Studi: Menelepon Terlalu Lama Picu Tekanan Darah Tinggi

Studi: Menelepon Terlalu Lama Picu Tekanan Darah Tinggi

harian-nasional.com/ – Baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan panggilan telepon dengan durasi yang lama, bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan yakni meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga 12 persen.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh European Heart Journal-Digital Health, disebutkan seseorang yang berbicara lebih dari 30 menit atau lebih dalam kurun waktu satu minggu, akan rentan terhadap tekanan darah tinggi .

Bahayanya berasal dari paparan jangka pendek energi frekuensi radio tingkat rendah yang dipancarkan oleh handphone.

“Durasi yang dihabiskan orang untuk menelpon penting bagi kesehatan jantung. Semakin lama menelepon , maka risikonya lebih besar,” ujar penulis studi Profesor Xianhui Qin dari Southern Medical University, Guangzhou, China.

Pada tahun 2021, tercatat 7,91 miliar orang di dunia menggunakan handphone, dengan rata-rata menghabiskan waktu lebih dari tiga jam sehari memainkan ponsel mereka.

Dari angka tersebut, menurut WHO, hampir 1,3 miliar orang dewasa berusia 30 hingga 79 tahun di seluruh dunia memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi .

Saat melakukan studi ini, para peneliti memeriksa sebanyak 212.046 orang dewasa dengan usia 37 hingga 73 tahun tanpa riwayat hipertensi.

Mereka mengumpulkan informasi tentang penggunaan handphone dalam sehari terlebih saat melakukan dan menerima panggilan telepon.

Tidak hanya menggali informasi penggunaan handphone saja, faktor lainnya seperti indeks massa tubuh, ras, deprivasi, riwayat hipertensi keluarga, pendidikan, status merokok, tekanan darah, lipid darah, dan peradangan, turut diperhatikan.

Setelah bertahun-tahun dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa handphone nyatanya meningkatkan risiko terkena hipertensi sebesar 7 persen, bila dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak bermain ponsel.

Selain itu, berbicara melalui ponsel selama lebih dari 30 menit dalam waktu satu minggu memiliki kemungkinan 12 persen lebih besar terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang berbicara kurang dari 30 menit.

Resiko tekanan darah tinggi ini dapat terjadi baik untuk laki-laki maupun wanita. Selain itu, faktor genetika juga berperan dalam menambah risiko.

Apabila seseorang yang memiliki genetik tinggi dan menghabiskan setidaknya 30 menit per minggu untuk panggilan ponsel memiliki peluang 33% lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi . Risiko tersebut lebih besar dibandingkan dengan mereka dengan risiko genetik rendah yang berbicara di telepon kurang dari 30 menit per minggu.***