Trik Nyetir Aman di Area Demonstrasi

harian-nasional.com/

Beberapa hari belakangan ini, Jakarta penuh dengan aksi massa. Ribuan massa tersebut merupakan para mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan demonstrasi. Akibatnya sejumlah ruas jalan di Jakarta macet total.

Tentunya ini jadi masalah jika Anda harus berpergian ke wilayah yang melewati area demonstrasi. Tapi jangan langsung panik, sebab ada trik berkendara aman di saat terjebak demonstrasi dari Auto2000.

1. Tetap Tenang

Tetap tenang saat menghadapi jalan macet akibat demonstrasi

Demonstrasi biasanya dilakukan oleh sejumlah orang. Banyak atau sedikitnya massa pendemo pun tergantung dari tuntutan yang mereka ajukan. Namun sebaiknya Anda tetap tenang saat harus melewati area demonstrasi tersebut.

Jaga jangan sampai emosi Anda meningkat. Jangan pula membunyikan klakson berlebihan dengan harapan membubarkan massa. Ingat, yang Anda hadapi mungkin ratusan atau ribuan orang. Jadi tetap tenang dan fokus berkendara.

2. Selalu Update Berita

Manfaatkan peta digital untuk mencari jalur alternatif

Saat ada demo massa, sebaiknya selalu pantau perkembangan aksi massa tersebut. Bisa melalui berita di radio, atau sosial media seperti Twitter. Hal ini untuk mengantisipasi jika wilayah yang akan Anda lalui adalah wilayah massa yang berdemo.

Manfaatkan pula peta digital untuk memilih jalur lain guna menghindari risiko jalur yang Anda akan lalui macet total akibat ada demonstrasi massa.

3. Saat Terjebak di Area Demonstrasi

Jangan panik saat berhadapan dengan pendemo

Ketika Anda tidak bisa menghindar dan terjebak macet di area demonstrasi, maka sebaiknya tetap tenang. Tutup seluruh kaca jendela dan kunci semua pintu mobil. Letakkan barang berharga di laci mobil agar tak memancing massa demonstrasi yang ada di luar mobil.

Jangan terlihat panik, atau sebailknya jangan terlalu santai dengan memainkan ponsel. Gunakan ponsel hanya untuk memberi kabar keluarga atau kerabat tentang lokasi Anda terkini. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika kejadian buruk terjadi di demonstrasi tersebut.

Tunggu dengan tenang sampai massa yang berdemo bergerak meninggalkan lokasi Anda. Setelah itu melajulah perlahan untuk bergerak meninggalkan wilayah demonstrasi tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”