Susul Prancis, Jerman-AS Kirim Kendaraan Tempur Lapis Baja ke Ukraina

harian-nasional.com/ – Pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Jerman mengumumkan kesepakatan untuk mengirimkan kendaraan tempur lapis baja ke Ukraina yang terus diinvasi Rusia. Rencana pengiriman ini menjadi bagian dari upaya negara Barat meningkatkan dukungan militer untuk membantu Kiev melawan invasi Rusia .

Seperti dilansir Reuters, Jumat (6/1/2023), pengiriman kendaraan tempur itu diumumkan dalam pernyataan gabungan yang dirilis pada Kamis (5/1) waktu setempat, setelah Presiden Joe Biden dan Kanselir Olaf Scholz berbicara via telepon.

Disebutkan dalam pernyataan itu bahwa AS akan mengirimkan Kendaraan Tempur Infanteri Bradley, sedangkan Jerman akan mengirimkan Kendaraan Tempur Infanteri Marder.

Sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, menuturkan kepada Reuters bahwa paket senjata AS itu akan mencakup sekitar 50 unit Kendaraan Tempur Bradley, yang merupakan bagian dari bantuan keamanan senilai total US$ 2,8 miliar.

Paket bantuan terbaru AS itu dijadwalkan akan diumumkan pada Jumat (5/1) waktu setempat.

“Sekarang perang di Ukraina berada di titik kritis,” sebut Biden dalam pernyataan kepada wartawan setempat.

“Kita harus melakukan semuanya yang kita bisa untuk membantu Ukraina melawan agresi Rusia,” tegasnya.

Pernyataan gabungan itu juga menyebutkan bahwa AS dan Jerman sepakat untuk melatih tentara Ukraina soal cara menggunakan kendaraan-kendaraan tempur itu. Disebutkan juga bahwa Jerman akan memasok baterai pertahanan udara Patriot ke Ukraina.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Respons Joe Biden soal Perintah Putin untuk Gencatan Senjata di Ukraina

Beberapa waktu terakhir, pasukan Ukraina berhasil meraup kesuksesan di medan perang melawan pasukan Rusia, namun tetap meminta sekutu-sekutu Barat untuk mengirimkan persenjataan lebih berat demi membantu pertahanan diri.

“Presiden Biden dan Kanselir Scholz menyatakan tekad bersama untuk terus memberikan dukungan finansial, kemanusiaan, militer dan diplomatik yang diperlukan untuk Ukraina selama diperlukan,” tegas pernyataan gabungan itu.

Pengumuman AS dan Jerman itu disampaikan setelah Prancis, awal pekan ini, mengumumkan rencana mengirimkan bantuan militer berupa kendaraan tempur lapis baja AMX-10 RC untuk pertama kalinya ke Ukraina.

Menanggapi pengumuman itu, Presiden Volodymyr Zelensky secara khusus menyampaikan apresiasi atas kontribusi Jerman. “Jerman memberikan kontribusi penting untuk mencegat semua rudal Rusia!” sebut Zelensky dalam pernyataan via Twitter.