Wisata  

Unik dan Estetik! Inilah 10 Tempat Instagramable di Jakarta Barat

harian-nasional.com/ – Dikenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia membuat Jakarta Barat tidak pernah kekurangan pesonanya, mulai dari kuliner, hiburan dan tempat wisata bisa kita temukan di kota ini.

Seperti di kota-kota lainnya, Jakarta Barat punya banyak tempat menarik yang kalau istilah zaman sekarang disebut instagramable. Tempat seperti ini jadi alternatif liburan di akhir pekan yang singkat.

Sambil melepas penat setelah satu minggu menjalankan rutinitas, tidak ada salahnya menjelajahi tempat-tempat di bawah ini. Jakarta Barat adalah salah satu kota tua di Jakarta.

Kota ini dulunya merupakan pusat pemerintahan VOC. Jejak peninggalan kekuasaannya berdiri kokoh dan menjadi objek yang menarik. Ini dia beberapa tempat instagramable di Jakarta Barat yang bisa kamu kunjungi.

1. Museum Fatahillah

    Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat,

    Jam Buka: 09.00 – 15.00 (Senin tutup)

    Telepon: (021) 6929101

    HTM: mulai dari Rp2.000

Nama lain dari Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta. Tempat ini berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Museum Fatahillah mempunyai bentuk gedung yang besar dan fotogenik.

Dibangun dengan gaya arsitektur Barok klasik, Museum Fatahillah menggunakan sejumlah elemen dengan skala besar yang menghiasi sudut-sudut bangunannya.

Sudut bangunan yang terpengaruh gaya Neo klasik merupakan spot indah yang jadi buruan para pencinta fotografi. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Kota Tua Jakarta yang ingin berfoto di depan Museum Fatahillah. Ada penyewaan sepeda ontel yang bisa jadi properti foto di sana.

2. China Town

    Alamat: Jl. Gajah Mada, RT 2/RW 1, Glodok, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

    Jam Buka: 07.00 – 19.00

Jakarta sejak dulu adalah tempat bertemunya berbagai kebudayaan. Hal ini disebabkan karena masyarakat kota ini berasal dari berbagai etnis.

Salah satu etnis yang banyak mendiami wilayah Jakarta. Sejarah kedatangan etnis ini sangat panjang sehingga memunculkan akulturasi budaya di negeri Khatulistiwa.

Salah satu jejak etnis Tionghoa di Indonesia dapat kita lihat di Chinatown, Jakarta. Banyak bangunan yang dihiasi dengan ornamen khas Tionghoa yang cantik.

Di musim perayaan, kawasan ini menjadi lebih padat dan meriah sebab adanya peringatan acara budaya. Di waktu-waktu tersebut kamu akan menemukan hal menarik yang bisa kamu rekam melalui lensa kameramu.

Tapi di hari-hari biasa pun tempat ini tidak kehilangan pesonanya. Kamu masih bisa melihat beragam atraksi menarik dari kebudayaan Tionghoa di tempat ini. Pastikan kamu mengunjungi Petak 9, Vihara Dharma Bakti, Gereja Santa Maria de Fatima, dan mencicipi kuliner khas di Pasar Glodok.

3. Museum MACAN

    Alamat: Akr Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT 11/RW 10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Jakarta Barat

    Jam Buka: 10.00 – 16.00

    Telepon: (021) 22121888

    HTM: mulai dari Rp70.000

Museum MACAN awalnya adalah sebuah galeri seni yang menampung beragam koleksi seni karya seniman dalam dan luar negeri. Museum ini mengusung konsep modern dan kontemporer. Tidak kurang dari 90 karya seniman terkenal ada di sini.

Salah satu karya primadona di Museum Macan adalah karya dari seniman Jepang, Yayoi Kusama dengan karyanya yang berjudul Infinity Mirrored Room.

Karya ini adalah sebuah seni dalam ruangan yang menggunakan cermin sebagai medianya. Saat ini sudah ada tidak kurang dari 20 Infinity Mirrored Room yang ada di Jakarta.

4. Café Kaneel

    Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara V No.23, RT.6/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

    Jam Buka: 11.00 – 20.00 (Minggu tutup)

    Telepon: (021) 5640170

    Harga: mulai dari Rp50.000

Café kaneel adalah salah satu kafe yang mengusung konsep Lifestyle Of The Dutch di Jakarta Barat. Cafe klasik ini menyajikan suasana menarik yang tidak akan ditemukan di café-café lain.

Para pelayan tampak keren mengenakan pakaian tradisional belanda. Hal ini memberikan keseruan tersendiri kepada para pengunjung café.

Hal lain yang sangat ‘Belanda’ tentunya terlihat dari menu makanan dan minuman yang tersedia di sini. Lalu, nuansa dan dekorasi café ini pun memperkuat vibe di Belanda. Pasti tidak tahan deh untuk tidak mengambil dua-tiga foto di tempat semenarik ini.

5. Jakarta Aquarium

    Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, RT 3/RW 5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

    Jam Buka: 10.00 – 21.00

    HTM: mulai dari Rp110.000

Jakarta Aquarium adalah sebuah objek wisata edukatif dan pastinya rekreatif bagi semua kalangan. Tempat ini adalah tempat terbaik memperkenalkan anak-anak pada dunia fauna laut dan keanekaragamannya. Kamu bisa ajak adik atau sepupu kecilnya melihat ikan-ikan dan pertunjukan bawah laut yang keren.

Selain itu, banyaknya keunikan binatang lautnya pasti bikin kamu tertarik untuk mengarahkan kamera ke objek tersebut. Berkunjung ke Jakarta Aquarium akan menjadi perjalanan yang mengasyikkan.

6. Museum Wayang

    Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Pinangsia, RT 3/RW 6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

    Jam Buka: 09.00 – 15.00

    Telepon: (021) 6929560

    HTM: Rp2.000

Bangunan yang digunakan sebagai Museum Wayang ini masih terlihat gagah dan elok. Melihat rupa bangunan ini kamu pasti tertarik untuk memotretnya dan mengunggahnya ke media sosialmu. Selain itu, bangunan Museum Wayang memang punya banyak keunikan.

Bangunan yang kini digunakan sebagai Museum Wayang dulunya merupakan bangunan Gereja Belanda Lama yang dibangun sekitar tahun 1640.

Bangunan ini kemudian direnovasi dan diganti namanya menjadi De Nieuwe Hollandsche Kerk. Sebelum dijadikan museum, bangunan ini sempat hancur akibat guncangan gempa bumi yang kuat.

Baru setelah masa kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1975 bangunan ini diresmikan oleh pemerintah sebagai Museum Wayang, rumah bagi ratusan koleksi wayang dan boneka yang berasal dari dalam dan luar negeri.

7. Tribeca Park

    Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.28, RT 12/RW 6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

    Jam Buka: 24 Jam

Tribeca Park adalah sebuah tempat yang terkenal cantik dan suasana yang hijau dan tenang. Di tengah kota megapolitan yang tidak pernah sepi, keberadaan tempat ini adalah sebuah penghiburan yang menyenangkan.

Tribeca Park punya banyak pesona, yakni berupa desain dan tata letak bangunannya yang unik. Lalu, banyak pula spot fotogenik yang akan menghiasi feed media sosialmu atau platform fotografi lainya.