Wisata  

Pulau Samalona Makassar, Jadi Pulau Mungil Yang Unik dan Menawan

harian-nasional.com/ – Lokasi: Kecamatan Wajo, Makassar, Sulawesi SelatanBuka/Tutup: 24 jamMap: KlikDisini

Membicarakan Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari beragam kisah yang melegenda, negara dengan gugusan-gugusan pulau ini juga menawarkan keindahan pariwisatanya.

Hal ini terbukti dengan banyaknya lokasi wisata bisa Anda temukan di Indonesia dimana ia tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di dalam artikel ini akan diulas salah satu lokasi wisata yang begitu indah dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja yaitu Pulau Samalona yang berada di Sulawesi Selatan.

Lokasi Pulau Samalona

Pulau Samalona atau Samalona Island bisa Anda temukan di Indonesia bagian timur yaitu di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pulau yang dihuni oleh masyarakat bugis ini bisa Anda kunjungi di bagian barat Kecamatan Wajo. Letak lokasinya juga sangat strategis karena berdekatan dengan Pantai Losari.

Wisatawan yang ingin datang ke pulau ini bisa dengan menyewa perahu dengan menempuh jarak dari Benteng Fort Roterrdam kurang lebih 4,3 km saja.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, bisa menggunakan moda transportasi pesawat, turun di Bandara Makassar, setelah itu menuju Wajo menggunakan alat transportasi umum.

Rute Menuju Lokasi Wisata

da beberapa rute yang harus Anda tempuh agar bisa mencapai ke titik wisata yaitu dari Bandara Sultan Hasanuddin kemudian Anda bisa menuju ke pusat Kota Makassar. Banyak kendaraan umum yang bisa Anda gunakan mulai dari menyewa mobil, menaiki taxi, dan bus Damri.

Selama perjalanan menuju ke pusat kota, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 15.000 per orang.

Dari pusat kota, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Benteng Fort Roterrdam baik dengan menyewa kendaraan atau menaiki transportasi umum atau pete-pete. Dari benteng, Anda dipersilahkan untuk memilih dua jalur penyeberangan yaitu melalui Dermaga Popsa atau Dermaga Kayu Bangkoa.

Untuk bisa menyeberang Anda akan dikenai biaya dari menyewa perahu yaitu sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 dengan kapasitas mencapai 10 orang. Apabila Anda pandai dalam hal tawar menawar, maka harga tersebut bisa diturunkan sehingga menjadi lebih terjangkau.

Tak jarang Anda akan diberikan informasi berupa tawaran paket tour untuk mengunjungi beberapa pulau dalam 1 hari perjalanan.

Kisah di Balik Pulau Samalona

Pulau yang banyak diceritakan oleh masyarakat bahwa masih perawan atau alami ini ternyata memiliki kisah dibalik keindahannya. Jika Ada sampai di lokasi, Anda akan menemukan sebuah papan nama yang bergantung di dermaga.

Papan nama tersebut bertuliskan 7 nama yang digadang-gadang sebagai pemilik pulau yakni mereka-mereka yang pertama kali tinggal di pulau ini.

Hingga saat ini, salah satu keunikan dari Pulau Samalona yaitu penghuninya memiliki wajah yang hampir mirip karena berasal dari satu keturunan.

Bukan hanya itu, pulau yang saat ini memiliki luas hanya sekitar 2 hektar dari tahun ke tahun semakin menyusut. Bahkan dikabarkan ia akan hilang pada tahun 2022 karena abrasi pantai.

Keindahan Pulau Samalona

Pulau mungil ini menawarkan keindahan bahari yang tiada duanya, Anda bisa membuktikannya dengan mencari beragam ulasan atau profil Pulau Samalona di internet. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, banyak masyarakat menyebut pulau Samalona sebagai surga bagi para penyelam.

Ini terbukti dengan banyaknya biota laut bisa Anda temui. Tak hanya kehidupan bawah laut, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Pulau yang terkenal dengan karakteristik banyaknya batu koral ini menjadi spot foto yang bagus.

Anda bisa mengambil gambar di berbagai sudut bahkan saat sedang menyelam bersama ikan-ikan kecil nan cantik. Momen romantis dengan menikmati matahari terbenam juga menjadi pemandangan yang sayang untuk Anda lewatkan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata yang Bisa Anda Nikmati

Berkunjung ke pulau Samalona Anda tidak ada harga tiket masuk khusus yang harus Anda bayar. Anda cukup melakukan persewaan perahu untuk menyeberang pulau dan bisa menghabiskan waktu di sana.

Di pulau mungil ini beragam fasilitas bisa Anda nikmati yaitu minimarket, toilet, rumah makan, saung, penginapan atau hotel, listrik, dan air bersih. Untuk yang ingin melakukan diving atau snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan dengan kisaran harga Rp 50.000- Rp 100.000.

Penginapan di Pulau Samalona juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 200-000 hingga Rp 500.000 per malam sehingga bisa menghemat budget liburan Anda.

Tips Berwisata

Agar liburan Anda maksimal dan menyenangkan selama di Pulau Samalona, berikut ada beberapa info tips wisata yang bisa Anda terapkan:

1. Pastikan Anda waspada terhadap adanya calo saat akan melakukan penyeberangan terutama di Benteng Fort Roterrdam.

2. Anda harus berani dan pandai dalam melakukan tawar-menawar agar mendapatkan harga terjangkau untuk berwisata.

3. Jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk.

4. Datanglah saat musim panas untuk bisa menikmati sunset terbaik di Pulau Samalona

5. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan aktivitas Anda saat snorkeling atau diving.