Suzuki XL7 Punya 211 Komponen Berbeda Dengan Ertiga

harian-nasional.com/ – Pabrikan Suzuki mengakui, SUV terbaru mereka XL7 memang hampir mirip dengan Suzuki Ertiga. Pasalnya, basis yang dipakai untuk pengembangan Low SUV itu, memang diambil dari abangnya yang berjenis MPV.

Kesamaan itu diamini Chief Engineer Suzuki XL7 Masayuki Ishiwata dan Donny Saputra selaku Head of Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales. Keduanya mengungkapkan hal tersebut kepada Oto.com waktu peluncuran Suzuki XL7 hari Sabtu lalu (15/2) di Jakarta.

“Kalau dilihat dari tampilan kan memang berbeda antara Suzuki XL7 dengan Suzuki Ertiga, meskipun berbagi basis. Namun memang ada sama di antara keduanya,” ujar Ishiwata.

Donny pun mengiyakan. “Memang basisnya hampir sama, tetapi sebetulnya Suzuki XL7 secara overall memiliki 211 komponen yang berbeda dengan MPV Suzuki Ertiga,” ucapnya. “Contoh yang paling gampang adalah tangki bensin. Temen-temen pasti bilang, wah ini tangki bensinnya sama. Namun sebetulnya berbeda. Pada saat kaki-kaki berubah dan seputarannya berubah, tangki bensin kami desain dan kembangkan ulang. Karena apa? Karena center of gravity-nya berbeda.”

“Kalau kami dari manufacturing memiliki ragam sudut pandang, misalnya sudut pandang safety. Karena safety, komponen jadi berbeda juga. Dalam hal kapasitas tangki bensin antara XL7 dan Ertiga sama, hanya mendapatkan redesign saja,” tambah Donny. Contoh pembeda lain dengan Ertiga, masih kata Donny, terletak pada kaki-kaki, ECU dan control module. “Dan masih banyak lagi.”

Perbedaan pada XL7 itu adalah salah satu tugas yang dikerjakan oleh Chief Engineer Masayuki Ishiwata sewaktu tinggal dan bekerja di Jakarta. “Ia tinggal di sini selama tiga tahun untuk melakukan berbagai studi pengembangan Suzuki XL7. Dia salah satu orang yang memikirkan misalnya atribut-atribut apa di dalam mobil yang lebih bagus dari kompetitor, yang didasarkan pada kebutuhan konsumen di sini.”

Menurut Donny, dari ragam pengembangan itu, pada akhirnya keluarlah SUV andalan Suzuki XL7 sebagai “The New Extraordinary SUV.” Sebuah kendaraan yang memiliki penampilan muscular, interior nyaman dan mewah serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang kekinian.

Ia juga tak menampik mesin Suzuki Ertiga punya kesamaan dengan Suzuki XL7. Pasalnya, engine itu dinilai yang paling mutakhir dan cocok untuk pasar Indonesia. “Kalau berbicara engine, K15B yang dipakai pada XL7 adalah mesin yang paling update dan paling mutakhir di Suzuki. Mesin ini mengombinasikan keandalan power, performa dengan efisiensi bahan bakar.”

Sebagai catatan, mesin K Series ini sudah diaplikasikan di model-model Suzuki lainnya, kecuali Suzuki SX4 S-cross. Bahkan diaplikasikan juga di kendaraan komersial Suzuki Carry. (Eka/Tom)