Samsung Bikin VoNR, Teknologi Panggilan Suara Penerus VoLTE

harian-nasional.com/ – Samsung mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru, yakni VoNR (Voice over New Radio). Teknologi ini akan menjadi solusi panggilan suara di jaringan 5G.

VoNR bekerja seperti VoLTE (Voice over LTE) yang ada di jaringan 4G. Tanpa VoLTE, terkadang jaringan yang digunakan akan turun ke 3G atau 2G ketika perangkat melakukan panggilan suara.

Hal itu juga terjadi di jaringan 5G. Meskipun koneksi utama perangkat ada di jaringan 5G, koneksi akan turun ke layanan 4G saat melakukan panggilan telepon, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Sammobile.

Dengan VoNR, perangkat akan mengunci jaringan 5G ketika sedang melakukan panggilan suara. Sehingga, pengguna masih tetap bisa berselancar dengan internet atau bermain game online saat mengangkat telepon, sama seperti teknologi VoLTE.

VoLTE sendiri selain memberikan kualitas HD Voice, layanan VoLTE juga memungkinkan pengguna bisa tetap terhubung dengan internet, meskipun ada panggilan seluler masuk.

Sebagai informasi tambahan, VoLTE sendiri berbeda dengan layanan WhatsApp, atau Line, Telegram dan sebagainya, meskipun sama-sama menggunakan data.

VoLTE menggunakan data pada jaringan 4G LTE, yang mampu memberikan kualitas suara sekelas HD (high definiton), dengan beberapa keunggulan lain.

Samsung mengatakan, VoNR akan bisa digunakan seluruh produsen smartphone 5G dan operator seluler di seluruh dunia. Samsung berencana menawarkan solusi VoNR di dalam system on chip (SOC) 5G buatannya.

“Dengan peningkatan pengguna smartphone 5G, ada permintaan yang tinggi untuk beberapa teknologi dan layanan 5G. Kami akan terus memberikan teknologi komunikasi mobile generasi mutakhir, termasuk dukungan layanan VoNR, yang akan menyatukan pengguna lebih cepat,” jelas Vice President System LSI Business Samsung Electronics, Jongham Kim dalam blog resmi Samsung.

VoNR juga disebut akan memberikan pengalaman koneksi panggilan yang lebih cepat dari generasi sebelumnya. Solusi VoNR yang dikembangkan Samsung turut mencakup IMS (IP multimedia Subsytem), Quality of Service (QoS), dan mekanisme pengalihan.

IMS menjadi teknologi penting di pengembangan VoNR. Ia akan diandalkan untuk multitasking, seperti audio, video, dan layanan data melalui jaringan IP tunggal. IMS Samsung dirancang untuk kompatibilitas yang stabil antara layanan 5G VoNR dan 4G LTE.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Selain itu, Samsung juga mengembangkan QoS system yang yang bertugas mengelola lalu lintas data untuk mengurangi pakcet loss, latensi, dan jitter pada jaringan.

QoS system menganalisis aliran data secara real-time dan kemudian memprioritaskan layanan utnuk panggilan suara yang lebih stabil.

Samsung akan melakukan uji coba penerapan 5G VoNR dengan operator seluler global untuk meningkatkan kinerjanya.

Pada Juli lalu, Samsung bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi di Singapura untuk menyelenggarakan solusi VoNR terintegrasi secara komersial untuk pertama kalinya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”