Karir  

Spesialis Pemasaran Produk, Pekerjaan Bergaji Wow asal Punya Skill Ini

Spesialis Pemasaran Produk, Pekerjaan Bergaji Wow asal Punya Skill Ini

harian-nasional.com/ – Spesialis pemasaran produk (product marketing specialist) adalah profesi yang muncul seiring perkembangan teknologi. Pekerjaan menjanjikan yang diincar banyak perusahaan dewasa ini.

Tugas yang diemban spesialis pemasaran produk sangat menarik. Di antaranya memperkenalkan berbagai produk terbaru yang dikeluarkan perusahaan.

Jika melihat tanggung jawabnya yang besar, pekerja di bidang ini akan banyak berurusan dengan divisi lainnya, seperti bagian penjualan dan manajer produk.

Spesialis pemasaran produk adalah orang yang bertugas mengembangkan sistem pemasaran, termasuk membuat berbagai materi yang akan digunakan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan atau konsumen.

Selain mengembangkan dan memaksimalkan sistem serta rencana pemasaran, spesialis pemasaran produk juga akan terlibat langsung dalam pengawasan pelaksanaan sistem tersebut.

Hal ini harus diimbangi dengan kemampuan yang baik dalam mengenal dan memahami setiap detail produk yang dihasilkan perusahaan. Di dalam menjalankan tugasnya, spesialis pemasaran produk pun harus bersinergi dengan bagian desain serta pengembangan produk.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!

Ilustrasi pekerjaan spesialis pemasaran produk

Tugas dan Tanggung jawab Spesialis Pemasaran Produk

Spesialis pemasaran produk tidak hanya harus tahu tentang produk, tetapi juga wajib turun ke lapangan melakukan riset dan mempelajari kondisi pasar. Agar dalam membuat strategi tepat ke sasaran dan memiliki potensi penjualan besar.

Penelitian tersebut nantinya akan membuahkan hasil, seperti jenis produk yang paling diinginkan pelanggan, target pasar yang akan disasar, kisaran harga yang paling tepat, dan lainnya.

Dalam melakukan riset pasar, ini yang dikerjakan spesialis pemasaran produk:

    Memantau dan menghitung potensi tren pemasaran
    Menghitung efektivitas program serta strategi yang digunakan

    Merancang metode yang dipakai dalam pengumpulan data serta mengevaluasinya

    Melakukan pengumpulan data terkait kondisi pasar, pelanggan, dan pesaing

    Mengumpulkan data terkait dengan demografis konsumen, kebiasaan konsumen, kebutuhan, dan yang lainnya.

    Mengubah data ke dalam bentuk tabel atau grafik yang lebih mudah dipahami

    Menyusun laporan dan menyajikannya kepada klien serta pihak manajemen

    Melakukan analisa pasar serta mengumpulkan data untuk kepentingan pemasaran perusahaan.

Ilustrasi pekerjaan spesialis pemasaran produk

Keahlian yang Diperlukan Spesialis Pemasaran Produk

Peran spesialis pemasaran produk dalam perusahaan sangat vital. Melihat tugas dan tanggung jawab tersebut, mereka wajib memiliki keahlian, seperti berikut ini:

1. Mampu berkomunikasi dengan baik

Spesialis pemasaran produk membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Bukan hanya dengan timnya, tetapi juga dengan divisi lain, manajemen, maupun klien, hingga calon pelanggan.

Proses pengumpulan data, evaluasi, hingga penyajiannya dalam laporan akhir tentu membutuhkan komunikasi yang baik dan lancar.

2. Berpikir kritis

Saat menjalankan tugasnya, seorang spesialis pemasaran produk harus terbiasa berpikir kritis. Memahami kondisi pasar dan menyusun strategi yang tepat untuk menembusnya merupakan tugas yang membutuhkan kemampuan berpikir cepat.

Namun demikian, setiap keputusan yang diambil haruslah tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Inilah salah satu alasan mengapa profesi ini harus memiliki kemampuan yang baik untuk selalu berpikir kritis.

Prospek Cerah dan Gaji Tinggi

Spesialis pemasaran produk sangat dibutuhkan perusahaan dalam menggolkan setiap target penjualan. Jenjang karir yang ditawarkan sangat menjanjikan.

Sejak awal, spesialis pemasaran produk didesain menjadi pemimpin yang dapat melakukan berbagai tugas yang berbeda sekaligus. Mereka harus mampu melakukan analisa, merancang, termasuk ikut mengawasi dan mengevaluasi rencana pemasaran perusahaan.

Spesialis pemasaran produk berada di bawah direktur pemasaran. Tugas dan tanggung jawabnya tentu jauh lebih berat, yakni melakukan pengawasan terhadap berbagai strategi pemasaran yang dijalankan di dalam perusahaan.

Sementara untuk gajinya, perusahaan berani membayar upah belasan sampai puluhan juta rupiah kepada spesialis pemasaran produk. Tentu tergantung kebijakan perusahaan atau skala perusahaannya.

Tingkatkan Keahlian agar Semakin Profesional

Keahlian-keahlian di atas sebetulnya bisa kamu asah. Caranya dengan perbanyak latihan, seperti membaca product knowledge, ikut seminar atau pelatihan dari pakar marketing sukses, bahkan sering terjun langsung ke lapangan untuk riset.

Dengan begitu, kamu dapat memiliki cara membangun hubungan baik dengan konsumen, mencapai target perusahaan terutama penjualan, meningkatkan rasa percaya diri dengan konsumen.

Jangan pernah merasa puas dengan satu hal. Teruslah belajar untuk menggali ilmu, kemampuan, dan keahlian yang baru. Terus berpikir positif, optimistis, bahwa kamu bisa mencapai target perusahaan.

Barengi dengan ikhtiar dan doa. Doa tanpa ikhtiar pun sama saja bohong. Begitupula ikhtiar tanpa doa, akan sia-sia.