Wisata  

Kawah Rengganis, Panorama Alam dengan Pesona Kawah Hijau Eksotis di Bandung

harian-nasional.com/ – Kawah Rengganis adalah spot wisata yang wajib dikunjungi ketika hari libur tiba, terutama bagi anda yang saat ini sedang bingung mengatur jadwal liburan ke mana. Objek wisata ini menyuguhkan pesona alam yang indah dan mempesona yang berada Bandung. Bukan hanya dari deretan pepohonan hijau yang menghiasi, namun juga batuan dan berbagai spot foto yang disediakan.

Meskipun namanya kawah, namun tidak perlu datang dan mendaki di ketinggian seperti halnya kawah gunung di Indonesia. Memang letaknya berada di dataran tinggi, namun tidak setinggi gunung. Dengan demikian, anda dapat dengan mudah menjangkaunya meskipun membawa rombongan keluarga dari usia anak-anak.

Sebagian warga sekitar lebih mengenalnya dengan Kawah Cibuni karena lokasinya berada di Desa Cibuni. Berbeda dengan kawah pada umumnya yang terkesan kering dan gersang, di sini banyak pohon hijau tumbuh subur menghiasi. Udaranya pun sejuk, terutama ketika dalam perjalanan karena ditemani perkebunan teh dan sawah milik warga.

Daya Tarik Wisata Kawah Rengganis

Setiap hari, banyak pengunjung yang datang ke Kawah Rengganis. Di hari libur atau ketika memasuki libur panjang, ratusan wisatawan setiap hari berbondong-bondong menuju lokasi. Bukan tanpa alasan, semua dikarenakan daya tarik yang memikat, berikut diantaranya!

1. Pemandangan Hijau

Hijaunya pemandangan dari pepohonan perdu yang tumbuh subur di sekitar kawah menarik perhatian siapa saja. Bagaimana tidak, pada umumnya kawah terkesan gersang dan minim tumbuhan di sekitarnya. Namun tidak untuk kali ini, banyak sekali pepohonan liar sebagai payung alami bagi wisatawan yang datang.

Belum lagi selama dalam perjalanan, anda pun disuguhkan dengan petakan sawah dan perkebunan teh yang hijau menyegarkan. Kawah Rengganis mirip dengan kawah pada umumnya dalam hal bau belerang. Namun tidak perlu takut akan gangguan pernapasan, karena bau belerang di sini tidak terlalu menyengat.

2. Pancuran Air Panas

Pengelola dengan kreatif membuat pancuran dari pipa panjang untuk mengalirkan air. Di sini, pengunjung dapat memanfaatkannya untuk mandi. Airnya cukup panas, tetapi tidak terlalu panas dan masih aman digunakan untuk mandi. Air di Kawah Rengganis mengandung belerang yang konon dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Tidak ada kolam di sini, jadi mandi yang dilakukan hanya memanfaatkan pancuran yang disediakan. Hangatnya air dan kandungan belerang didapatkan dari Gunung Sunda Purba yang meletus jutaan tahun yang lalu. Meskipun lokasinya berhawa dingin, namun tubuh akan tetap hangat dengan mandi di pancuran ini.

3. Geyser Alami

Daya tarik Kawah Rengganis selanjutnya yang banyak menyita perhatian adalah adanya geyser alami. Semburan uap dari lubang-lubang kecil membuat wisatawan begitu takjub dan sekaligus mengingat kebesaran Tuhan. Tidak hanya satu, namun ada beberapa geyser yang bergantian menyemburkan uap panas sehingga semakin menarik perhatian.

Dengan adanya geyser ini, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk mandi uap. Apalagi untuk mata airnya masih alami dan didapat langsung dari aliran bekas letusan Gunung Sunda Purba. Tidak perlu mahal bukan untuk mendapatkan sensasi mandi uap yang menyehatkan?

4. Kolam Renang Bentuk Hati

Meskipun tidak terlalu banyak diminati wisatawan, namun adanya kolam renang berbentuk hati di Kawah Rengganis semakin melengkapi daya tariknya. Lokasinya tidak jauh dari pancuran yang sudah dibahas diatas, tepatnya di bagian atasnya. Kolam ini sengaja tidak dibuat terlalu dalam karena fungsinya hanya dijadikan sebagai tempat berendam.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Peru diketahui, peralihan nama dilakukan setelah objek wisata ini resmi dikelola oleh Agrowisata Rancabali. Oleh sebab itu, alamatnya masih berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, silahkan langsung menuju lokasi jika tertarik. Memang cukup jauh jika anda berangkat dari pusat Kota Bandung, yakni sekitar 53 kilometer.

Tetapi untuk akses jalannya sudah sangat baik dan Kawah Rengganis ini mudah ditemukan. Rute paling mudah adalah dengan menuju ke kawasan Ciwidey, lebih setengah perjalanan jika datang dari titik 0 kilometer Bandung. Dari Jalan Raya Diwidey, lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Alamendah, mungkin sedikit macet di sini.

Titik berikutnya dengan menuju ke daerah Rancabali, kemudian mengarahkan kendaraan menuju ke Patengan. Lokasi wisata tujuan tidak jauh lagi, hanya sekitar 2 kilometer dari titik terakhir ini. Jika sudah sampai, silahkan parkir kendaran di tempat yang disediakan, kemudian beli tiket. Dari loket menuju Kawah Rengganis butuh perjalanan kaki sepanjang 1 kilometer.

