Ragam Buah yang Perlu Dihindari Pemilik Golongan Darah O

harian-nasional.com/ – Tak bisa dipungkiri, buah-buahan adalah bahan makanan yang dapat memberikan cukup banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Namun pada kenyataannya, ada klasifikasi buah-buahan yang lebih cocok dan kurang cocok dikonsumsi oleh seseorang dengan mempertimbangkan perbedaan golongan darah .

Bagi para pemilik golongan darah O misalnya.

Melansir Buku Diet Sehat Golongan Darah O (2015) oleh Wied Harry Apriadji, bagi golongan darah O, buah tidak semata-mata merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, tetapi bisa menjadi pilihan makanan mengenyangkan yang lebih sehat untuk menggantikan makanan pokok, seperti pasta, roti, maupun nasi.

Apabila pemilik golongan darah O memilih menyantap buah daripada selembar roti, sepiring pasta atau nasi, maka sistem pencernaan mereka akan dapat bekerja lebih baik.

Tak hanya itu, pada saat bersamaan, kelebihan berat badan pada pemilik golongan darah O itu pun bisa berkurang atau menyusut.

Buah yang perlu diwaspadai pemilik golongan darah O

Meski demikian, ada saja jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok bagi pemilik golongan darah O.

Hal itu merujuk pada sifat sistem pencernaan golongan darah O yang sangat asam.

Di mana, para pemilik golongan darah O tak dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang juga mengandung asam untuk mengurangi risiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Berikut ini beberapa contoh buah-buahan yang patut dihindari pemilik golongan darah O karena kandungan asamnya kurang bersahabat:

  • Jeruk orange
  • Jeruk keprok
  • Jeruk Pontianak
  • Jeruk medan
  • Jeruk garut
  • Stroberi

Para pemilik golongan darah O ini melainkan disarankan untuk lebih memilih buah-buahan pembentuk basa guna menghindari masalah kesehatan tersebut.

Buah plum, prune (plum kering), dan buah ara (fig) dianggap sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O.

Warna merah gelap, biru, dan ungu gelap pada buah itu mengisyaratkan bahwa buah dapat memberikan reaksi basa di dalam sistem pencernaan.

Jeruk grapefruit juga boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan. Meski kandungan asamnya tinggi, tetapi buah ini termasuk makanan pembentuk basa setelah dicerna.

Buah pembentuk basa yang patut diwaspadai juga

Meski terbukti baik, tidak semua buah pembentuk basa ternyata baik bagi pemilik golongan darah O. Sebagai contoh, buah melon.

Beragam jenis melon terbukti bersifat membentuk basa tetapi buah ini cukup banyak mengandung jamur.

Padahal tubuh golongan darah O sangat sensitif terhadap jamur.

Maka dari itu, buah melon dan semangka sebaiknya dikonsumsi oleh pemilik darah O dalam jumlah yang secukupnya saja.

Sementara, khusus melon jenis honeydew dan blewah disarankan dihindari sama sekali karena kandungan jamurnya paling tinggi.

Buah-buahan beri juga bagus bagi kesehatan pemilik golongan darah O, seperti ciplukan atau gooseberry. Namun, blackberry sebaiknya dihindari karena mengandung lektin yang dapat mengganggu sistem pencernaan golongan darah O.

Sementara itu, rajin mengonsumsi jus nanas juga bisa sangat membantu mencegah dan mengatasi retensi air dan perut kembung.

Dua hal itu diketahui berperan dalam kegemukan pada tubuh pemilik golongan darah O.

Anda pun disarankan menyantap buah 3-4 kali per hari. Pada masing-masing kesempatan, Anda sebaiknya makan 1 buah atau 85-100 gram.

Akan lebih baik dan sehat, Anda rutin sekaligus mengonsumsi jus buah atau sayuran 2-3 kali per hari, masing-masing 1-2 gelas atau 250-500 ml.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”