Xi Jinping Tunjuk Qin Gang Jadi Menlu China Gantikan Wang Yi

Xi Jinping Tunjuk Qin Gang Jadi Menlu China Gantikan Wang Yi

harian-nasional.com/ – Presiden China Xi Jinping menunjuk Duta Besar China untuk Amerika Serikat (AS) Qin Gang sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) China yang baru. Pria berusia 56 tahun itu akan menggantikan Wang Yi, yang telah menjadi wajah diplomasi Tiongkok sejak 2013.

Dilansir AFP, Sabtu (31/12022),Qin telah menjadi perwakilan utama Beijing di Washington sejak tahun lalu. Ia ditugasi mengembalikan hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu.

Qin dari kota timur laut Tianjin, telah mendapatkan reputasi sebagai ‘prajurit serigala’, julukan yang diberikan kepada diplomat China yang menanggapi dengan keras negara-negara Barat yang mereka anggap bermusuhan.

Dia mengatakan, pada 2020 citra China di Barat telah memburuk karena orang Eropa dan Amerika – khususnya media – tidak pernah menerima sistem politik China atau kebangkitan ekonominya.

Untuk diketahui, Qin adalah juru bicara kementerian luar negeri China selama beberapa tahun. Dia sering bergaul dengan Presiden Xi Jinping sebelum 2018 dalam tugasnya sebagai kepala departemen protokol kementerian luar negeri.

Qin juga menjabat sebagai wakil menteri luar negeri antara 2018 dan tahun lalu. Qin sebelumnya telah memaparkan visi China sebagai negara yang hanya sedikit belajar dari Barat dan telah menggunakan sejarahnya sebagai korban selama Perang Candu abad ke-19.

Lihat juga Video: Rangkuman Xi Jinping ke Saudi: Dukung Palestina-Bangun Kerja Sama