Harga Tiket Masuk Kawah Rengganis

Banyaknya daya tarik dan tidak pernah sepi pengunjung tidak membuat pengelola menetapkan harga tiket masuk yang mahal. Cukup dengan 5.000 rupiah per orang, anda dapat menikmati segala keindahan dan aktivitas seru di dalamnya. Tiket ini berlaku untuk setiap usia, artinya sama saja bagi dewasa dan anak-anak.

Tambahan biaya diperlukan bagi yang membawa kendaraan bermotor. Tidak terlalu mahal juga, hanya 10.000 bagi pengunjung yang membawa mobil, dan 5.000 apabila menggunakan motor. Kawah Rengganis dibuka setiap hari selama sekitar 10 jam, yakni dibuka jam 7 pagi dan ditutup pukul 5 sore.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Selain daya tarik, setiap wisatawan akan mempertanyakan mengenai aktivitas apa saja yang dapat dilakukan selama di lokasi. Karena kali ini berupa objek wisata alam, pastinya banyak hal yang bisa dilakukan dan pastinya semua menarik, beberapa diantaranya sudah kami rangkum berikut!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Kawah Rengganis memiliki keindahan alam yang berbeda dengan kawah pada umumnya. Bahkan belum tentu ditemui jenis kawah seperti ini di Bandung. Hijaunya pemandangan sangat terasa, baik dari pohon subur yang tumbuh tanpa malu-malu ataupun dari persawahan dan kebun teh.

Wisatawan dapat bersantai sambil menikmati indahnya alam di sini. Menghirup udara segar selama di perjalanan sepertinya wajib dilakukan. Udaranya bersih selama menuju ke kawasan wisata utama. Namun sedikit berbau belerang, tidak terlalu menyengat, ketika anda berada di sekitar kawah.

2. Terapi Kesehatan dengan Mandi Air Hangat

Aktivitas menarik di Kawah Rengganis berikutnya adalah terapi kesehatan. Tentunya terapi yang dimaksud adalah dengan mandi air hangat, baik berupa pancuran atau berendam di kolam hati. Perpaduan antara air panas dan belerang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit kulit.

Ini dikarenakan banyak wisatawan sebelumnya yang datang dengan tujuan terapi dan berhasil meraih tujuannya. Jenis penyakit yang bisa di terapi di sini tidak jauh dari masalah kulit, seperti jamur dan bakteri. Selain itu, air hangat dan belerang juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah menjadi lebih baik.

3. Mandi Uap Ala Sauna Terbuka

Berikutnya adalah mandi sauna yang tidak kalah menarik dari aktivitas lainnya. Bagi anda yang sebelumnya pernah mandi sauna, pastinya jauh jika anda melakukannya di Kawah Rengganis. Di alam terbuka, anda mendapatkan uap panas alami yang dihasilkan ole geyser di beberapa titik lokasi.

Hangatnya uap panas yang berpadu dengan udara dingin di sekitar seolah menyatu dan memberikan kehangatan tubuh yang berbeda. Sama halnya dengan berendam air panas, aktivitas ini pun menyehatkan jika dilihat dari segala sisi. Sebut saja untuk masalah kulit yang pastinya lebih halus dan lembut.

4. Berburu Spot Foto

Liburan di tempat mana pun, baik wisata alam maupun wahana, aktivitas yang tidak boleh adalah berburu spot foto. Apalagi jika Kawah Rengganis menyediakan berbagai spot foto cantik. Anda bisa mengunggah nya di media sosial dan mendapatkan banyak pujian dengan foto tersebut.

Contohnya adalah spot jembatan yang menampilkan pemandangan indah di sekitar lokasi. Ada lagi spot yang tidak kalah unik yaitu menjadikan geyser sebagai latar belakang foto. Dari atas ketinggian, anda pun dapat mengambil kolam berbentuk hati yang tidak jauh dari jembatan. Batu berasap yang ada di sebelah geyser juga menarik, banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai spot foto.

5. Menginap di Sekitar Lokasi

Di sekitar lokasi Kawah Rengganis terdapat banyak sekali penginapan jenis cottage atau rumah warga sederhana. Apabila anda belum puas menikmati pemandangan alam dan aktivitas di dalamnya, boleh juga menginap di sekitar lokasi. Mengingat jam operasionalnya sudah ditentukan, jadi pagi-pagi bisa langsung mendatangi lokasi.

Fasilitas Wisata di Kawah Rengganis

Objek wisata alam di Bandung ini sudah dikelola baik, jadi banyak fasilitas yang disediakan. Area parkir cukup luas, meskipun anda harus berjalan lagi sejauh 1 kilometer. Di kawasan Kawah Rengganis terdapat toilet bagi pengunjung yang ingin buang air, juga ada kamar mandi jika ingin ganti baju.

Fasilitas lain yang disediakan adalah gazebo, biasanya digunakan wisatawan untuk bersantai. Ada juga warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan berat dan makanan ringan. Tidak lupa minuman yang bervariasi, mulai dari minuman dingin hingga minuman hangat.

Objek wisata alam memang layak dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Banyak hal yang dapat dilakukan di sini, fasilitasnya pun lengkap dengan daya tarik yang mempesona. Sedikit tips, usahakan bawa baju ganti dan memakai jaket atau pakaian tebal. Meskipun memiliki air panas dan uap dari geyser, kenyataannya cuaca di Kawah Rengganis lumayan dingin dan menyejukkan.