TAF Mulai Siapkan Skema Kredit Mobil Listrik

TAF Mulai Siapkan Skema Kredit Mobil Listrik

harian-nasional.com/ – Mobil listrik saat ini masih menjadi kendaraan yang tengah populer di dalam ekosistem otomotif dunia. Di Indonesia sendiri, berbagai merek telah mengeluarkan mobil listrik dengan keunggulannya masing-masing untuk merebut hati pasar.

Akan tetapi, harga yang ditawarkan oleh mobil listrik masih menjadi pertimbangan banyak orang untuk membeli kendaraan ini.

President Director Toyota Astra Financial Services Agus Prayitno mengatakan, dari sisi perusahaan pembiayaan pembelian, untuk skema pembelian mobil listrik sama saja seperti membeli mobil konvensional.

“Untuk skema pembelian mobil listrik dan mobil konvensional tidak ada bedanya. Mobil listrik itu demand-nya besar saat ini dan menjadi tren. Namun secara value masih kecil karena produksinya masih terbatas. Tapi intinya kami selaku perusahaan pembiayaan siap untuk mendukung bahkan kami sedang mengupayakan green financing ,” kata Agus di Jakarta, Selasa (12/12/2022).

Green financing atau pembiayaan hijau merupakan konsep pembiayaan dengan tujuan untuk menciptakan produk serta layanan keuangan ramah lingkungan serta pembangunan berkelanjutan.

Maka dari itu Toyota Astra Financial Services sedang menyiapkan konsep tersebut untuk mempermudah pembelian mobil listrik sejak saat ini.

“Jangankan tahun 2023, saat ini kami sudah siap untuk mendukung Toyota dan Lexus untuk penjualan mobil listrik. Namun, penyesuaian dari residual value masih kita pelajari, “ kata Agus.

Mengenai residual value, Agus menyebutkan jika baterai Toyota memiliki garansi 8 tahun. Sementara itu, tenor yang diberikan TAF yakni 3- 4 tahun.

“Jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan resikonya. Kami sudah siap mendukung kalau ditanya masalah baterai. Yang kami belum tahu adalah setelah 4 tahun itu residu valuenya itu berapa, dan itu kita masih belum punya datanya,” kata Agus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.