Crypto  

Unlock Token Baru Digelar, Harga ApeCoin (APE) Langsung Susut Hampir 10%

harian-nasional.com/ – Belum lama ini, proyek kripto ApeCoin (APE) menjalankan agenda unlock token mereka. Seperti yang diperkirakan, sebagai akibat dari unlock token ini, harga APE pun terpantau melandai.

Pada tanggal 16 Februari, ApeCoin, token kripto yang terafiliasi dengan proyek non-fungible token (NFT) Bored Ape Yacht Club (BAYC), merilis 7,3 juta token APE ke pasar. Pada saat unlock, harga kumpulan token tersebut berkisar US$41,7 juta. Adapun kumpulan token dalam unlock kali ini mewakili sekitar 0,7% dari total pasokan APE.

Sebagaimana yang sudah diprediksikan, harga dari governance token sekaligus utility token dari ekosistem Ape ini pun melemah setelah agenda unlock terlaksana.

Harga ApeCoin (APE) Sempat Melandai

Beberapa jam lalu di perdagangan pagi hari ini (17/2), harga ApeCoin (APE) merosot dari level tertinggi hariannya, yakni dari US$5,70 ke US$5,15. Penurunan hampir 9,7% itu bertepatan dengan waktu unlock token. Akan tetapi, karena sentimen positif dari pasar kripto secara keseluruhan, harga APE kini sudah perlahan pulih dan berada di level US$5,20 pada waktu penulisan.

/Terkait

Akhirnya! Golden Cross Bitcoin Muncul Lagi, Mampukah Dongkrak Harga sampai 1.835%?

Unlock Token Beres, Harga The Graph (GRT) Langsung Melambung 47%

Analisis On-Chain: Crypto Exchange Diramal Bakal Alami Krisis Pasokan Bitcoin (BTC)

Analisis On-Chain: Prediksi Kripto Terbesar untuk Bulan Februari 2023

Harga Dogecoin (DOGE) Berhasil Klaim Titik Support; Shiba Inu (SHIB) Malah Kesulitan Atasi Resistance

Bagaimana Potensi Kinerja Harga Cardano (ADA) di Februari 2023? Ini Analisisnya

Walau sudah mulai menunjukkan pemulihan, namun jika kita ukur dalam rentang 14 hari terakhir, rupanya harga ApeCoin saat ini sudah susut lebih dari 10%. Kemudian, apabila kita bandingkan dengan rekor harga tertinggi sepanjang masanya (all-time high / ATH) di bulan April tahun lalu, yaitu US$26,70, artinya nilai APE sekarang sudah tergerus 80%.

Tetapi, tetap saja, koleksi NFT BAYC masih menjadi salah satu primadona di marketplace NFT.

Masih Ada Agenda Unlock Token Berikutnya

Agenda unlock token ApeCoin rupanya masih akan berlanjut. Menurut jadwal, unlock token APE berikutnya bakal berlangsung pada tanggal 17 Maret mendatang. Di tanggal itu, atau sekitarannya, ada 40,6 juta token APE lainnya yang akan rilis. Berdasarkan estimasi, nilai dari token dalam gelombang unlock tersebut sebesar US$215 juta. Terlebih lagi, jumlah token dalam agenda unlock yang akan datang ini jauh lebih besar, mewakili 4% dari pasokan keseluruhan. Oleh karena itulah, agenda unlock token APE di bulan Maret nanti nampaknya bakal memberikan dampak yang lebih signifikan bagi pergerakan harganya.

Merujuk pada data dari Token Unlocks, selain unlock di Maret depan, akan ada agenda unlock token APE besar lainnya, yakni saat bulan September tahun ini. Adapun ApeCoin akan terus melaksanakan unlock token setiap bulannya hingga Maret 2026.

Sejauh ini, hanya ada 38,3% dari pasokan APE yang sudah unlocked, dan membuat kapitalisasi pasarnya berjumlah US$1,9 miliar. ApeCoin merancang agenda unlock token yang akan datang agar menyelaraskan insentif para pemangku kepentingan (stakeholder). Namun, nampaknya aktivitas tersebut bakal mengakibatkan volatilitas harga yang lebih besar.

Tokenomics ApeCoin sendiri dititikberatkan kepada para tim, perbendaharaan (treasury), dan Yuga Labs—perusahaan di balik koleksi NFT BAYC. Hampir setengah dari token APE didelegasikan ke perbendaharaan. Sementara itu, 38% dari antaranya dianggarkan bagi Yuga Labs dan launch contributor. Lalu, 15% lainnya dialokasikan untuk airdrop.

Bagaimana pendapat Anda tentang kinerja harga ApeCoin (APE) setelah agenda unlock token kali ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.