Karir  

7 Cara Menjadi Profesional tanpa Kehilangan Personalitasmu

harian-nasional.com/ – Awal memasuki dunia kerja mungkin menjadi momen yang mengagetkan bagi sebagian orang. Banyak aturan dan tanggung jawab baru yang aan dihadapi. Salah satu tuntutan yang pasti akan kamu temukan adalah kamu harus memiliki sikap profesional.

Terkadang, banyak yang menyalahartikan kata profesional. Ada yang beranggapan bahwa profesional berarti serius. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Profesional sendiri sebenarnya adalah cara kamu menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan dengan segala aturannya. Profesional tidak berarti kamu harus meninggalkan personalitas dirimu. Hal ini mungkin sulit dilakukan karena pada dasarnya setiap orang memiliki karakternya masing-masing, yang perlu kamu lakukan adalah penyesuaian. Berikut adalah 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu.

1. Pelajari lingkungan kerja dengan baik

© Peoplecreations via freepik.com

Hal pertama yang sangat penting kamu lakukan untuk menjadi profesional tanpa kehilangan prersonalitasmu adalah mempelajari lingkungan kerjamu dengan baik. Setiap tempat kerja tentu saja memiliki peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis. Jangan pernah mencoba untuk melanggarnya meskipun itu merupakan peraturan tidak tertulis.

Tanpa mempelajari lingkungan kerja dengan baik, kamu akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan tentu saja itu berarti akan sulit untuk kamu untuk bersikap profesional. Kamu juga harus menjadi apa adanya sejak pertama kali menyesuaikan diri. Jadilah orang yang menyuarakan pendapatnya dengan baik dan juga mendengarkan pendapat orang lain dengan baik. Kamu juga harus selalu terbuka dengan kritikan jika ingin menjadi profesional.

2. Tentukan personal branding

Hal kedua yang tidak kalah penting untuk menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu adalah dengan personal branding. Seperti yang kita ketahui bahwa branding sangatlah penting bukan hanya untuk sebuah produk tapi juga untuk seseorang. Jika kamu tidak membangunnya dengan baik, tentu saja personal branding-mu tidak akan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu keahlian apa yang kamu miliki dan juga menonjolkan hal yang membuatmu berbeda. Jika kamu sudah memiliki personal branding, itu lah yang akan diingat orang lain ketika pertama kali mendengar namamu. Dengan begitu kamu tidak perlu kehilangan personalitasmu ketika kamu harus selalu bersikap profesional.

3. Senyum

Cara selanjutanya untuk menjadi profesional adalah dengan selalu tersenyum. Mungkin sebagain dari kamu akan merasa heran, mengapa harus tersenyum? Pada dasarnya, setiap orang akan senang bekerja dengan orang yang memiliki kepribadian ramah dan salah satu bentuk keramahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan tersenyum. Kamu mungkin merasa nervous ketika memasuki lingkungan kerja yang baru, tapi kamu tetap tidak boleh lupa untuk tersenyum.

Selain itu, penelitian juga membutikan bahwa tersenyum dapat menular. Jadi, saat kamu tersenyum makan orang-orang di sekitarmu juga akan ikut tersenyum. Pada saat ini terjadi, bukan hanya mood-mu saja yang akan menjadi baik, tapi juga orang-orang disekitarmu dan terciptalah sebuah kenyamanan. Ini lah yang kamu butuhkan dalam dunia profesional, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

4. Perhatikan body language

© brit.co

Tidak kalah penting dengan tersenyum, kamu juga harus memperhatikan body language jika ingin menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu. Body language dapat menunjukkan kamu membuka diri atau tidak. Ini juga akan berpengaruh pada nyaman atau tidaknya orang lain berada di sekitarmu. Ketika bahasa tubuh dan ekspresi wajahmu mengisyaratkan tidak ingin didekati, maka tidak ada orang-orang disekitarmu tidak memiliki kesempatan untuk mengenali dirimu.

Jika orang-orang yang ada disekitarmu tidak mengenal dirimu yang sebenarnya, tentu saja kamu tidak bisa menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu. Cobalah untuk bersikap terbuka dan percaya diri, maka orang-orang disekitar akan merasa nyaman berada dekat denganmu. Dengan begitu, kamu akan dapat bersifat profesional dan tetap menjaga personalitasmu.

5. Berbagi tentang hal-hal yang disukai

Cara lain agar orang lain dapat mengenal karakter dirimu adalah dengan berbagi hal-hal yang kamu sukai. Tidak perlu sungkan untuk berbagi tentang hobi dan juga berita terbaru yang menurutmu menarik. Berbagi hal tentang ketertarikanmu akan lebih baik daripada membahas hal-hal yang kontroversial. Kamu juga lebih baik menghindari berbagai perdebatan yang dapat membuat orang lain merasa terpojok karena hal tersebut tidak seharusnya terjadi di dunia profesional.

Saat kamu bercerita tentang hal-hal yang kamu sukai, kamu juga bisa mendengarkan pendapat orang-orang disekitarmu tentang hal tersebut. Kamu juga bisa membuat orang lain terpancing untuk bercerita tentang hal yang disukainya. Walaupun setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda, tapi setiap orang tetap bisa membagikan pengalamannya.

6. Belajar komunikasi yang baik

© benefitsbridge.unitedconcordia.com

Komunikasi yang baik adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, terutama di dunia profesional tentunya. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa banyak yang menyalahartikan bahwa profesional berarti kamu harus selalu serius, padalah tidak. Belajar komunikasi yang baik akan semakin memudahkan kamu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, dari sana lah kamu dapat mengetahui bagaimana menjadi profesional.

Selain itu, tentu saja berkaitan lagi dengan kenyamanan di lingkungan kerja. Dengan komunikasi yang baik tentu kamu dapat menjalin hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja hingga terciptalah lingkungan kerja yang nyaman. Setiap orang akan dapat mempertahankan personalitasnya selagi berusaha menjadi profesional.

7. Hargai diri sendiri lebih dulu

Ada yang mengatakan bahwa jika kita ingin dihargai oleh orang lain, maka hargailah diri sendiri. Hal ini sangat cocok untuk kamu terapkan ketika kamu ingin menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu. Kamu harus belajar menghargai dan menyayangi dirimu sendiri. Dengan menghargai diri sendiri tentu kamu akan tahu bahwa segala hal yang baik memang pantas untuk diperlihara dan segala hal buruk memang sudah seharusnya untuk dibuang. Karena memelihara hal buruk akan berdampak buruk pada dirimu.

Jika kamu menghargai diri sendiri, kamu akan tahu bahwa kamu memiliki kualitas diri yang patut dibanggakan dan menjadi personalitasmu. Kamu akan senantiasa berusaha untuk mempertahankan personalitas baik yang kamu miliki. Jadi dengan begitu akan selalu seimbang menjadi seorang profesional dengan kararter yang kuat. Dengan menghargai diri sendiri juga kamu akan selalu belajar cara menghargai orang lain.

Itu dia 7 hal yang dapat membantu kamu menjadi profesional tanpa kehilangan personalitasmu. Intinya, kamu harus menyesuaikan diri dengan baik dan mempertahankan personalitasmu dalam waktu bersamaan dan dengan seimbang.

Selain tips di atas, kamu juga bisa mendapatkan tips untuk terjun menjadi profesional ataupun tips untuk mengembangkan karier lainnya. Subscribe sekarang juga ke Blog Glints untuk mendapatkan berbagai tips dan jangan lupa untuk sign up ke Glints jika kamus sedang mencari pekerjaan yang kamu inginkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”