Rangkuman Hari Ke-325 Serangan Rusia ke Ukraina: Rudal Hantam Kyiv, Inggris Janji Kirim Tank

harian-nasional.com/

KYIV, KOMPAS.com – Serangan Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-325 pada Sabtu (14/1/2023) sejak dimulai pada 24 Februari 2022.

Berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-325, sebagaimana dilansir Reuters.

Pertempuran

Serangan rudal Rusia menghantam infrastruktur-infrastruktur penting di Kyiv dan Kharkiv pada Sabtu pagi.

Sebuah perusahaan kelistrikan memberlakukan pemadaman listrik darurat di Kyiv dan dua wilayah lainnya.

Rusia mengeklaim pasukannya telah menguasai Kota Soledar di Ukraina timur. Namun Kyiv mengatakan pasukannya masih bertempur di kota itu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukan Ukraina terus bertempur di Soledar, sebuah kota tambang garam kecil, dan beberapa kota lain di wilayah Donetsk.

Senjata

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyampaikan ambisi London untuk mengirim beberapa tank tempur utamanya ke Ukraina bersama dengan dukungan artileri tambahan.

Perancis berencana untuk mengirimkan tank tempur ringan AMX 10-RC ke Ukraina dalam dua bulan ke depan.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, Belarus dapat ikut memasuki konflik di Ukraina jika Kyiv memutuskan untuk “menyerang” salah satu negara.

Rusia memanfaatkan Belarus sebagai batu loncatan untuk menyerang Ukraina pada Februari 2022, dan sejak Oktober 2022 telah mengerahkan pasukan di Belarus untuk latihan militer bersama.

Diplomasi dan ekonomi

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, setelah bertemu Presiden AS Joe Biden di Washington pada Jumat, menekankan pentingnya menghadapi invasi Rusia.

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menuduh Kishida telah tunduk secara memalukan di hadapan AS.

Sejumlah ekonom menyampaikan, Rusia terlalu bergantung pada pendapatan minyaknya untuk mendukung anggarannya karena pengeluaran militer membengkak.

Mereka memperingatkan bahwa Pemerintah Rusia mungkin harus menaikkan pajak jika harga minyak mentah gagal memenuhi ekspektasi tahun ini.

Sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin menyarankan untuk menyita properti dan aset warga Rusia yang mendiskreditkan angkatan bersenjata dan menentang perang di Ukraina.

Setidaknya empat kapal super tanker milik perusahaan China mengirimkan minyak mentah Ural Rusia ke China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.