WhatsApp Hadirkan Program Pasar WhatsApp untuk UKM Lokal

WhatsApp Hadirkan Program Pasar WhatsApp untuk UKM Lokal

harian-nasional.com/ – WhatsApp menghadirkan pop-up market lewat Pasar WhatsApp yang diselenggarakan selama tiga hari.

Bekerja sama dengan UKM Indonesia.id, acara ini menampilkan 20 usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang fashion, kerajinan, hingga food and beverage (F&B) dari seluruh Indonesia yang menjalankan bisnisnya lewat aplikasi WhatsApp Business . Acara akan diselenggarakan pada 29-31 Oktober di di Atrium Lobi, Senayan Park, Jakarta.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia, Esther Samboh menyampaikan bahwa para pelaku UKM yang menjadi bagian dari Pasar WhatsApp ini bisa mencari inspirasi bagi usaha-usaha kecil lain dalam menjalankan bisnis online.

“UKM yang menjadi bagian dari Pasar WhatsApp adalah contoh yang bagus tentang betapa suksesnya UKM ketika melakukan transisi ke online. Kami berharap, orang-orang dapat mengetahui UKM ini, bangga, serta mendukung mereka, dan UKM dapat menemukan lebih banyak pelanggan yang terhubung dengan mereka melalui Aplikasi WhatsApp Business,” ujar Esther melalui siaran resminya pada Senin (24/10/2022).

Acara Pasar WhatsApp sendiri juga diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk membeli produk lokal dan mendukung UKM dari seluruh Indonesia, mulai dari Jabodetabek hingga yang berasal dari luar pulau Jawa.

Beberapa UKM yang hadir seperti Jawa Classic dari Yogyakarta yang menjual furnitur kayu, Keytabee asal Cianjur yang menjual pakaian anak ala Jepang, Kahla Tempe Crispy dari Sukabumi, Bonpay Rhanindi yang menjual abon pepaya dari Jawa Timur, serta masih banyak lagi.

Pengunjung dapat memamerkan kecintaannya terhadap brand lokal serta berfoto di photo booth yang akan diseediakan di tengah pop-up market.

Dilansir dari sumber yang sama, data menunjukkan 7 dari 10 orang Indonesia lebih memilih untuk mengirim pesan bisnis dibandingkan melalui telepon atau mengirim e-mail. Sehingga, aplikasi WhatsApp dapat membantu dan menjadi media bagi bisnis mereka.

Oleh karena itu, Pasar WhatsApp ini menjadi salah satu bagian dari kampanye Jualan di WhatsApp yang merupakan wujud kerja sama mereka dengan berbagai mitra untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”