Survei Litbang “Kompas”: 47,8 Persen Pendukung Anies Puas terhadap Pemerintahan Jokowi, 52,2 Persen Tidak Puas

Survei Litbang “Kompas”: 47,8 Persen Pendukung Anies Puas terhadap Pemerintahan Jokowi, 52,2 Persen Tidak Puas

harian-nasional.com/ – Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Litbang Kompas pada Januari 2023 menunjukkan bahwa mayoritas pendukung Anies Baswedan tidak puas dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dikutip dari Harian Kompas edisi Rabu (22/2/2023), 52,2 persen pendukung Anies mengaku tidak puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, sebanyak 47,8 persen yang menyatakan puas.

“Lebih dari separuh responden (52,2 persen) pendukung Anies Baswedan lebih condong tidak puas pada kinerja pemerintahan Jokowi-Amin,” tulis Litbang Kompas.

Menurut tim Litbang Kompas, hasil survei ini mencerminkan kecenderungan bahwa penilaian publik terhadap kinerja pemerintah masih terikat kuat pada preferensi politik, terutama pada sikap dukungan kepada Jokowi.

“Para pendukung sosok capres yang dinilai menjadi bagian dari oposisi pemerintah cenderung menyatakan angka ketidakpuasan yang lebih besar. Begitu pula sebaliknya,” tulis Litbang Kompas.

Selain Anies, sosok oposisi lain yang disurvei adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hasilnya, sebanyak 56,65 persen pendukung AHY yang mengaku puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Penilaian terhadap kinerja pemerintah yang hampir sama pun terbaca pada pendukung Ridwan Kamil di mana sebanyak 55,9 persen yang puas dengan kinerja Jokowi-Ma’ruf.

Di sisi lain, mayoritas pendukung tokoh-tokoh yang berada di kalangan pemerintah juga mengaku puas dengan kinerja Jokowi dan Ma’ruf.

Misalnya, sebagian besar pemilih Ganjar Pranowo (80,3 persen), menyatakan puas dengan kinerja pemerintah, Ganjar merupakan representasi dari PDI-P yang adalah partai penguasa saat ini.

Kolega Ganjar di PDI-P, Tri Rismaharini, mayoritas pendukungnya (69,2 persen) juga mengapresiasi kinerja pemerintah.

Kondisi itu juga berselaras pada pemilih Prabowo Subianto ataupun Sandiaga Uno yang notabene merupakan saingan Jokowi dalam pemilihan presiden sebelumnya.

Survei menunjukkan, sekitar 68,3 persen pendukung Prabowo menilai positif kinerja pemerintah. Begitu pula 75 persen pendukung Sandiaga yang berpandangan serupa.

“Bergabungnya kedua tokoh tersebut dalam jajaran menteri kabinet, sebagai bagian dari pemerintahan, membuat para pendukungnya pun tidak lagi cukup kritis menilai pemerintah,” tulis Litbang Kompas.

Survei ini berlangsung pada 25 Januari hingga 4 Februari 2023, serta melibatkan 1.202 responden dari 38 provinsi di Tanah Air.

Jajak pendapat dilakukan melalui wawancara tatap muka, dan sampel ditentukan secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat.

Survei Litbang Kompas memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, dan margin of error lebih kurang 2,83 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.