Crypto  

Token Berbasis ZK Curi Panggung, Naik hingga Dua Digit

Token Berbasis ZK Curi Panggung, Naik hingga Dua Digit

harian-nasional.com/ – — Di tengah penurunan harga Bitcoin hingga hampir 5% dalam sepekan terakhir, ada beberapa altcoin yang berhasil mencuri panggung. Token-token tersebut didominasi oleh token berbasis ZK atau Zero-Knowledge.

Zero-Knowledge rollups adalah teknologi yang digunakan blockchain layer-2, yang menawarkan transaksi cepat dengan biaya yang lebih murah. ZK digunakan dalam blockchain yang menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Stake dengan memadukan proses on-chain dan off-chain.

Banyak rantai yang mulai mengadopsi teknologi tersebut. Tingginya adopsi itu diduga menjadi alasan di balik melonjaknya volume transaksi dan harga token-token berbasis ZK belakangan ini.

Berikut beberapa token berbasis ZK yang mengalami kenaikan signifikan hingga dua digit dalam sepekan terakhir.

1. Dusk Network (DUSK)

Dust Network adalah blockchain privasi berbasis ZK untuk aplikasi keuangan. Harga DUSK naik pesat hingga 46,41% dalam tujuh hari ini dan kini diperdagangkan di harga $0,23, menurut CoinMarketCap.

Volume perdagangan DUSK juga melesat lebih dari 450% menjadi $54 juta. Sementara kapitalisasi pasarnya melonjak 28% menjadi $85,8 juta.

2. Mina Protocol (MINA)

Mina Protocol adalah blockchain simpel yang dibangun untuk mengatasi persyaratan komputasi agar decentralized applications (DApps) dapat beroperasi lebih efisien. Selain simpel, Mina juga disebut blockchain paling ringan di dunia karena ukurannya dirancang untuk tetap konstan meskipun penggunaannya meningkat.

MINA diperdagangkan sekitar $1,01 atau melonjak 33% dalam sepekan. Volume perdagangannya bahkan naik hingga 175%.

3. Syscoin (SYS)

Syscoin adalah platform smart contract yang mendukung ekosistem Web 3.0 dengan biaya sangat murah melalui skalabilitas Layer-2 yang menggunakan teknologi Rollups. Smart contract ini dirancang untuk mendukung masa depan smart contract dalam Metaverse, IoT, Smart Cities, dan ekonomi di masa depan.

SYS juga melonjak hingga 24% dalam sepekan terakhir dan saat ini diperdagangkan di $0,2023 menurut CoinMarketCap. Volume perdagangan SYS mencapai $14 juta dalam 24 jam terakhir, dengan kapitalisasi pasar $152 juta.

4. Horizen (ZEN)

Horizen adalah jaringan blockchain ZK yang didukung oleh infrastruktur node terbesar di industri kripto. Interoperabilitas blockchain ini diaktifkan oleh protokol Zendoo, yang menggunakan SNARK yang membuat verifikasi kriptografi rantai jaringan dilakukan dalam skala besar. Horizen saat ini mendukung hingga 10.000 sidechain dengan batas throughput 10.000.000 transaksi per detik (TPS).

ZEN diperdagangkan di $12,41 dan sudah naik 21% dalam sepekan. Harganya bahkan masih naik hingga 9% dalam 24 jam terakhir ini.

5. ImmutableX (IMX)

Immutable X adalah solusi penskalaan layer-2 untuk NFT di Ethereum. Blockchain ini mampu menghilangkan kekurangan-kekurangan yang ada di jaringan Ethereum seperti skalabilitas rendah, pengalaman pengguna yang buruk, ilikuiditas, dan pengalaman pengembang yang lambat.

IMX mengalami kenaikan dua digit di 16,8% dalam sepekan ini. Menurut CoinMarketCap, IMX kini diperdagangkan di $1,02.

Bagaimana dengan Polygon?

Polygon menjadi blockchain yang paling ditunggu-tunggu dalam kaitannya dengan teknologi rollups. Polygon bahkan siap melakukan upgrade ke teknologi ZK yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine atau zkEVM, yang membuat transaksi di jaringannya jauh lebih cepat dan murah.

Namun, di saat token-token berbasis ZK melonjak, token asli Polygon, MATIC, justru masih terlihat sideways di harga $1,22. MATIC hanya mencatatkan kenaikan 2,2% dalam sepekan terakhir.

Diperkirakan MATIC akan bullish setelah ZK resmi diluncurkan dalam mainnet Polygon. Co-founder Polygon Mihailo Bjelic mengumumkan peluncurkan ZK di mainnet blockchainnya telah masuk dalam roadmap.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Fundamental SOLVE, Aset Kripto Bertenaga Layanan Kesehatan

In “Altcoin”

Analisa Market: STX Curi Panggung dalam Sepekan, Masih Kuat Bullish?

In “Analisis Pasar”

Mengenal zkEVM, Teknologi yang Percepat Transaksi di Jaringan Ethereum

In “Blockchain”