Selain Buruk Buat Kesehatan, Ini Efek Negatif Merokok Di Dalam Mobil

harian-nasional.com/

Anda mungkin sudah paham tentang dampak buruk merokok bagi kesehatan. Berbagai penyakit serius dan sederet masalah kesehatan sudah mengintai apabila Anda tetap mempertahankan kebiasaan buruk tersebut. Nah, kebiasaan merokok di dalam mobil juga menyimpan banyak risiko dan efek negatif yang beberapa diantaranya sangat membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Sirkulasi kabin akan sangat tidak sehat bagi Anda dan penumpang saat merokok di dalam mobil

Memang buat perokok berat, merokok di dalam mobil dapat mengurangi stres akibat terjebak di kemacetan. Kandungan nikotin dalam rokok memang mampu membuat perokok menjadi lebih tenang. Namun di balik itu, ada potensi membahayakan dan destruktif bagi Anda dan mobil Anda. Ingin tahu lebih jauh mengenai efek negatif dari merokok di dalam mobil? simak ulasannya berikut ini.

Mengganggu konsentrasi mengemudi

Abu dan bara rokok dapat mengganggu kosentrasi Anda dan pengguna jalan lainnya

Konsentrasi menjadi hal pertama yang dipertaruhkan saat merokok di dalam mobil. Beberapa penyebabnya adalah abu dan bara rokok yang ketika mengenai mata atau tubuh Anda dan pengguna jalan lainnya akan membuat kehilangan konsentrasi mendadak dan berpotensi mengundang celaka. Bahkan di beberapa kasus, bara rokok bisa menyebabkan kerusakan serius pada indera pengelihatan Anda.

Merusak interior mobil

Bolongnya lapisan jok dan doortrim menjadi kerusakan paling umum yang diakibatkan merokok di dalam mobil

Selain mengganggu konsentrasi mengemudi, kebiasaan merokok di dalam mobil juga dapat merusak beberapa komponen interior mobil. Jok, plafon dan doortrim menjadi komponen interior yang paling mudah rusak jika terkena bara rokok, seperti bolong atau timbulnya noda kekuningan. Anda pun harus keluar dana untuk memperbaiki kerusakan interior mobil hanya akibat dari kebiasaan merokok di dalam mobil.

Timbul bau tak sedap di interior mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil juga menimbulkan bau tak sedap pada kabin

Kebiasaan merokok di dalam mobil juga berpotensi menimbulkan bau tak sedap pada interior mobil Anda. Penyebabnya lantaran AC mobil akan menghisap udara dari interior untuk disalurkan ke evaporator dan didinginkan, lantas kembali disirkulasikan ke kabin mobil. Sirkulasi AC inilah yang membuat interior mobil Anda mudah menimbulkan bau tak sedap ketika kerap merokok di dalamnya. Bau rokok yang menempel di jok atau asap rokok akan terhisap dan tersirkulasikan kembali pada kabin, sehingga dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan bau tak sedap.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”