Beauty  

Skincare AHA dan BHA Bisa Dipakai Pagi Hari, Ada Syaratnya

harian-nasional.com/

    24SHARES

Pakai Skincare/ Foto: Shutterstock

Dream – Salah satu formula penting dalam skincare yang bisa membuat kulit bersih dan membersihkan sel kulit mati adalah alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Dikutip dari KlikDokter, zat AHA memiliki banyak jenis.

Jenis yang paling sering ditemukan di dalam produk skincare adalah glycolic acid dan lactic acid. Untuk formula glycolic acid, menurut penelitian dapat meningkatkan fotosensitivitas kulit terhadap radiasi UV dari matahari.

Fotosensitivitas sendiri adalah reaksi kulit terhadap sinar UV yang menimbulkan beberapa gejala negatif. Seperti kemerahan, rasa terbakar, perih, hingga warna gelap. Memang benar bahwa skincare AHA dapat meningkatkan risiko fotosensitivitas pada kulit, namun bukan berarti AHA tidak bisa digunakan pada pagi hari.

Dalam penelitian berjudul “ Dual Effects of Alpha Hydroxy Acids on the Skin”, dijelaskan bahwa AHA dapat menjadi photoprotective jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Kulit pun bisa terlindung dari bahaya radiasi UV dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu berbagai permasalahan kulit.

Bagaimana dengan skincare BHA?

Penelitian dalam Journal of Dermatological Science menemukan, BHA tidak menyebabkan fotosensitivitas. Artinya, BHA cukup aman digunakan pada siang hari.

Skincare AHA dan BHA Aman Dipakai Siang Hari?Cara pakai skincare AHA BHA tidak sulit dan bisa digunakan kapan saja. Itu karena AHA dan BHA di bawah sinar matahari tidak langsung menimbulkan reaksi fotosensitivitas pada kulit.

Pastikan kamu memakai skincare AHA dan BHA dengan tepat. Pakai sunscreen rutin selama minimal satu minggu sampai efek dari AHA dan BHA tersebut hilangPilih skincare dengan kadar AHA dan BHA rendah, sehingga kemungkinan efek samping yang dapat ditimbulkan tidak berlebihan.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

4 Jenis Kandungan Skincare Berformula Ringan dan Aman untuk Kulit Sensitif

Dream – Pemakaian skincare dengan bahan aktif tertentu tengah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Kini semakin banyak orang yang memilih skincare berdasarkan kandungan atau bahan aktifnya. Bahkan label pada skincare turut mengalami perubahan.

Sebelumnya skincare hanya diberi label seputar fungsi dan sifat produk, seperti ‘oil control’, ‘for dry skin’, ‘deep cleansing oil’, serta lainnya. Namun sekarang label tersebut telah dilengkapi dengan informasi seputar bahan aktifnya.

Tidak sedikit produk yang mencantumkan kandungan Niacinamide, vitamin C pada label atau bahkan dijadikan nama produk.

Inilah yang membuat semua orang semakin mudah memilih skincare sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing. Sayangnya, hal tersebut belum cukup untuk memudahkan semua orang. Terutama, orang yang berkulit sensitif.

Mereka yang memiliki kulit sensitif tidak mudah cocok dengan semua bahan aktif. Retinol, Niacinamide, dan vitamin C bisa menyebabkan iritasi pada pemilik jenis kulit ini.

Meski begitu, sebenarnya orang berkulit sensitif masih bisa mencari beberapa kandungan yang merupakan bentuk lebih ringan dan tidak begitu iritatif dibandingkan bahan aktif dasarnya. Berikut beberapa jenis bahan aktif yang lebih ringan dan aman digunakan pada kulit sensitif menurut Dokter Kulit, Arini Astasari Widodo.

1. Ascorbyl Glucoside

Kandungan ini merupakan turunan dari L-ascorbic acid atau vitamin C. Sehingga, dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan efektivitas pemakaian tabir surya. Sedikit berbeda dari vitamin C, ascorbyl glucoside bersifat lebih lembut dan tidak terlalu iritatif.

© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

” Setiap bentuk vitamin C punya karakteristik masing-masing. Ascorbyl glucoside nggak iritatif, less acidic, dan lebih ramah untuk kulit sensitif,” ungkapnya dalam talkshow BarenBliss Dual Serum Vitamin C+A di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, Selasa, 27 September 2022.

2. 3-O-ethyl Ascorbic Acid atau Etherified Derivative of Ascorbic Acid (EAC)

EAC merupakan bentuk vitamin C yang lebih stabil dan mudah terserap ke dalam kulit. Formula yang stabil membuat kandungan ini lebih efektif ketika bercampur dengan bahan lainnya maupun ketika digunakan secara rutin. Selain dapat mencerahkan kulit, kandungan ini juga kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan produksi kolagen.

3. Niacinamide PC

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mungkin, kamu sudah sering mendengar niacinamide dan mengetahui manfaat pemakaiannya pada kulit. Jika pernah mengalami iritasi saat menggunakan niacinamide, kamu bisa memakai skincare yang mengandung bahan aktif ini.

Niacinamide PC bersifat lebih ringan daripada niacinamide biasa. Iritasi yang diakibatkan oleh niacinamide disebabkan oleh kandungan niacin tinggi. Sedangkan niacinamide PC diproses dengan teknologi baru dan mengandung kadar niacin lebih rendah. Sehingga, tidak terlalu berpotensi mengiritasi wajah dan lebih aman bagi kulit sensitif.

4. Yuzu Extract

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Yuzu extract merupakan bahan alami yang tinggi akan vitamin C. ” Kandungan vitamin C-nya 4 kali lebih tinggi daripada lemon dan ini bahan natural yang ada wanginya juga. Jadi, skincare udah nggak perlu kandungan parfum tambahan,” tutup Arini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”