WhatsApp Down Sedunia, Tidak Bisa Diakses di 49 Negara

harian-nasional.com/ – Update: Layanan WhatsApp bagi pengguna di Indonesia berangsur pulih mulai pukul 15:51 WIB

WhatsApp dilaporkan error hari ini, Selasa (25/10/2022). WhatsApp down membuat pengguna tidak bisa mengirim chat ke grup dan pribadi (personal chat/PC).

Tidak hanya terjadi di Indonesia, WhatsApp error hari ini juga terjadi di negara lain. Pantauan KompasTekno di situs Down Detector, WhatsApp error terjadi di 49 negara termasuk Indonesia, Filipina, Singapura, India, Brasil, Amerika Serikat (AS), Inggris, hingga Rusia.

Meta sendiri selaku induk perusahaan WhatsApp, mengaku telah menyadari adanya gangguan ini dan tengah mencoba melakukan perbaikan.

Kendati demikian, Meta masih belum mengungkapkan secara pasti alasan utama yang menyebabkan WhatsApp down hari ini.

“Kami menyadari bahwa ada beberapa orang yang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin,” ujar Meta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (25/10/2022).

Akun Twitter WABetaInfo yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, mengatakan bahwa WhatsApp tengah mengalami gangguan saat hendak terhubung ke server.

“WhatsApp mengalami masalah saat menghubungkan ke server. #whatsappdown,” tulis akun dengan handle @WABetaInfo.

Akibat dari gangguan ini, tidak sedikit pengguna WhatsApp yang berbondong-bondong beralih ke Telegram sebagai aplikasi alternatif untuk berkomunikasi. Hingga berita ini ditulis, error atau gangguan di WhastApp masih terjadi.

Di Indonesia, WhatsApp down terjadi sejak pukul 14.10 WIB.

Mulanya, KompasTekno masih bisa mengirim pesan ke ruang obrolan pribadi pada sekitar pukul 14.10 hingga 14.20 WIB. Pesan yang dikirim akan bertanda centang satu.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Namun, pesan tersebut masuk, diterima, dan sudah dibaca pengguna, meski tidak ada tanda read receipt (centang biru).

Chat yang dikirim melalui WhatsApp grup dan PC tertunda alias pending yang ditandai dengan ikon jam lengkap dengan pukul saat chat dikirimkan saja.

Hingga sekitar pukul 14.25 WIB, KompasTekno mencoba mengirim pesan di WhatsApp versi desktop, mobile, serta web namun masih belum bisa terhubung.

Ini adalah pemadaman besar WhatsApp yang pertama sejak layanan itu down pada pemadaman besar-besaran tahun lalu, yang juga berimbas pada layanan Instagram, Messenger, Oculus, dan Facebook tahun lalu.

Pemadaman itu memakan waktu hampir enam jam sebelum akhirnya WhatsApp kembali online.

Meta, yang dikenal sebagai Facebook pada saat itu, mengatakan bahwa pemadaman besar-besaran disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada routernya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”