Rusia, AS hingga China Bakal Hadiri Latihan Non-Perang MNEK 2023 TNI AL

Rusia, AS hingga China Bakal Hadiri Latihan Non-Perang MNEK 2023 TNI AL

harian-nasional.com/ – Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan, belasan negara mengonfirmasi hadir dalam latihan bertajuk 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

“Untuk keterlibatan negara sahabat, sudah terkonfirmasi sekitar 12-18 negara yang akan mengirimkan kapal perangnya,” kata Ali dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Senin (22/5/2023) petang.

Dari belasan negara tersebut, Amerika Serikat , Rusia dan China mengonfirmasi hadir dalam latihan non-perang itu.

“Negara-negara sahabat yang akan terlibat pada kegiatan MNEK 2023 ini antara lain Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya,” ujar Ali.

KSAL menyampaikan bahwa MNEK 2023 akan dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 4-8 Juni.

“(Latihan) ini akan melibatkan kapal TNI AL dari semua satuan, baik Koarmada I, II, III maupun Kolinlamil dengan Pangkoarmada II sebagai ketua panitia,” kata Ali.

MNEK merupakan kegiatan latihan dua tahunan yang digelar oleh TNI AL dengan diikuti Angkatan Laut dari negara-negara sedunia.

Diberitakan sebelumnya, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Armada II Laksamana Pertama (Laksma) Denny Prasetyo mengatakan bahwa MNEK 2023 bertema penanggulangan bencana atau “humanitarian assistant for disaster relief“.

“Karena sebenarnya MNEK ini adalah kegiatan yang bersifat non war fighting exercise. Jadi khusus kami acarakan atau rencanakan untuk kegiatan yang bersifat bantuan kemanusiaan atau bantuan terhadap bencana alam. Itu event yang akan kami maksimalkan pada saat nanti di Makassar nanti,” kata Denny di Kemayoran, Jakarta Pusat, 21 Desember 2022.