Wisata  

Yuk, Intip 10 Tempat Wisata di Bangkinang Kabupaten Kampar

harian-nasional.com/ – Provinsi Riau sudah terkenal akan keindahan tempat wisatanya. Banyak wisatawan yang datang ke provinsi ini. Namun pernahkah kamu mendengar daerah Bangkinang? Ternyata daerah di Provinsi Riau ini juga menyimpan objek wisata yang menarik. Bangkinang adalah salah satu kota yang berada di Kabupaten Kampar.

Bangkinang merupakan ibu kota Kabupaten Kampar. Karena itu, tidak mengherankan jika tempat wisata di Bangkinang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Saat berkunjung ke kota ini, kamu bisa menikmati beragam destinasi wisata. Di sini kamu akan menemukan wisata berupa bukit, danau, dan wisata buatan. Penasaran seperti apa tempat wisata di Bangkinang? Ini ulasannya.

1. Agro Wisata Bukit Naang

    Alamat: JL Lintas Bangkinang Petapahan, Bangkinang Seberang, Seberang, Ka. Kampar, Riau

    Jam buka: 08.00 – 18.00

    Telepon: 0811-766-639

    HTM: Rp 15.000

Tempat wisata di Bangkinang ini menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata alam ini bernama Bukit Naang Bangkinang. Lokasinya terletak di Desa Pasir Sialang, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau. Untuk yang gemar dengan petualangan, objek wisata ini cocok sekali untuk dikunjungi.

Di tempat ini kamu bisa mencoba beragam aktraksi yang dapat memacu andrenalinmu, seperti wahana flying fox yang memiliki ketinggian sekitar 22 meter. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lumayan lengkap. Di sekitar objek wisata terdapat tempat parkir, tempat istirahat, toilet, tempat ibadah, sampai kantin.

2. Dermaga Tepian Mahligai

    Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Pulau Gadang, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau

    Jam buka: 07.00 – 18.00

    Telepon: 0823-4734-5658

    HTM: Rp 5.000

Dermaga Tepian Mahligai merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Pulau Gadang. Dahulu, tempat ini berupa lahan dermaga milik perkebunan karet yang berada dekat dengan PLTA Koto Panjang. Kemudian ada inisiatif dari warga untuk melakukan pembenahan lahan sehingga jadilah sebuah destinasi wisata baru.

Boleh dibilang penataan tempat ini cukup modern karena dilengkapi dengan fasilitas berupa beberapa wahana air yang terdapat di danau samping dermaga. Ada juga fasilitas lain berupa spot kuliner untuk para wisatawan lengkap dengan tempat duduknya yang menghadap ke danau.

Meski memiliki fasilitas yang banyak, tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Wisatawan dari berbagai umur bisa datang ke tempat ini untuk berlibur di sana. Jika berminat mengunjungi Pulau Jodoh, cukup naik sampan saja.

3. Jembatan Waterfront City

    Alamat: Kampung Godang, Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau

Daerah Bangkinang memiliki objek wisata malam yang menarik. Objek wisata ini juga menjadi tujuan kuliner malam. Objek wisata ini bernama Jembatan Waterfront City. Ketika malam akan diterangi oleh lampu yang berkerlap-kerlip penuh warna. Sambil menyantap makanan khas daerah ini, kamu akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa.

Lampu yang kerlap-kerlip di Jembatan tersebut dipasang pada beberapa tiang yang menjadi penyangga jembatan. Pemandangan Sungai Kampar menjadi lebih menarik. Untuk kamu yang menyukai fotografi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Jembatan Waterfront City untuk hunting foto pada malam hari.

4. Stanum Bangkinang

    Alamat: Langgini, Bangkinang, Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau

    Jam buka: 07.00 – 17.30

    Telepon: 0853-7670-2452

    HTM: Rp 20.000

Berikut ini adalah tempat wisata di Bangkinang lainnya yang menarik dikunjungi. Stanum Bangkinang merupakan sebuah taman rekreasi di Kabupaten Kampar yang cukup dikenal.

Taman yang menjadi tempat wisata di Bangkinang ini memiliki beberapa fasilitas di antaranya, skate board, taman bunga, kolam renang, gedung pertemuan, restoran, tempat bermain sampai penginapan.

Di daerah Kabupaten Kampar, tempat wisata yang terletak di Ds. Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup legendaris. Tempat ini sudah ada semenjak tahun 90-an.

5. Puncak Pukatan

    Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Ds. Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau

    Jam buka: 24 jam

    Telepon: 0812-6841-0441

    HTM: Rp 5.000

Kaum millennial, jangan lewatkan tempat wisata di Bangkinang yang satu ini. Tempat wisata hits ini adalah Puncak Pukatan. Spot wisata ini menawarkan keindahan alamnya yang memesona saat disaksikan dari ketinggian.

Di sini terdapat beragam spot foto yang menarik, seperti berupa gardu yang latarnya adalah hamparan sungai serta pepohonan. Tersedia juga ayunan yang bisa digunakan untuk duduk sambil menikmati suasana.

Tempat wisata ini lokasinya berada di Jalan Bangkinang – Payakumbuh, Ds. Batu Bersurat. Untuk bisa sampai di tempat wisata ini butuh perjuangan, tapi tempat ini layak untuk dikunjungi.

6. Sungai Hijau

    Alamat: Bangkinang, Salo, Kec. Kampar, Kab. Kampar, Riau

    Jam buka: 8:00-18:00 (Kamis tutup)

    HTM: Rp 5.000

Sungai Hijau adalah destinasi wisata hits di daerah Bangkinang. Seperti namanya, Sungai Hijau adalah kawasan sungai yang di sekelilingnya terdapat banyak pepohonan hijau yang pastinya akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sini.

Kondisi air sungai ini juga jernih sekali. Warna hijaunya karena keberadaan ganggang serta lumut dalam air.

Kedalaman sungai ini sekitar 30 – 150 cm. Mengetahui kedalamannya, kamu wajib berhati-hati saat sedang bermain air di tempat ini. Untuk kamu yang kurang mahir berenang, lebih baik bermain di pinggirnya saja.

Tiket masuk tempat wisata ini hanya Rp 5.000 saja. Untuk yang tidak bisa berenang, tersedia penyewaan pelampung sebesar Rp 5.000 dan untuk duduk santai sambil menyantap bekal makanan serta minuman, kamu bisa menyewa tikar seharga Rp 10.000.

Bagi tak yang sempat membawa bekal dari rumah, jangan khawatir karena di sini tersedia warung-warung yang menjajakan makanan. Ada juga fasilitas lainnya seperti musala serta WC umum. Kalau perlu ganti baju, kamu bisa melakukannya di toilet umum dengan biaya sebesar Rp 2.000.