Cara Memiliki Mobil Pribadi Tanpa Kredit dan Tanpa Utang

harian-nasional.com/ – Dalam kondisi perekonomian yang semakin sulit, banyak orang mencari cara untuk memiliki mobil pribadi tanpa kredit dan tanpa utang. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Jika Anda berencana membeli mobil pribadi dan tidak ingin memiliki utang, mari lihat beberapa cara mudah berikut ini:

Cara Memiliki Mobil Tanpa Kredit dan Tanpa Utang

Apabila Anda ingin memiliki mobil tanpa kredit dan tanpa utang, Anda bisa menggunakan beberapa cara mudah berikut ini:

#1 Menetapkan Target

Setiap kali Anda membuat sebuah rencana, harus ada target atau tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan dan seberapa besar upaya yang dibutuhkan.

Begitu pula halnya saat Anda memutuskan untuk memiliki mobil pribadi tapi tidak ingin berutang atau kredit, maka Anda harus menentukan target kendaraan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

Cobalah merenung sejenak dan tanyakan beberapa pertanyaan berikut untuk mengetahui target kendaraan yang Anda inginkan:

    Apa jenis kendaraanya? Mobil ataukah motor?

    Apa merek, jenis, dan warna yang diinginkan?

    Kendaraan seperti apa yang cocok dengan kebutuhan? Baru atau second?

    Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mencapai target tersebut? Tetapkan waktunya!

Namun saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut Anda harus objektif dan tidak mengawang-ngawang. Sebuah target yang mengawang-ngawang dan tidak nyata tentunya akan sulit tercapai dan hanya membuat Anda patah semangat.

Tips tambahan, jangan lupa mempertimbangkan kenaikan penghasilan Anda dan estimasi kenaikan harga mobil setiap tahunnya.

#2 Visualisasikan Keinginan Anda

Setelah memiliki target yang jelas, kini saatnya Anda memvisualisasikan kendaraan idaman Anda dalam pikiran.

Dengan membayangkan bagaimana mobil itu akan membantu pekerjaan Anda, mengantar anak, hingga terpajang dengan indahnya di kamar, maka Anda akan lebih termotivasi.

Motivasi inilah yang akan mendorong Anda untuk selalu berkomitmen untuk menabung dan memperoleh mobil impian tersebut. Anda akan lebih kuat dan tidak akan mudah putus asa.

#3 Bertindak demi Mencapai Tujuan

Langkah terakhir yang kini harus ditempuh hanyalah bertindak demi mencapai target yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

Adapun beberapa tips mudah agar Anda bisa mencapai target dengan sukses adalah sebagai berikut:

Mencari Dukungan Keluarga atau Rekan

Apabila Anda sudah berkeluarga, penting untuk mendapatkan dukungan keluarga dalam membeli kendaraan pribadi. Apabila Anda belum berkeluarga, Anda juga perlu meminta dukungan rekan atau kerabat terdekat Anda.

Mengapa demikian?

Sederhana saja, dibutuhkan sebuah tindakan dan perubahan untuk mencapai target tersebut, dan akan sulit apabila keluarga atau rekan tidak mendukung Anda.

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas?]

Sebagai contoh, apabila Anda harus berhemat, keluarga yang mendukung akan bersama-sama berhemat agar tujuan Anda lebih cepat tercapai. Bayangkan apabila tanpa dukungan, Anda harus berhemat tetapi uang kerap habis oleh keluarga? Sedih sekali bukan?

Berhemat demi Mencapai Target

Anda tentunya sudah mengetahui berapa besar penghasilan bulanan Anda, dan Anda bisa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target. Namun seringkali kelihatannya mustahil karena harga mobil yang cenderung mahal.

Nah, apabila Anda ingin mencapai target lebih cepat, maka Anda perlu melihat kembali pengeluaran Anda. Bedakan mana yang penting dan mana yang tidak.

Setelah mengetahui pengeluaran yang tidak penting, Anda bisa melakukan penghematan di bagian tersebut. Hasil penghematannya bisa Anda alokasikan untuk membeli kendaraan pribadi impian Anda.

Eliminasi Utang-utang Lain

Bila saat ini Anda masih memiliki utang, pastikan Anda sudah melunasi semuanya sebelum memiliki kendaraan pribadi.

Apabila Anda memaksakan diri membeli kendaraan pribadi, sama saja Anda menjerumuskan diri. Karena saat membeli kendaraan baru, akan semakin sulit bagi Anda untuk melunasi utang-utang lama.

Alhasil Anda bisa saja mengalami malapetaka keuangan dengan utang segunung. Menyeramkan sekali ya?

Menabung dan Berinvestasi

Sudah logikanya bahwa Anda perlu menabung dan berinvestasi jika ingin mencapai target memiliki kendaraan pribadi tanpa kredit.

Anda juga bisa menggunakan Fitur “Menghitung Dana Membeli Barang” di Aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya.

Caranya, masukkan seluruh informasi tadi ke dalam “Kalkulator Dana Membeli Barang” sebagai berikut:

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

Setelah itu, klik “Kirim Jawaban ke Email Saya” dan akan muncul hasil perhitungan seperti ini:

Hi Fransiska,

Untuk membeli Mobil pribadi Anda kekurangan dana sebesar Rp. 155.560.080. Anda harus berinvestasi sebesar Rp. 3.837.620 per bulan selama 36 bulan, dengan asumsi inflasi tahunan 10 % per tahun dan estimasi hasil investasi 8 % per tahun.

