Timnas Basket Putri Indonesia Kurang Dukungan, Kapten: Biaya Sendiri Enggak Ada dari Pemerintah

Timnas Basket Putri Indonesia Kurang Dukungan, Kapten: Biaya Sendiri Enggak Ada dari Pemerintah

harian-nasional.com/ – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, timnas basket putri Indonesia membawa pulang medali emas dalam turnamen SEA Games. Menurut sang kapten, Henny Sutjiono , pada tahun-tahun sebelumnya Indonesia gagal meraih medali emas karena masalah mental.

Dia dan kawan-kawan optimistis bisa menang pada setiap pertandingan. Tetapi, mental mereka tidak cukup tangguh sehingga tidak dapat menunjukkan kemampuan yang sebenarnya.

“Eksekusi kita sih sebenarnya kayak yakin bisa tapi mentalnya masih waktu bertanding itu bisa lihat di game awal biasanya itu kayak gak menunjukkan apa yang kita punya secara enjoy. Jadinya kayak tegang enggak keluar semua yang kita punya,” ujar pebasket asal Surabaya ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kemampuan para pemain saat pemusatan latihan (TC) sudah baik tapi saat bertanding terkadang kurang percaya diri. Rasa kurang percaya diri tersebut membuat tim basket putri Indonesia tidak memenangi pertandingan.

Mereka menjadi ragu saat melakukan penyerangan sehingga tidak dapat memberi penampilan terbaik. Padahal, menurut dia, Indonesia mampu melakukan penampilan yang bagus.

“Kalau support ya mungkin kalo basket putri memang agak kurang gitu sih kalau dibanding basket putra ya apalagi kalau dari pemerintah misalnya,” ucapnya.

Henny memaparkan, kurangnya dukungan dari pemerintah salah satunya adalah tidak ada kompetisi liga basket putri selama dua tahun terakhir. Selain itu, tidak ada sokongan biaya dari pemerintah saat pemusatan latihan.

“Misal TC ini kita untuk SEA Games Hanoi yang lalu sama SEA Games ini manajer kita sih yang mengusahakan semuanya, biaya sendiri enggak ada dari pemerintah. Manajer yang mencari dan mengeluarkan dana sendiri,” kata dia.

Pebasket berusia 29 tahun ini mengatakan bahwa sebelumnya pemerintah selalu membiayai. Tetapi, setelah pandemi, pemerintah tidak membiayai karena yang disokong cabor yang berpeluang untuk meraih medali emas.

“Aku sendiri di tahun ini mau menunjukkan awas kalau sampai dapat emas nanti gak dibiayain ya. Mau menunjukkan gitu lho, motivasi maksudnya,” tuturnya dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Selasa, 23 Mei 2023.

Meski demikian, Henny bersyukur karena pemerintah mengapresiasi tim basket putri setelah memboyong medali emas pada SEA Games 2023 di Kamboja. Dia berharap pemerintah akan lebih mendukung dan memperhatikan tim basket putri .

Saat pulang ke Indonesia, mereka ikut pawai diarak keliling Jakarta dan makan bersama sponsor yang mendukung.***