Wisata  

Talaga Bodas, Menikmati Panorama Alam yang Dikelilingi Bebatuan Indah di Garut

harian-nasional.com/ – Dalam setiap musibah pasti ada berkah, begitu juga dengan Talaga Bodas, kawasan ini pada mulanya adalah gunung berapi Galunggung yang meletus pada tahun 1982. Pada saat ini, bekas letusan tersebut menjadi kawah vulkanik yang masih aktif namun tidak berbahaya, dan kini menjadi destinasi wisata alam yang cantik dan menarik perhatian dunia.

Meski terletak di tempat tersembunyi, yaitu di daerah pelosok Kabupaten Garut, namun daya tarik daerah ini tidak dapat disembunyikan. Karena pemandangan alam yang begitu indah mempesona dengan background perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau nan asri, menjadi perhatian wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara.

Selain itu, air telaga ini juga memiliki begitu eksotik, yaitu berwarna hijau memukau dan membuat terpesona setiap mata yang memandang. Berkunjung ke sini tidak disarankan apabila anda memiliki waktu terbatas. Sebab semua daya tarik dan aktivitas yang dilakukan pastinya membuat betah dan enggan meninggalkannya.

Daya Tarik Wisata Talaga Bodas

Apabila tempat wisata menjadi perhatian dunia, maka area tersebut pasti memiliki sesuatu yang dapat menarik perhatian dan memikat hati para turis mancanegara. Seperti halnya Talaga Bodas, tempat piknik yang asyik dan menarik ini mempunyai beragam daya tarik.

1. Panorama Alam yang Cantik dan Eksotik

Pada umumnya, daerah bekas letusan gunung berapi menjadi tempat yang biasa saja, tidak menarik dan tinggal sejarah. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk kawasan wisata alam bernama Talaga Bodas, daerah ini memiliki panorama alam yang cantik dan eksotik. Destinasi wisata alam ini terletak pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Dengan ketinggian tersebut ternyata memiliki luas kawah vulkanik berkisar 28 hektare. Sehingga saat berada di puncak, maka pesona alam perbukitan ditumbuhi pepohonan hijau, pasir putih dan air telaga berwarna kehijauan, membuat tempat ini begitu indah menawan. Selain itu, langit biru dan awan putih serta udara sejuk dan segar melengkapi zona tersebut.

Saat ini bahkan menjadi tempat favorit dan hits bagi wisatawan dari berbagai usia. Namun mayoritas pengunjung yang memadati area yaitu para pemuda milenial, bahkan ada juga yang menggunakan kawasan tersebut untuk pre wedding. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama berkelas dunia, sehingga banyak turis mancanegara terpesona dengan keindahannya.

2. Telaga Dikelilingi Perbukitan

Selain memiliki panorama alam yang cantik dan eksotik, daya tarik lain di Talaga Bodas yaitu keberadaan telaga dikelilingi perbukitan. Tentu hal ini menjadikan area wisata ini mempunyai nilai lebih, karena biasanya kawah berhawa panas, namun diselimuti oleh bukit yang ditumbuhi berbagai jenis pohon hijau nan asri. Bahkan ada juga pohon pinus yang begitu seksi dan menambah keindahan tersendiri pada area ini.

Sehingga membuat destinasi wisata alam ini mempunyai hawa yang sejuk dan udara yang segar kaya akan oksigen. Oleh karena itu, daerah ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan menarik perhatian, melainkan zona yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh. Sebab udara yang tidak mengandung polusi tersebut dapat menyehatkan dan membantu proses pembersihan toksin dalam tubuh.

3. Air Telaga Berwarna Kehijauan

Dua daya tarik di Talaga Bodas yaitu panorama alam yang cantik dan eksotik dan telaga dikelilingi perbukitan telah menjadikan tempat ini sebagai tempat pariwisata kelas dunia. Akan tetapi, ada daya tarik lain sebagai pelengkap kawasan ini yaitu air telaga berwarna putih kehijauan. Pesona ini membuat lokasi ini menjadi tempat yang hits bagi pemuda milenial.

Para generasi penerus bangsa tersebut seringkali memadati zona ini hanya untuk sekedar mengambil gambar dan video untuk menghiasi akun media sosial yang mereka miliki. Selain itu, ada juga pengunjung yang sekedar menghabiskan untuk melihat pesona alam yang cantik dan eksotik tersebut, sambil merenung, mensyukuri dan takjub dengan ciptaan Tuhan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Talaga Bodas terletak di Jalan Telaga Bodas No. 5 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang ingin pergi ke kawasan wisata ini dan posisinya berada di Terminal Guntur Garut, maka jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 26 km. Jika wisatawan memulai perjalanan dari Jalan Raya Garut – Cikajang, maka jarak tempuh sekitar 93,8 km dengan waktu 3 jam 20 menit.