Ayo rencanakan keuangan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Dapat dilihat bahwa Anda memperoleh informasi mengenai jumlah dana yang harus disiapkan dan diinvestasikan setiap bulannya dengan tingkat pengembalian 8% per tahun untuk memperoleh dana total Rp155.560.080 yaitu sebesar Rp3.837.620 per bulan selama 36 bulan.

Masih Bingung? Anda dapat melihat panduannya lebih jelas di Panduan Menghitung Dana Membeli Barang, Atau Anda dapat menonton video tutorial Aplikasi Finansialku berikut.

Sederhana bukan? Jangan ragu dan gunakan Fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” di Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan.

Mencari Informasi Kendaraan dari Perusahaan

Apabila Anda masih juga kesulitan mengumpulkan uang demi membeli mobil tanpa kredit, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas kendaraan dari perusahaan.

Caranya mudah, umumnya perusahaan memberikan fasilitas kendaraan bagi pekerja yang telah melengkapi syarat-syaratnya. Syarat yang umum diberikan adalah waktu minimal bekerja dan jabatan tertentu.

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

Selain memperoleh fasilitas kendaraan, Anda juga biasanya diberikan Car Ownership Program (COP) dimana Anda bisa memperoleh kendaraan dengan cara pemotongan gaji selama periode tertentu.

Tanyakan mengenai berbagai informasi ini dari perusahaan dan Anda bisa memperoleh banyak benefit dari fasilitas tersebut.

Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila berhemat sudah sampai di penghujung batas, maka artinya Anda perlu mencari cara lain. Salah satu solusinya adalah mencari penghasilan tambahan.

Dengan memperbesar pemasukan, tentunya Anda bisa menabung lebih banyak dan otomatis Anda bisa memperoleh target dengan lebih cepat.

Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang fleksibel waktu dan tempat untuk memperoleh penghasilan tambahan ini. Anda juga bisa menyalurkan hobi atau keahlian Anda sehingga pekerjaan ini menjadi menyenangkan.

Adapun beberapa contoh pekerjaan sampingan yang dapat Anda ambil adalah sebagai berikut:

    Designer

    Guru les privat

    Agen properti atau agen asuransi

    Jasa catering

    Online shop, dan sebagainya.

Untung Rugi Kredit Mobil

Mobil atau kendaraan bermotor lainnya memang bukan kebutuhan primer. Namun dengan semakin tingginya mobilitas, terutama di kota-kota besar, kendaraan kadang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan.

Banyak yang memilih untuk mengambil kredit mobil, tetapi sebagian juga ingin bisa memiliki mobil pribadi tanpa kredit. Memang apa sih kredit mobil itu?

Kredit mobil termasuk dalam Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang merupakan salah satu alternatif pembiayaan untuk memperoleh mobil atau motor baik baru atau pun bekas dengan sistem mengangsur.

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?]

Kredit mobil memiliki beberapa kelebihan sehingga digemari banyak orang, antara lain sebagai berikut:

    Solusi bagi Anda yang belum memiliki dana di awal

    Akan menghasilkan uang jika dimanfaatkan dengan produktif

    Bisa memiliki mobil walau belum bayar lunas

    Adanya asuransi dalam kredit mobil

    Syaratnya mudah

    Dana dapat digunakan untuk kebutuhan lain

Sayangnya, kredit mobil juga memiliki beberapa kekurangannya, antara lain sebagai berikut:

    Adanya beban keuangan

    Bunga bisa naik bila perekonomian tidak stabil

    Salah perhitungan, mobil bisa melayang

    Adanya kesan berat karena harus terus mencicil

Bagaimana? Apakah Anda termasuk pihak yang pro kredit mobil atau kontra?

Jika Anda lebih memilih untuk memiliki mobil pribadi tanpa kredit dan tanpa utang, simaklah pembahasan dari Finansialku berikut ini:

Kesimpulan

Selain mengaplikasikan tips-tips yang telah dijabarkan sebelumnya, tentunya membeli mobil pribadi idaman tanpa kredit dan tanpa utang akan jauh lebih mudah dan tidaklah mustahil.

Kami yakin Anda bisa memperoleh mobil idaman yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Buktikan sekarang juga!

Apakah Anda ingin membeli mobil pribadi tanpa kredit dan tanpa utang? Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai cara-cara di atas? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Asap Mobil. Berita Mobil: Keuntungan dan Kerugian Beli Mobil Secara Kredit. Asapmobil.com – https://goo.gl/a3QreC

    Adi Hidayat. 16 Juni 2016. Panduan Pembeli: Ini Keuntungan Beli Mobil Secara Kredit. Mobil123.com – https://goo.gl/76VrTn

    Cara Investasi Bisnis. 25 Januari 2016. Cara Jitu Memiliki Kendaraan Pribadi Tanpa Kredit Tanpa Hutang. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/9pR1wf

Sumber Gambar:

    Cara Memiliki Mobil Pribadi Tanpa Kredit 1 – https://goo.gl/X5P87f

    Cara Memiliki Mobil Pribadi Tanpa Kredit 2 – https://goo.gl/N5gkeQ

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”