Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim Bakal Bisa Diedit?

Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim Bakal Bisa Diedit?

harian-nasional.com/ – WhatsApp nampaknya bakal memungkinkan pengguna untuk menyunting, alias mengedit teks pesan (chat) yang sudah terkirim.

Pasalnya, WhatsApp diyakini tengah menyiapkan fitur berupa tombol edit chat di pesan WhatsApp. Tombol tersebut nantinya yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengedit pesan yang sudah dikirimkan.

WABetaInfo (situs yang kerap membocorkan fitur terbaru WhatsApp) baru-baru ini kembali mengunggah kebaruan dan informasi terkini dari pengembangan fitur tersebut.

Dalam blog resminya, WABetaInfo menuliskan bahwa WhatsApp beta (Android) untuk versi 2.22.20.12 tengah dipersiapkan dengan fitur mengedit chat yang telah terkirim.

Fitur “edit text message” ini nanti akan memiliki tombol edit chat yang bisa ditemukan dengan cara menekan gelembung chat (bubble chat) yang ingin diedit.

Setelah itu klik ikon tiga di bagian kanan atas, pengguna akan menemukan opsi “edit”, “info”, dan “copy” chat. Pilih opsi “edit” untuk mengedit pesan.

Pesan yang ingin diedit akan secara otomatis muncul di kolom chat. Nah, di kolom itulah pengguna dapat mengubah pesan yang sudah dikirim sebelumnya. Misalnya, memperbaiki kesalahan ketik (saltik), menambah kata, mengganti/menambah emoji baru.

Namun, apabila pengguna tidak memiliki WhatsApp versi terbaru, pesan yang sudah diedit itu tidak dapat langsung terlihat.

Dikarenakan WhatsApp bakal meminta pengguna untuk terlebih dulu melakukan pembaruan aplikasi (update) ke versi paling baru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (21/9/2022).

Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim Bakal Bisa Diedit?

Notifikasi pembaruan aplikasi tersebut, menurut WABetaInfo, menunjukkan bahwa WhatsApp sedang dalam proses pengerjaan fitur untuk versi WhatsApp Android selanjutnya.

Masih belum diketahui bagaimana kelanjutan dari kebaruan fitur edit pesan ini. Sebab, WhatsApp sendiri juga belum membocorkan berapa banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengubah pesan yang sudah dikirim, hingga kapan fitur ini diuji coba ke pengguna.

Kehadiran fitur ini di WhatsApp pun tampaknya sudah “ketinggalan”. Apabila dibandingkan dengan kompetitornya, Telegram, aplikasi tersebut terpantau sudah menyediakan fitur edit pesan sejak 2016 lalu.

Chat yang sudah diedit akan dilabeli “edited” yang mengartikan pesan tersebut sudah mengalami perbaikan/perubahan. Namun, pengguna Telegram hanya dapat menyunting pesan maksimak 48 jam atau sekitar dua hari setelah pesan terkirim.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”