Tekno  

Bug Baru di Windows 11 Bisa Rusak Rendering Warna di Program Penyuntingan Gambar

harian-nasional.com/ – NESABAMEDIA.COM – Baru-baru ini, Microsoft mengeluarkan pemberitahuan mengenai adanya bug pada rendering warna di Windows 11 yang baru ditemukan. Menurut apa yang tertulis di buletin resmi Windows 11 itu, masalah tampaknya terjadi pada tampilan HDR tertentu saat menggunakan beberapa program untuk penyuntingan gambar.

Lebih lanjut masalah itu tampaknya muncul dari beberapa ketidakcocokan dengan rendering warna Win32 API dalam kondisi tertentu. Masalah itu cenderung terjadi pada penggunaan warna putih.

Berikut bagaimana pihak Microsoft menjelaskan masalah tersebut:

“Setelah memasang Windows 11, beberapa program penyuntingan gambar mungkin tidak melakukan rendering warna dengan benar pada layar HDR tertentu. Masalah ini terjadi ketika API rendering warna Win32 tertentu memunculkan informasi error dalam kondisi yang spesifik”.

Namun, tidak semua program pengelola warna terdampak oleh bug ini, seperti yang telah dikonfirmasi oleh pihak Microsoft secara langsung. Mereka juga menjelaskan mengenai beberapa pengaturan warna di Windows 11 yang juga tidak terdampak dengan penjelasan seperti berikut:

“Tidak semua program pengelola profil warna terdampak, dan pilihan profil warna yang tersedia di halaman Settings Windows 11, termasuk Microsoft Color Control Panel, diyakini akan bisa berfungsi dengan normal”.

Microsoft sayangnya tidak menjelaskan dengan pasti sebenarnya dari mana masalah itu mulai muncul, dan mereka hanya meninggalkan catatan pada kolom Originating Update dengan status N/A atau tidak tersedia. Kemungkinan bug ini sebenarnya sudah ada sejak awal Windows 11 dirilis ke publik atau mungkin lebih lama lagi, dan baru dilaporkan baru-baru ini.

Jika anda adalah seorang pengguna Windows 11 dan terdampak oleh bug ini, maka anda mungkin harus menunggu beberapa waktu untuk hadirnya perbaikan dari Microsoft. Pihak Microsoft juga menyampaikan bahwa kemungkinan perbaikannya baru bisa dilakukan pada akhir bulan Januari tahun depan, karena saat ini mereka masih melakukan investigasi terkait masalah ini.

Selain masalah rendering warna pada program penyuntingan gambar, Microsoft juga mencatat adanya beberapa bug lainnya yang mereka cantumkan dalam buletin tersebut. Di antaranya seperti hilangnya paket bahasa Serbia secara tiba-tiba dan masalah kompatibilitas driver Intel Smart Sound Technology dan Oracle Virtualbox dengan Windows 11.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.