Karir  

6 Alasan Kamu Perlu Mempertimbangkan Karier Business Development

harian-nasional.com/ – Banyak orang yang menyamakan business development dengan marketing, walaupun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan.

Marketing lebih fokus pada menyusun strategi pasar untuk meningkatkan penjualan. Tapi dalam beberapa perusahaan, ada juga yang menjadikan marketing sebagai bagian dari business development.

Kedua pekerjaan ini memang berbeda tapi keduanya saling berkaitan erat.

© quuick.com

Dengan semakin banyak munculnya perusahaan startup di Indonesia, peluang berkarier sebagai business development juga meningkat pesat.

Hal ini terjadi karena setiap perusahaan berlomba untuk menjadi yang terdepan. Di sini juga lah peran business development menjadi sangat dibutuhan di setiap perusahaan.

Jika kamu mulai mempertimbangkan karier business development, jangan lewatkan 6 alasan berikut yang dapat semakin meyakinkanmu!

Kamu akan mendapat banyak pengetahuan di bidang teknis

Hal pertama yang bisa menjadi alasan kamu memilih karier sebagai business development adalah pengetahuan bidang teknis yang akan sangat berguan untuk masa depanmu.

Banyak hal teknis yang akan kamu pelajari saat menjadi anggota business development dan kamu harus mempelajarinya dengan cepat.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Seperti ketika kamu harus membuat proposal, kamu diharapkan dapat menguasainya dengan cepat.

Belum lagi dalam kamu proses belajar membuat proposal, kamu diharuskan juga untuk mengerti tentang inovasi baru, teknologi terbaru, dan juga pendekatan praktik terbaik untuk isu-isu spesifik.

Kamu juga memiliki kesempatan belajar dan berdiskusi dengan profesional lainnya untuk dapat menghasilkan proposal yang menarik.

Keuntungan lainnya adalah kamu dapat menampung semua pengetahuan yang kamu dapatkan dan dapat kamu terapkan jika suatu hari kamu ingin menggarap proyekmu sendiri.

Jika kamu mempelajari banyak hal, kamu bisa memilih untuk mendalami salah satunya nanti. Orang yang bekerja di business development mengakui bahwa mendapat pengalaman praktik dan teknis lebih baik dari pada yang mengikuti entry level training program.

Mendapatkan skill berharga yang cukup menunjang kariermu ke depan

Alasan selanjutnya yang mebuat kamu harus mempertimbangkan karier business development adalah kamu akan mendapat sangat banyak skill berharga untuk kariermu kedepannya.

Pengalaman kerja memang penting untuk kamu tulis di CV, tapi sebenarnya skill yang kamu dapatkan lebih penting lagi untuk menunjang kariermu.

Rasanya percuma jika kamu menulis pengalaman kerja tanpa bisa menunjukkan skill yang kamu punya.

Perusahaan sangat menghargai peran business development karena perannya sangat krusial bagi kelangsungan perusahaan.

Dengan bekal sebagai business development, kamu kemungkinan akan diperhitungkan meskipun kamu memilih jenis pekerjaan yang berbeda.

Seorang business development memiliki kemampuan menulis secara singkat dan persuasif, mampu menyusun anggaran yang realistis, mengembangkan partnership dan mampu bekerja dengan tim yang beragam.

Peluang besar

Sepertinya belum banyak orang yang berpikir untuk meniti karier sebagai seorang business development, jadi tentu saja peluangnya masih cukup besar di bidang yang satu ini.

Masih banyak orang yang menginginkan sebuat karier yang lebih terfokus, seperti management trainee atau program officer, misalnya.

Jika kamu belum mendapatkan kesempatan kerja di posisi yang sebelumnya kamu inginkan, tidak ada salahnya untuk mencoba business development.

Saat ini banyak juga perusahaan start up yang membutuhkan sangat banyak tenaga business development.

Hal ini disebabkan oleh banyak perusahaan yang bersaing untuk menguasai pasar. Sebelum salah satu dapat menguasai pasar, maka persaingan akan terus berlangsung.

Business development akan selalu dibutuhkan agar perusahaan dapat selalu mengembangkan bisnisnya dan tidak tertinggal oleh perusahaan pesaing.

Gaji menjanjikan

Tidak sedikit perusahaan yang menjanjikan bukan hanya gaji pokok tapi juga insentif bagi pekerja di business development yang dapat memenuhi target perusahaan.

Business development adalah salah satu yang perannya dapat terukur secara langsung oleh perusahaan. Kinerja business development akan dapat mudah terukur dengan mengetahui naik atau turunnya pendapatan perusahaan.

Karena memiliki pengaruh secara langsung terhadap perusahaan maka peran business development menjadi penting dan menjadikannya pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan.

Keuntungan lainnya adalah, jika pendapatan perusahaan menurun atau kamu tidak dapat memenuhi target dari perusahaan, kamu tetap akan mendapatkan gaji pokokmu.

Jadi meskipun kamu mendapatkan lebih ketika perusahaan mendapat lebih, tapi kamu tidak mendapatkan kurang jika perusahaan mendapatkan kurang. Tapi tentu saja kamu akan lebih termotivasi untuk dapat mendapatkan lebih, kan?

Bekerja dekat dengan pimpinan dan senior ahli

Alasan kelima untuk mempertimbangkan karier business development adalah karena kamu dapat bekerja dekat dengan pimpinan perusahaan dan ahli senior.

Selain dapat belajar dan menambah pengetahuan, kamu juga memiliki kesempatan untuk dapat menonjolkan keberadaan kamu di perusahaan.

Kamu bisa menunjukkan potensi diri kamu dan membuat bagian HRD melihat kamu dan mempertimbangkan kamu agar dapat mengembangkan karier kamu lebih lagi.

Dengan bekerja seperti ini, Kamu juga memperluas jaringan profesionalmu. Jaringan yang lebih luas akan membantu kamu lebih mudah mengembangkan karier baik di dalam ataupun di luar persuhaan.

Tidak jarang ada atasan yang mau merekomendasikan mantan karyawannya untuk perusahaan lain yang memang sedang membutuhkan.

Membuka peluang berbagai karier di masa depan

Memilih business development menjadi karier awalmu bukan berarti kamu harus terus menjalani pekerjaan yang sama.

Business development juga bisa menjadi batu loncatan untuk banyak karier lainnya. Tidak jarang perusahaan memidahkan karyawan dari business development untuk bergabung dalam tim project start up baru perusahaan.

Karyawan dari yang sebelumnya sudah berpengalaman di bidang ini dianggap sebagai salah satu yang paling mengerti tentang program tersebut.

Kamu juga tentunya bisa percaya diri untuk mencoba karier lainnya dengan banyaknya skill yang kamu dapatkan selama bekerja sebagai business development.

Jika sudah cukup berani, kamu juga bisa membangun bisnismu sendiri dan mempraktikkan berbagai hal yang sebelumnya telah kamu pelajari.

Itu dia 6 alasan yang mungkin bisa membantu kamu mempertimbangkan karier business development. Jika kamu adalah orang dengan kemampuan analisis yang bagus dan juga tertarik dengan dunia bisnis, pastikan kamu tidak melewatkan untuk berkarier sebagai business development.

Kamu tidak hanya akan mengembangkan bisnis perusahaan, tapi juga mengembangkan diri kamu karena sangat banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan yang satu ini.

Merasa cocok dengan profesi ini? Langsung cari lowongan pekerjaannya, yuk.

Glints memiliki ribuan lowongan business development yang sudah menunggu lamaran dari profesional muda sepertimu.

Tak perlu menunggu lama, langsung cek lowongannya dan apply sekarang juga!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”