Tahun Ini Chery Bakal Rakit Omoda 5 di Indonesia

Tahun Ini Chery Bakal Rakit Omoda 5 di Indonesia

harian-nasional.com/ – PT Chery Sales Indonesia (CSI) memastikan peluncuran mobil baru Omoda 5 ke Indonesia. SUV ini kabarnya mulai dikenalkan ke konsumen pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Selain itu, Chery juga memastikan bahwa Omoda 5 bakal dirakit secara lokal di pabrik PT Handal Indonesia Motor pada tahun ini.

“Omoda 5 nanti akan sama kayak Tiggo series, impornya SKD (semi-knocked down) semuanya,” ujar Rifkie Setiawan, General Manager Marketing PT Chery Sales Indonesia , di Tangerang (3/2/2023).

“Untuk produksinya kami sekarang sudah pesan komponennya. Jadi nanti rencananya kami akan mulai produksi di kuartal kedua tahun ini,” katanya.

Untuk diketahui, istilah SKD pada dasarnya mirip dengan IKD (incompletely knocked down). IKD adalah mobil yang diimpor dalam kondisi tak utuh dan tak lengkap.

Mobil IKD dikirim dalam keadaan tak utuh karena komponen-komponen yang tak diimpor bisa diproduksi sendiri di dalam negeri.

Melalui skema ini, harga mobil IKD bisa lebih murah dibandingkan mobil CKD (completely knocked down), karena komponennya telah diproduksi secara lokal.

“Jadi kita masuk ke Indonesia sudah kerja sama dengan assembly lokal PT Handal Indonesia Motor, dan di sana kita sudah mulai produksi semenjak kita luncurkan di November tahun lalu. Itu kita sudah mulai produksi Tiggo 7 dan Tiggo 8,” ucap Rifkie.

“Kapasitas produksi di Handal itu saat ini bisa sampai 2.000 unit sebulan. Tapi, untuk kapasitas produksi mereka mau kita pakai semua atau enggak, itu tergantung dari target penjualan yang akan kita kejar di tahun ini,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.