Wamenkeu minta jajaran internalisasi nilai-nilai Kemenkeu dan ASN

Wamenkeu minta jajaran internalisasi nilai-nilai Kemenkeu dan ASN

harian-nasional.com/ – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta kepada seluruh pegawai untuk menginternalisasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan nilai-nilai inti Aparatur Sipil Negara (ASN) di dalam lingkungan kerja dan lingkungan sosial.

“Menginternalisasi nilai-nilai di dalam diri kita sebagai ASN Kemenkeu merupakan sesuatu yang kemudian harus menjadi tujuan kita dan idealnya terjadi secara alamiah,” ujar Suahasil dalam Seminar Digital Kemenkeu Corporate University Talk (KCT), seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Suahasil menginginkan nilai-nilai inti ASN yang sangat relevan dengan nilai-nilai Kemenkeu tersebut betul-betul diinternalisasikan ke dalam diri seluruh pegawai sehingga mampu mencerminkan perilaku dan budaya organisasi.

Internalisasi nilai-nilai Kemenkeu dan nilai-nilai inti ASN bisa dilakukan dengan memanfaatkan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) sebagai alat manajemen dalam mengukur budaya organisasi.

DKO dapat digunakan untuk mengecek kinerja dan budaya organisasi Kemenkeu, sehingga benar-benar harus dimaknai dan digiatkan.

Maka dari itu, dirinya meminta komitmen dan tekad seluruh pegawai Kemenkeu lantaran memperkuat budaya organisasi menjadi tugas bersama.

“Bukan cuma sekedar hafal, bukan cuma sekedar baca Keputusan Menteri Keuangan (KMK), tapi menginternalisasi nilai-nilai tersebut dan memunculkan nilai-nilai itu di dalam pekerjaan dan kehidupan kita sehari hari,” katanya.

Untuk itu, Wamenkeu mengapresiasi seminar KCT yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kemenkeu sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran pegawai terkait penguatan budaya organisasi.

“Saya senang bahwa kita bisa punya acara seperti ini dan menjadi ajang kita untuk menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Memang tentang budaya organisasi ini harus digaungkan terus,” ucap Suahasil menambahkan.