Sumbang Devisa Negara, Pertamina Lubricants Sudah Jajaki Pasar Ekspor ke 14 Negara Tujuan

harian-nasional.com/ – PT Pertamina Lubricants (PTPL) bukan bermain di pasar domestik saja, merek pelumas mesin kendaraan bermotor dalam negeri ini juga melakukan ekspansi ke pasar internasional dengan mengekspor produknya ke 14 negara.

PT Pertamina Lubricants (PTPL)

Brand Communication PT Pertamina Lubricants, Tony Setyanto mengatakan, pelumas garapan Pertamina diterima baik oleh konsumen luar. Ini membuktikan bila produk dalam negeri bisa berkompetisi agresif di tengah ketatnya industri pendukung otomotif global.

“Ada negara fokus di antaranya adalah Australia, Vietnam, dan Cina. Second priority kita ada Afrika Selatan, Timor Leste, dan Bangladesh. Sisanya adalah negara spot namun secara total tujuan (ekspor) ada 14 negara,” kata Tony di sela-sela Media Ride Pertamina Lubricants, di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (13/10).

Untuk menyesuaikan dengan regulasi, kondisi cuaca, serta lingkungan, produk pelumas Pertamina yang dikapalkan ke luar negeri ternyata memiliki spesifikasi yang berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia. Hal ini dilakukan agar performa oli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Ada perbedaan, khususnya di Australia. Karena di sana market size untuk kendaraan itu terbagi ada dari Jepang, Eropa, dan Amerika. Jadi, khusus di sana ada perbedaan spesifikasi antara yang dijual di sini (Indonesia),” katanya.

Namun sayang tak ada penjelasan secara detail spesifikasi dan bahan baku apa yang dibedakan. Meski begitu, secara garis diferensiasinya mengikuti regulasi negara masing-masing serta spesifikasi mesin kendaraan.

Diketahui PTPL sejak 2014 lalu mengakuisisi produsen pelumas di Bangkok Thailand, yang kini dikenal sebagai Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd. Fasilitas ini diproyeksi jadi ujung tombak Pertamina pelumas untuk mengembangkan pasar serta memperluas bisnis khususnya di kawasan Asia.

Tony optimis PTPL bisa terus berkomitmen untuk melakukan ekspansi bisnis ke pasar global. Sementara itu dari sisi produk, Pertamina juga bakal mempertahankan bahkan meningkatkan kualitasnya supaya lebih bisa diserap oleh konsumen.

Sebagai salah satu produsen oli terbesar di Indonesia, PTPL menawarkan ragam pelumas untuk kendaraan bermotor. Mereka meniagakan oli mesin untuk sepeda motor, mobil, truk, dan bus. Selain itu perusahaan pelat merah ini juga menawarkan ragam produk oli transmisi, oli samping, hingga cairan radiator. (KIT/TOM)