Wisata  

Wot Batu, Galeri Seni dengan Susunan Batu yang Unik di Bandung

harian-nasional.com/ – Bandung tidak hanya memiliki destinasi wisata alam dengan pemandangan menakjubkan, namun juga memiliki wisata seni yang unik dan kreatif. Wot Batu, itulah nama galeri seni karya Sunaryo, seorang pria kelahiran Banyumas yang menetap dan tinggal di Bandung. Saking unik dan kreatif nya kaya beliau, UNESCO pun memberikan penghargaan terhadap karyanya.

Destinasi wisata ini cocok dikunjungi semua orang, terutama yang mencintai karya seni indah dan unik. Sesuai namanya, galeri seni ini berupa batu yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya penuh dengan makna. Konsep utamanya adalah sebagai wujud jembatan spiritual dan keseimbangan antara jiwa dan raga.

Sunaryo sendiri memang dikenal sebagai seniman dengan ciri khas batu sebagai objek utamanya. Untuk kali ini memadukan empat elemen penting yang ada di bumi, yaitu tanah, api udara, dan air. Batu yang digunakan diambil dari batuan vulkanik yang ada di pegunungan Bandung dan juga batu dari Gua Hira dengan total 135+1 yang ditanam sebagai simbol konseptual.

Daya Tarik Wisata Wot Batu

Wot Batu dibangun diatas lahan seluas 2 hektare dengan tata kelola yang cantik dan mengesankan. Banyak daya tarik yang ada di galeri seni ini, terutama dari susunan batu yang unik.

1. Batu Mushola

Batu yang diambil khusus dari Gua Hira disusun sedemikian rupa dan dinamakan Batu Mushola. Terdapat sebuah kaca yang dilengkapi ukiran Al-Fatihah di atasnya. Memang tidak mirip sama sekali dengan mushola yang digunakan sebagai tempat ibadah, namun susunannya sudah cukup memberikan gambaran tersebut. Maksud dari susunan batu ini tidak lain sebagai penghubung galeri seni dengan Mekah.

2. Batu Air

Bukan batu yang terbuat dari air, melainkan batu yang disusun diatas kolam air yang juga terlihat unik. salah satu susunan di Wot Batu ini menyerupai Stonehenge yang ada di Inggris. Tampak jelas bahwa susunan batu dengan bentuk dan ukuran yang berbeda menghiasi sebuah kolam jernih dengan air menenangkan.

Menariknya, kolam yang digunakan terlihat seolah tanpa batas yang mirip dengan Sky Pool. Maksud dari susunan batu ini adalah gambaran akan kehidupan manusia, sedangkan pantulan dari kolam menandakan kematian. Terdapat beberapa batu yang disusun dengan keseimbangan yang sudah diperhitungkan.

3. Batu Abah Ambu

Satu lagi karya Sunaryo di galeri seni Wot Batu Bandung yang tidak kalah uniknya yaitu Batu Abah Ambu. Batu ini menggambarkan sisi maskulin bagi laki-laki, dan feminin bagi perempuan. Salah satu batu dimaksudkan untuk menggambarkan asal usul manusia. Dimana saat itulah awal dimulai dari setiap kehidupan di dunia.

4. Batu Mandala

Dilihat dari bentuknya, Batu mandala tergolong unik karena berbentuk persegi tidak sempurna. Di tengahnya terdapat pahatan yang melingkar yang unik dan artistik. Dibuat dengan bentuk simetris, pahatan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk interaksi antar sesama manusia. Seperti susunan batu lainnya, kali ini pun diambil dari batuan vulkanik yang ada di Bandung.

5. Lawang Batu

Nilai unik dan artistik di Wot Batu sudah didapatkan seketika anda memasuki ruangan. Terdapat sebuah susunan batu di pintu masuk yang dikenal dengan Lawang Batu. Pintu ini di ibaratkan sebagai lorong selebar 1 meter. Setiap pengunjung yang melewati pintu ini dianggap memulai awal kehidupan yang menuju kematian.

6. Batu Merenung

Daya tarik selanjutnya dari susunan batu yang dinamakan Batu Merenung. Bukan batunya yang merenung, melainkan sebagai gambaran bahwa salah satu sifat manusia adalah merenung dan menyesali perbuatan salah yang terlanjur dilakukan. Lokasi ini terdiri dari dua batu yang diletakkan bersebelahan dan pengunjung pun bisa duduk di atasnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Apabila anda tertarik mengunjungi Wot Batu, alamatnya berada di Jalan Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya strategis dan anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jaraknya pun tidak jauh dari pusat kota Bandung, hanya sekitar 10 kilometer dengan waktu 10 menit.

Bagi yang ingin berkunjung menggunakan kendaraan umum, ambil jurusan Ciroyom yang menuju ke Ciburial. Ada baiknya jika anda menggunakan kendaran pribadi untuk menyingkat waktu. Supaya tidak kesasar, gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps atau GPS lainnya.

Harga Tiket Masuk Wot Batu

Wot Batu termasuk salah satu galeri seni kelas dunia, terbukti dari pengakuan UNESCO. Maka dari itu, sudah sewajarnya jika kita apresiasi dengan membayar tiket sebagai akses masuknya. Dengan biaya 50.000 rupiah, anda pun bisa mendapatkan pelajaran berharga mengenai jalan kehidupan manusia.

