Crypto  

Tim Developer Cardano Akhirnya Bocorkan Tanggal Rilis Upgrade Vasil

harian-nasional.com/ – Cardano, sebuah jaringan blockchain peer-reviewed berkonsensus proof-of-stake, akhirnya telah mengonfirmasi tanggal upgrade Vasil mereka yang sangat dinanti-nantikan.

Tujuan Cardano adalah untuk memberikan solusi dalam pengelolaan identitas. Mereka mendukung smart contract dan non-fungible token (NFT).

Sementara itu, Vasil adalah pembaruan hard fork yang bertujuan untuk mempercepat jaringan Cardano, membuatnya lebih terskalakan (scalable), dan memiliki biaya transaksi lebih rendah. Setelah dalam tahap pengerjaan selama beberapa waktu, kini tanggal peluncurannya telah diumumkan, yaitu pada 22 September mendatang.

Menunggu Crypto Exchange

Dalam kesempatan livestream tanggal 26 Agustus kemarin, Charles Hoskinson, pendiri Cardano sekaligus co-founder Ethereum, mengatakan bahwa tanggal perilisan Vasil akan bergantung pada crypto exchange.

“Tingkat besar berikutnya adalah memasukkan [crypto] exchange. Binance melaporkan bahwa mereka saat ini sedang membarui berdasarkan volume,” jelasnya.

Kemudian, Hoskinson menambahkan lagi, “Secara umum, apa yang terjadi setelah tanggal hard fork diumumkan, Anda akan menyaksikan lonjakan besar dan orang-orang akan menggunakannya.”

Sepertinya ini adalah yang sebenarnya terjadi, karena menurut tim, mayoritas crypto exchange teratas telah memulai proses pembaruannya.

“Berdasarkan lintasan saat ini & pengalaman sebelumnya, [Cardano Foundation] sangat yakin bahwa mereka menyelesaikan pembaruan mereka & memenuhi set metrik likuiditas 80%.”

Hampir Bersamaan dengan The Merge Ethereum

Menariknya, hard fork Vasil akan terjadi hampir bersamaan dengan upgrade lainnya yang juga sedang ditunggu-tunggu, yakni The Merge Ethereum.

Sebagai informasi, The Merge bakal diluncurkan dalam 2 tahapan. Pertama adalah upgrade Bellatrix, yang akan memulai penghitungan mundur (countdown) terakhir, pada tanggal 6 September. Kemudian, tahapan kedua adalah upgrade utama, yang akan dimulai sekitar 10 hingga 20 September.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Akankah Upgrade Vasil Jadi Katalis Positif untuk Harga ADA?

Setelah munculnya pemberitaan ini, ADA, native token Cardano, menunjukkan sedikit kenaikan. ADA terpantau diperdagangkan di kisaran US$0,4545 pada saat penulisan. Harganya naik sekitar 0,24% selama 24 jam terakhir.

Hard fork Vasil bisa jadi memainkan peranan penting dalam pergerakan harga ADA. Sebuah survei dari Finder.com baru-baru ini mengungkapkan pandangan para pakar terhadap masa depan harga ADA. Mayoritas peserta survei melihat harga ADA bisa naik hingga US$2,93 di akhir tahun 2025.

Kemudian, salah satu responden meyakini ADA akan mencapai titik US$0,50 di akhir tahun ini. Namun, bakal mencapai US$5 pada bulan Desember 2025.

Lebih dari separuh peserta survei percaya bahwa hard fork Vasil akan mendorong harga ADA lebih tinggi lagi. Meski demikian, di saat yang sama, 17% dari mereka yakin bahwa kenaikan ini hanya akan bertahan dalam waktu singkat. Lalu, ada 20% dari responden yang memandangnya sebagai pergerakan naik jangka panjang.

Mengenai pembaruan ini, tim Cardano mengharapkan adanya transisi yang lancar. Mereka juga meyakinkan para pengguna bahwa tidak akan ada lagi penundaan atau pemadaman selama proses berlangsung.

“Kami mengharapkan transisi teknikal yang mulus, tanpa gangguan bagi penggunanya atau jeda dalam produksi blok. Pengguna tidak perlu mengambil tindakan apa pun,” ungkap tim developer.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik pengumuman tanggal upgrade Vasil di Cardano ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram Be[In]Crypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!