Khusus pengunjung yang berangkat dari Jalan Nanggeleng – Cirahayu Kota Bandung, maka panjang jarak yang harus dilalui sejauh 86,5 km, lama perjalanan sekitar 2 jam 30 menit. Dari mana pun anda memulai perjalanan, sebaiknya gunakan Google maps, sebab daerah ini sudah bisa diakses aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas

Begitu banyak wisatawan yang memadati tempat wisata Talaga Bodas, baik lokal, maupun mancanegara, sehingga harga tiket di lokasi ini menjadi begitu variatif. Selain itu, ada perbedaan tarif antara pengunjung dari Indonesia dengan turis asing. Pada hari Senin hingga Jumat harga tiket sebesar 10.000 setiap orang, sedangkan hari Sabtu, Minggu dan hari Libur Nasional, harga Rp. 15.000 per orang.

Tarif tersebut menjadi berbeda ketika pengunjung dari luar negeri, hari Senin – Jumat, harga Rp. 100.000, namun pada hari Sabtu, Minggu dan hari Libur Nasional, tiket masuk Rp. 150.000. Sedangkan untuk retribusi parkir sepeda motor Rp. 5.000, berlaku pada hari Senin hingga Jumat. Berbeda ketika hari Sabtu dan Minggu, tiket sepeda motor Rp. 7.500.

Jika wisatawan membawa mobil, pada hari Senin – Jumat, karcis parkir Rp. 10.000. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu, sebesar Rp. 15.000. Rombongan yang membawa bus pada hari Senin – Jumat, tiket parkir Rp. 50.000, pada hari Sabtu dan Minggu, retribusi parkir Rp. 75.000.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Setelah menyimak ulasan daya tarik di Talaga Bodas dan wisatawan sudah mengetahui gambarannya, selanjutnya wajib mengetahui aktivitas yang menarik dilakukan. Berikut disampaikan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sana!

1. Menikmati Aktivitas Trekking dan Hiking

Destinasi wisata alam ini berada pada ketinggian hampir 2.000 mdpl, sehingga untuk menuju ke lokasi tersebut, harus mendaki bukit berjarak 1 km dari loket pintu masuk. Meski medan yang harus di lalui cukup menanjak, namun relatif aman dan terkendali. Menikmati aktivitas trekking dan hiking merupakan pengalaman yang seru dan mengasyikkan.

Apalagi jika dilakukan bersama teman, pasti lebih seru dan membuat suasana tidak pernah sepi. Perlu diperhatikan bagi wisatawan, gunakan sepatu yang nyaman dan anti slip, sebab jalur yang dilalui cukup licin dan berbatu, serta banyak lubang. Pendakian menuju Talaga Bodas tidak akan terasa melelahkan, sebab sepanjang jalur yang ditempuh, pengunjung ditemani pepohonan hijau dan udara yang segar.

Oleh karena itu, manfaatkan udara semaksimal mungkin, yaitu dengan cara menghirup dengan sekuat tenaga agar lebih banyak udara kaya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Bagi pengunjung yang memiliki penyakit asma dan tidak kuat berjalan jauh, gunakan jasa ojek untuk menuju lokasi.

2. Menyusuri Area Wisata

Menikmati aktivitas trekking dan hiking di Talaga Bodas merupakan aktivitas yang menarik, menyenangkan dan disukai oleh wisatawan. Namun, ada juga kegiatan menarik lainnya yaitu menyusuri area wisata. Pada saat berada di lokasi, yaitu di telaga, para pengunjung akan disajikan pesona kawah yang memiliki air putih dominasi kehijauan, sehingga kawasan ini terlihat semakin cantik dan eksotik.

Selain itu, posisi telaga yang dikelilingi perbukitan bak wanita cantik, membuat destinasi wisata alam cantik ini semakin indah mempesona. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengunjung yaitu tidak boleh berenang dan meminum air yang ada di telaga. Karena air tersebut memiliki suhu yang panas hingga mencapai 95 derajat celcius dan mengandung belerang yang sangat tinggi.

3. Berendam di Kolam Air Panas

Bagi wisatawan yang tidak bisa minum air di Talaga Bodas, tidak perlu bersedih hati. Sebab pengunjung bisa menikmatinya dengan cara lain, yaitu berendam di kolam air panas berbentuk persegi panjang yang sudah disediakan. Sehingga area ini menjadi puncak dari beragam aktivitas menarik yang ada di kawasan ini.

Ketika menikmati aktivitas trekking dan hiking serta menyusuri area wisata sudah dilakukan, tubuh terasa penat dan lelah, berkubang di kolam air panas adalah final dari seluruh kegiatan. Pemenang dari puncak kegiatan ini yaitu badan wisatawan, karena berbenam di kolam air panas membuat peredaran darah lancar, fisik menjadi segar dan bugar.

Fasilitas Wisata di Talaga Bodas

Meski lokasi wisata Talaga Bodas jauh dari perkotaan, namun fasilitas yang tersedia di area ini cukup memadai dan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan. Beberapa diantaranya yaitu kamar mandi bilas untuk pengunjung yang telah selesai berendam di air panas. Selain itu, ada juga area parkir untuk kendaraan sepeda motor, mobil, bahkan bus rombongan.

Berlibur ke Talaga Bodas akan membuat wisatawan merasa puas, sebab selain melihat panorama alam yang indah menawan, tubuh akan terasa segar dan bugar. Karena pada destinasi wisata alam ini, pengunjung akan dimanjakan dengan mandi di kolam air panas yang dapat melancarkan peredaran darah dan badan menjadi ringan.