Wisata  

Tempat Belanja Oleh-Oleh di Batam Ini Wajib Kamu Kunjungi

harian-nasional.com/ – Kota Batam tampaknya kian hari kian menampakkan wajah manis wisatanya untuk menggaet para wisatawan. Ada saja tempat wisata baru bermunculan. Perkembangan wisata di Batam memberikan peluang bagi penjualan oleh-oleh. Seiring banyaknya tempat wisata, tempat oleh-olehnya pun biasanya juga dibangun.

Di Batam kini menjamur tempat belanja oleh-oleh yang menyediakan berbagai barang khas Batam. Tempat-tempat seperti biasanya menjual barang-barang yang kerajinan tangan dan barang-barang kreasi masyarakat lokal. Berikut ini adalah daftar tempat belanja oleh-oleh di Batam yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Batam.

1. Kampung Oleh-Oleh

* sumber: kulinerkota.com

    Alamat: Kompleks Penuin Center, Jl. Pembangunan Batu Selicin Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau

    Jam buka: Setiap hari 09.00-22.00

    Telpon: +6277884701000

Dari namanya saja kita dapat mengetahui bahwa tempat ini merupakan satu dari sekian banyak surga belanja oleh-oleh di Batam. Berbagai barang khas Batam dijual di tempat ini. Barang-barang yang dijajakan di kampung oleh-oleh ini kebanyakan berupa produk kerajinan warga lokal Batam.

Di tempat ini pula terdapat kerajinan berupa gantungan kunci, kain sarung batik, hiasan ukiran kayu, dan tas merupakan barang-barang yang banyak digemari oleh para pengunjung.

2. Pasar Aviari

    Alamat: Plaza Aviari, Lantai 3 No.7-8, Buliang, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29425

    Jam buka: setiap hari 08.00-21.00

    Telepon: 0823-9777-7894

Pasar Aviari tidak hanya ada di Batam. Jaringan pasar ini terdapat di beberapa kota di Indonesia. Pasar ini merupakan pusat barang second paling terkenal di Indonesia. Tak heran jika harga barang di pasar ini lebih murah dibanding dengan harga di tempat lain. Tapi kualitas barangnya tak kalah bagusnya dengan barang baru.

Di Pasar Aviari terdapat barang-barang seperti dekorasi rumah yang menarik, sepatu dan baju-baju yang layak pakai, bahkan barang furniture rumah tangga tersedia di pasar ini.

Para wisatawan tertarik untuk berbelanja di tempat ini sebab barang-barang yang disuplai dari negeri tetangga ini punya yang kondisinya 80% bagus. Kalau kamu mengeksplorasi pasar ini kamu dapat menemukan barang unik dengan harga murah loh. Buat dijadikan souvenir pun pasti cocok.

3. Nayadam Batam

* sumber: spinaclaban.blogspot.com

    Alamat: Puri Legenda Blok D1 No. 3 dan di bandara Hang Nadim.

    Harga kue rata-rata: Rp28.000

    Jam buka: setiap hari 09.00-21.00

Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh berupa penganan dan camilan khas Batam, Nayadam adalah jawabannya. Di sini terdapat rupa-rupa snack dan makanan khas Melayu seperti kue bingka bakar dengan berbagai varian rasa seperti rasa pandan, coklat, keju dan rasa buah naga.

Kue lapis dan luti gendang atau roti goreng khas Pulau Tarempa pun laris diburu para wisatawan yang datang ke Batam. Oh ya, kamu harus coba cake pisangnya. Cake pisang dari Batam rasanya legit dan berbeda dari cake pisang lainnya.

4. Kaos T-Obenk

* sumber: batam.tribunnews.com

    Alamat: Jl. Sriwijaya No. 6, Kp. Pelita, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461

    Harga: Rp100.000-Rp150.000

    Jam buka: Senin-Sabtu 08.00-20.00

    Telepon: 0823-2772-7780

Tak kalah dengan kaos khas yang ada di kota lain seperti Dagadu di Jogja, Joger di Bali atau C59 di Bandung, Batam pun punya kaos lokal yang banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Kaos oleh-oleh khas Batam diberi nama kaos T-Obenk.

Nama T-Obenk di ambil dari kata Teh Obeng yang merupakan sebutan es teh manis di masyarakat Batam. Tak disangka kaos ini populer di kalangan wisatawan dan menjadi kaos cinderamata dari Batam. Sebetulnya T-Obenk sendiri adalah akronim dari T-shirt Oblong Batam.

Menurut sejarahnya Teh Obeng berasal dari kata Teh Apeng, bahasa serapan dari Bahasa Cina Singapura dan Malaysia. Pengucapan kata Peng yang berarti es perlahan disesuaikan dengan lidah orang Batam yang tidak dapat mengucapkan kata tersebut sesuai bunyi pengucapan aslinya.

Oleh karena itu, perlahan kata Openg berubah bunyi menjadi Obeng yang lebih ramah di lidah orang Batam. Teh obeng itu sendiri adalah teh asli Batam yang berasal dari bubuk teh Prendjak. Dan ciri khas dari Teh Obeng adalah penggunaan es pada penyajiannya. Es tersebut berbentuk bolong, bukan balok.

Desain kaos ini menggambarkan keunikan dan kekhasan Pulau Batam yang kental dengan budaya Melayu. Kaos ini terbuat dari bahan cotton combed yang adem dan menyerap keringat. Ada dua jenis kaos T-Obenk, yakni lengan panjang dan lengan pendek.

5. Kedai Durian Tok Ngah

Sumber: https://www.instagram.com/p/BVbQUqLBe5Q/

    Alamat: Belian, Batam Kota, kota Batam, Kepulauan Riau 29444

    Harga: Rp5.000-Rp100.000

    Jam buka: Setiap hari 08.00-22.00

    Telpon: 0823-8913-9041

Bagi pecinta durian, wajib mencicipi panganan olahan dari buah durian di tempat ini. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini menjadi hidangan signature di toko ini. Ada beberapa macam menu olahan durian yang tersedia seperti pancake durian, kue golden durian dengan macam-macam rasa, dan brownies.