Perlu diketahui, tiket masuk hanya berlaku untuk usia 12 tahun hingga 64 tahun. Bagi anak-anak dan lansia tidak dibebankan biaya apapun ketika berkunjung. Seperti halnya objek wisata lainnya, biaya lain yang dibutuhkan adalah untuk retribusi parkir. Apabila anda datang membawa mobil, biaya parkir yang berlaku yaitu 5.000, sedangkan untuk motor 2.000 rupiah.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Wot Batu terdiri dari dua kata utama, yakni Wot yang berarti Jembatan, dan Batu yang sudah kita ketahui bersama. Selama di lokasi, berbagai aktivitas pun dapat dilakukan, seperti contoh berikut!

1. Menonton Video Pembuatan Wot Batu

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di sini yaitu melihat langsung proses pembuatan galeri mulai awal hingga akhir. Pengunjung yang datang disuguhkan media digital berupa layar besar dan juga beberapa foto selama pembangunan. Bagi sebagian orang, aktivitas ini sangat menarik karena mengetahui langsung bagaimana terciptanya sebuah susunan batu yang unik.

2. Menikmati Eksotisme Wot Batu Bandung

Galeri seni Wot Batu dirancang dengan bentuk yang estetik dan bernilai seni tinggi. Sekilas pandang mungkin hanya berupa susunan batu tidak beraturan. Tetapi jika dilihat lebih detail, batu ini mengambil garis lurus dari pegunungan yang ada di Bandung dengan bentuk simetris. Setiap susunan batu memiliki makna yang mendalam, terutama dalam segi kehidupan.

Perjalanan hidup dimulai ketika memasuki pintu gerbang dari susunan batu yang tidak sama. Di atasnya terdapat dua batuan lain sebagai penopang, dan di sebelah kiri juga terdapat susunan batu berbeda ukuran. Setelah memasuki gerbang dunia, anda pun dapat menyaksikan susunan batu penuh makna lainnya, seperti Batu Mandala, Batu Merenung, dan Batu Air.

3. Bersantai di Taman

Selain memiliki susunan batu penuh arti, Wot Batu Bandung juga terdapat taman di dalamnya. Tidak jauh berbeda dengan taman di tempat lain yang dipenuhi tanaman di sekitarnya. Di tengah taman terdapat sebuah kolam kecil yang airnya sangat tenang. Di tengah kolam terdapat sebuah batu yang menonjol, di sampingnya pun ada batu yang menghiasi.

Meskipun tidak terlalu besar, pemandangan yang didapatkan cukup asri dengan warna hijau tanaman. Selain itu, taman ini juga berhias rumput yang tidak dibiarkan tumbuh subur. Area taman biasanya digunakan pengunjung setelah berkeliling lokasi menikmati keunikan seraya memahami arti hidup sebenarnya.

4. Belajar Tentang Refleksi Kehidupan

Tujuan utama dari Wot Batu yaitu sebagai refleksi kehidupan yang dimulai ketika lahir dan berakhir pada saat kematian. Anda pun dapat belajar memahami mengenai apa tujuan hidup dan kenapa Tuhan menciptakan manusia. Setiap batu yang di susun di dalam galeri memiliki makna yang tidak semua orang dapat memahaminya.

Oleh sebab itulah pengelola menyediakan guide atau pemandu jika anda ingin memahami arti dari setiap batu. Pemandu dengan suka rela menjawab setiap pertanyaan yang diajukan, asalkan masih berhubungan dengan galeri seni di Bandung ini. Terlebih, setiap pengunjung diberi fasilitas digital assistant berupa aplikasi yang bisa di unduh langsung melalui Playstore.

5. Berburu Spot Foto

Siapkan kamera terbaik ketika mengunjungi Wot Batu Bandung. pasalnya, siapa pun boleh mengabadikan momen selama di lokasi. Banyak spot foto yang cantik dan bisa bersaing di media sosial dengan objek wisata alam lainnya. Sebut saja Batu Air yang unik mirip dengan Stonehenge dan Batu Mushola dengan ukiran Al-fatihah.

Masih banyak susunan batu lain yang cocok dijadikan latar belakang foto. Anda hanya perlu berpose yang pas untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, taman dengan suasana asri dan hijau pun cocok menjadi latar belakang foto. Jangan lupa membidik arah kolam supaya suasana tenang dan damai semakin terasa.

Fasilitas Wisata di Wot Batu

Dalam hal fasilitas, pengelola Wot Batu tidak pernah mengabaikannya. Terbukti dari Mushola yang ada di dalam lokasi wisata ini, serta toilet dalam keadaan bersih. Meskipun tidak terlalu besar, tempat parkir di sana bisa dikatakan baik karena bagian atapnya tertutup. Fasilitas lain yang ditemukan yaitu akses Wifi dan juga aplikasi bernama Digital Assistant.

Itulah sedikit ulasan mengenai daya tarik, harga tiket masuk, aktivitas, dan juga fasilitas yang tersedia di objek wisata seni di Bandung ini. Bisa dikatakan bahwa Wot Batu merupakan satu-satunya galeri yang menjadikan batu vulkanik sebagai objek utamanya. Setiap instalasi batu memiliki makna mendalam bagi kehidupan, tidak ada salahnya jika anda berkunjung sebagai alternatif liburan yang unik.