Wisata  

Silancur Highland, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunrise di Magelang

harian-nasional.com/ – Silancur Highland Magelang saat ini sedang menjadi salah satu spot wisata di Magelang yang viral. Sehingga tidak heran setiap harinya tempat wisata di Magelang ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Spot wisata selfie di Magelang ini bisa dikatakan menawarkan suasana yang sempurna untuk dijadikan sebagai tempat berlibur. Karena lokasinya berada di dataran tinggi sehingga suasana di sekitarnya sangat sejuk. Ditambah lagi panorama alam yang disajikan di tempat ini sangatlah menarik. Karena wisatawan dapat melihat pemandangan megah dari Gunung Sumbing dan beberapa gunung lainnya.

Daya Tarik Wisata Silancur Highland Magelang

Untuk menambah gambaran Anda tentang keindahan sesungguhnya dari tempat wisata viral di Magelang ini. Kami akan menjelaskan tentang daya tarik yang bisa dinikmati wisatawan saat berada di Silancur Highland Magelang.

1. Panorama Alam

Menikmati keindahan alam adalah salah satu aktivitas terbaik untuk mengisi liburan, karena berada dekat dengan alam tubuh menjadi rileks dan pikiran akan menjadi lebih tenang. Salah satu kota di Jawa Tengah yang dapat menawarkan berbagai keindahan alamnya adalah di Magelang.

Di Magelang saat ini terdapat spot wisata alam yang sedang viral bernama Silancur Highland. Di kawasan wisata ini, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang cantik dengan sangat nyaman. Karena fasilitas seperti cafe, spot selfie dan camp area tersedia semuanya di tempat ini.

Panorama alam yang dapat dinikmati di tempat ini berupa pegunungan. Ada beberapa gunung yang bisa dilihat jelas dari sini seperti Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Tetapi untuk bisa menikmati keindahan panorama pegunungan yang ada di tempat ini, sebaiknya wisatawan berkunjung kesini saat musim kemarau. Sehingga seluruh panorama yang ada di tempat ini akan terlihat sangat jelas.

2. Tempat Camping yang Sempurna

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh objek wisata hits ini adalah terdapat tempat camping. Berkemah di kawasan ini sangat sempurna, karena fasilitas sudah lengkap dan nyaman. Camping di Silancur Highland tidak perlu repot-repot, karena di tempat ini juga sudah tersedia penyewaan perlengkapan camping. Sehingga saat Anda datang kesini tidak membawa alat camping, Anda bisa menyewanya.

Saat camping di kawasan ini suasananya juga sangat menyenangkan. Karena wisatawan bisa menikmati suasana api unggun di malam hari yang ditemani live music. Sehingga bisa dikatakan camping di kawasan ini tidak akan sepi dan menyeramkan layaknya camping di hutan atau di gunung.

3. Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Tidak hanya cocok untuk dikunjungi oleh anak muda saja, kawasan wisata ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Karena di tempat ini banyak terdapat kegiatan rekreasi yang bisa dilakukan bersama keluarga seperti camping keluarga, bermain flying fox, dan membeli sayur langsung dengan cara memetik langsung dari kebun.

4. Spot Selfie

Dan daya tarik utama yang membuat Silancur Highland Magelang adalah spot selfienya. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa spot selfie yang menarik yang bisa digunakan untuk berfoto seperti di gardu pandang, di sekitar taman bunga, di area perkemahan, di spot selfie yang ada tempat duduk dan meja terbuat dari kayu, dan spot menarik lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi wisata selfie yang memiliki panorama alam indah di Magelang ini berada di Jawa Tengah, Dusun Dadapan, Desa Mangli yang masuk dalam Kecamatan Kaliangkringrik. Lokasi lebih jelasnya berada di Kaki Gunung Sumbing di sebelah timur.

Dari pusat Kota Magelang tempat wisata ini jaraknya sangat dekat hanya 15 km dan hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 30 menit perjalanan. Untuk jalan menuju ke objek wisata ini, jalannya tidak cukup lebar dan terdapat tanjakan. Untuk sampai ke lokasinya Anda harus naik sampai ketinggian sekitar 1300 mdpl.

