Tekno  

WhatsApp Ketahuan Mengintai Pengguna? Ini Kata WhatsApp!

WhatsApp Ketahuan Mengintai Pengguna? Ini Kata WhatsApp!

harian-nasional.com/ – WhatsApp yang mana merupakan anak perusahaan dari Meta kini terlibat isu serius, ada banyak pengguna yang mengatakan bahwa WhatsApp ketahuan mengintai mereka menggunakan akses Microphone. Pihak WhatsApp kini memberikan pernyataan terkait, Rabu (10/05).

WhatsApp di Android baru-baru ini ramai mendapatkan kritikan dari pengguna Android, di mana salah satu pengguna melaporkan sebuah tindakan yang kurang menyenangkan. Selama ponsel mereka tidak mengakses WhatsApp, merea melaporkan bahwa ada akses Microphone yang digunakan dan aktif secara otomatis meskipun pengguna tidak menggunakan WhatsApp.

Pengguna tersebut ialah diunggah oleh pengguna Pixel 7 Pro, yang mana menuliskan bahwa sistem ponsel mencatat adanya penggunaan Mic dari platform WhatsApp yang mencurigakan. Google sendiri memang telah memberikan peningkatan untuk sistem keamanan privasi di Pixel Phone, maka dari itu tindakan ini akhirnya tercatat.

“A history of this microphone use can also be seen in Android’s Privacy Dashboard on more recent versions of the OS. That’s where Foad Dabiri, an engineer at Twitter, first noticed this problem and brought a spotlight onto it. His Pixel 7 Pro captured nine separate reports of WhatsApp for Android using the microphone permission in the background while his phone wasn’t even active – Dabiri says he was asleep at the time, and this is just a small portion of what the phone captured. Since it’s not an isolated incident, it’s certainly a worrying problem. It’s also happening across multiple Android devices and versions, with users reporting the issue on Pixel phones and a few different Samsung models.” Dikutip dari 9to5Google.

Pengunggah isu dari WhatsApp ini ialah salah satu Engineer dari Twitter yang mana menuliskan isu dari WhatsApp tersebut, WhatsApp sendiri mengatakan bahwa mereka percaya jika ini adalah kesalahan atau bug dari Android. Menurut mereka kesalahan ini disebabkan oleh sistem yang tidak sempurna dari Google yang merilis Privacy Dahsboard di Pixel Phone.

WhatsApp menjelaskan bahwa sistem Google Privacy di Pixel memberikan akses kepada pengguna untuk mengontrol semua akses Mic di laman Settings mereka. Maka dari itu, bisa jadi dengan tanpa membuka WhatsApp itu sendiri Pixel 7 Pro milik pengguna tersebut masih aktif karena Settings di ponsel mereka.

Hmm, bagaimana menurut anda? Perlu diketahui juga bahwa CEO dari WhatsApp sendiri telah berganti ketika Meta mengambil alih. Mark selaku CEO Meta pernah terlibat akan kasus pencurian data pengguna Facebook. Tuliskan pendapat anda di kolom komentar ya!

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.