SEA Games 2023: Daftar Kejadian Unik Hingga Tak Menyenangkan yang Dialami Indonesia di Kamboja

SEA Games 2023: Daftar Kejadian Unik Hingga Tak Menyenangkan yang Dialami Indonesia di Kamboja

harian-nasional.com/ – Indonesia mengalami sejumlah kejadian tidak menyenangkan di ajang SEA Games 32 2023 Kamboja . Selain itu, ada insiden unik yang terjadi.

Sebelum pertandingan dan perlombaan SEA Games 2023 dimulai, ada upacara pembukaan yang dilakukan. Dalam agenda tersebut, Indonesia mengalami hal yang tidak menyenangkan yaitu bendera yang dipasang terbalik.

Ada dua bendera Indonesia yang dipasang terbalik pada upacara pembukaan SEA Games 2023. Merah yang seharusnya di atas, dipasang berada di bawah.

Peristiwa tersebut terjadi saat salah satu penyanyi lokal Kamboja diiringi penari yaang membawa bendera dari 11 negara peserta SEA Games 2023. Menpora Kamboja , Hang Chuon Naron meminta maaf kepada Indonesia atas insiden tersebut.

Kejadian tidak menyenangkan lainnya yaitu momen pengalungan medali untuk nomor jalan cepat putra. Perwakilan Indonesia , Hendro Yap menjadi pemenang lomba cabang olahraga (cabor tersebut).

Ketika naik podium dilakukan pada malam hari, tidak ada lampu sorot yang menerangi. Pencahayaan kemudian dilakukan dengan menggunakan lampu mobil.

Pada Senin, 8 Mei 2023 malam waktu setempat, kejadian tidak menyenangkan menimpa atlet badminton putri Indonesia . Atap kamar yang ditempati Komang Ayu, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari bocor dan menyebabkan banjir.

Kebocoran tersebut terjadi pada saat Phnom Penh diguyur hujan. Komang Ayu, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari dikabarkan akan pindah ke gedung lain.

Selain kejadian tidak menyenangkan, ada hal unik yang juga terjadi dan dialami perwakilan Indonesia di SEA Games 2023. Kejadian tersebut terjadi ketika momen naik podium untuk para juara cabor maraton putri.

Odekta Elvina Naibaho yang mewakili Indonesia menjadi juara dalam cabor maraton. Dalam momen tersebut, ada hal unik yang menjadi sorotan.

Alih-alih menggunakan besi untuk mengibarkan bendera para juara, panitia pelaksana SEA Games Kamboja menggunakan tiang manusia. Bendera yang berkibar dipegang oleh tiga orang dengan lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Selain itu, kursi untuk timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 juga menjadi sorotan. Pasalnya, pihak panitia pelaksana menggunakan kursi plastik.***