Rute perjalanan ke Silancur Highland Magelang bisa diawali dari Alun-Alun Kota Mengelang. Dari alun-alun arahkan perjalanan ke Barat menuju ke Bandongan. Setibanya di Bandongan lurus terus sampai menemukan pertigaan Tonoboyo belok ke arah Kalegen. Sesampainya di pertigaan bentuk Y arahkan perjalanan ke Mangli untuk sampai ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk harga tiket masuk ke Silancur Highland Magelang adalah Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk tiket anak-anak. Untuk tiket parkir motor di kawasan ini Rp 3 ribu dan tiket parkir mobil Rp 5 ribu. Sehingga bisa dikatakan berlibur di kawasan ini sangat murah dan pemandangan yang disajikan juga sangat menawan.

Untuk jam operasional buka dari jam 5 pagi sampai tutup jam 11 malam, sehingga wisatawan bisa datang di pagi hari untuk menikmati suasana sunrise memukau ataupun menikmati suasana malam yang romantis.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Berburu Spot Selfie

Saat berkunjung ke Silancur Highland Magelang tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto selfie. Wisatawan bisa menikmati beragam spot selfie yang tersedia di kawasan wisata ini. Yang menarik dari foto selfie di sini adalah latar belakang pemandangan alam pegunungan yang menakjubkan.

Dari kawasan ini saat cuaca sedang cerah, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang gunung Sumbing yang tampak sangat megah. Jika beruntung pemandangan dari beberapa gunung lainnya seperti Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi juga akan tampak jelas dari kawasan ini.

Selain berfoto dengan latar belakang gunung, di kawasan wisata ini juga terdapat spot taman yang banyak ditanami oleh bunga-bunga yang cantik. Sehingga akan membuat hasil foto yang tampak unik dan menarik.

2. Berkemah

Selain berfoto di beberapa spot selfie yang ada di kawasan wisata ini. Anda dapat menikmati suasana bermalam yang menyenangkan dengan berkemah di camp ground Silancur Highland Magelang. Walaupun saat datang kesini tidak membawa tenda, tidak usah khawatir karena disini tersedia penyewaan tenda.

Suasana malam di kawasan wisata ini sangat menyenangkan. Karena saat malam hari tiba, panorama kota Magelang tampak sangat menawan dengan gemerlap lampu perkotaannya. Ditambah lagi adanya panggung akustik yang ada di kawasan camp area membuat suasana camping terasa sangat romantis.

3. Menikmati Sunrise

Banyak wisatawan yang datang kesini juga karena ingin menikmati pemandangan terbaik dari suasana sunrisenya. Sunrise di kawasan ini menghadirkan pemandangan pegunungan sangat indah yang diselimuti kabut dan awan tebal. Langit biru yang sangat cerah ditambah warna jingga yang perlahan muncul bersamaan terbitnya matahari.

Untuk dapat menikmati suasana sunrise disini wisatawan diharuskan menginap. Wisatawan bisa menyewa tenda atau bermalam di beberapa homestay yang ada di kawasan ini. Saat menikmati suasana sunrise ini jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto selfie.

4. Mencoba Flying Fox

Selain terdapat spot selfie dan camp area, di kawasan wisata ini juga terdapat wahana Flying Fox. Wisatawan yang suka menikmati wahana yang menantang adrenalin bisa mencoba untuk menggunakan wahana flying fox. Saat menaiki tangga pada wahana flying fox, Anda juga dapat menikmati pemandangan sekitar dengan lebih leluasa dari ketinggian.

Saat bermain flying fox, Anda akan bergelantungan menyusuri seutas tali dari ketinggian ke titik finish yang berlokasi di lebih rendah. Sehingga benar-benar permainan ini hanya untuk yang memiliki keberanian dan mental yang kuat.

Fasilitas Penunjang di Silancur Highland Magelang

Untuk fasilitas yang tersedia di Silancur Highland Magelang ada spot selfie, cafe, ada mushola, sudah ada wc umum, camping ground, playground untuk tempat bermain anak-anak, tempat penyewaan tenda, dan sudah ada beberapa homestay yang bisa disewa untuk menginap. Sehingga bisa dikatakan berlibur di objek wisata ini akan puas dan nyaman. Karena fasilitas yang tersedia di tempat ini sangat lengkap dan memanjakan pengunjung.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang gambaran Silancur Highland Magelang. Anda bisa memasuki kawasan wisata ini hanya membayar tiket masuk Rp 10 ribu per pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan dan suasana liburan yang menyenangkan.

Selain itu, kawasan wisata ini juga fasilitasnya sudah lengkap sehingga saat mencari makanan dan minuman tidak kebingungan lagi. Dan untuk yang ingin menginap sudah disediakan penyewaan tenda ataupun bermalam di homestay.