jenderal akhirnya dimakamkan dengan tata cara Islam yang terletak di Gedongwatu. Ekspedisi kembali dilanjutkan menuju kerajaan Majapahit.

Akan tetapi nasib buruk menimpa mereka. Kapalnya terbawa arus hingga menuju ke bagian timur.

Dan saat tiba di Masalembu, kapal-kapal mereka harus menghadapi topan dahsyat yang membuat sebagian armada hancur dan tenggelam.

Sebagian peralatan dan juga awak buah kapal terdampar di sekitar Madura. Dan sisa-sisa historis ini bisa dilihat dengan adanya tiang kapal yang bisa dilihat di Sumenep.

Sementara jangkar dari armada kapal tersebut berada di Pati. Oleh sebab itu di pantai Lombang ini terdapat pohon cemara udang yang merupakan peninggalan dari sisa-sisa para ekspedisi Tiongkok.

Akses Menuju Lokasi

Letak dan lokasi dari Pantai Lombang ini berada di ujung timur dari Pulau Madura. Lebih tepatnya di Desa Lombang, Kec. Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Jarak dari pusat kota Sumenep sendiri sekitar 30 km. Rute untuk menuju ke pantai Lombang ini pun tidak terlalu sulit.

Pasalnya, akses dan jalurnya sudah cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Dari kota Sumenep sudah ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai Lombang ini.

Sementara jika berangkat dari Surabaya, para wisatawan harus menyeberang terlebih dahulu dari Tanjung Perak menuju Bangkalan atau bisa juga menggunakan kendaraan umum melewati Suramadu.