Crypto  

Persib Akan Jual Fan Token, Apa Manfaatnya bagi Bobotoh?

harian-nasional.com/ – — Persib mengumumkan akan menjual atau menawarkan Fan Token Offering (FTO) pada tanggal 27 September 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Business Intelligence Persib, Putra Kartono, dalam acara Sampurasun dengan tema “Mengenal Fan Token Socios dan Manfaatnya” di 1933 Dapur & Kopi, 9 September 2022.

Lalu apa manfaatnya bagi bobotoh?

Putra mengatakan sedikitnya ada tiga manfaat. Pertama suporter bisa berinteraksi secara langsung dengan klub dengan cara yang baru dan berbeda. Kedua, bobotoh memiliki “suara” untuk menentukan masa depan klub. Ketiga, bobotoh yang memiliki fan token berpotensi mendapat berbagai macam reward.

Dia menggarisbawahi manfaat kedua, di tahap awal ini “suara” bobotoh belum bisa masuk ranah kebijakan Persib yang sifatnya fundamental. Misalnya menentukan pelatih atau pemain baru.

Sebagai fase perkenalan, pihaknya sudah menyiapkan delapan polling dimana bobotoh yang memiliki token Persib dapat berpartisipasi untuk menyampaikan suaranya.

“Polling pertama, kami akan berikan empat pilihan desain bench pemain. Nanti bobotoh silakan memilih mana yang paling disukai,” katanya.

Dia juga menyebutkan beberapa rencana polling lainnya seperti pemilihan desain jersey atau chant resmi Persib.

Dari sudut pandang ahli, Pemimpin Redaksi portalkripto.com Iqbal Lazuardi, mengatakan teknologi blockchain masih terbilang baru di Indonesia. Teknologi blockchain telah memberikan dampak terhadap perekonomian dengan melahirkan mata uang kripto yang membuat transaksi menjadi lebih murah dan mudah.

“Sekarang ini yang terjadi rata-rata orang mengenal kripto untuk trading dan investasi dan lain-lain. Tapi belum banyak yang mengenal teknologi blockchain. Teknologi blockchain tidak hanya soal kripto saja. Masih banyak manfaat yang belum bisa kita prediksi akan seperti apa ke depannya,” terang Iqbal.

Berkaitan dengan fan token, Iqbal menyebut rencana Persib untuk meluncurkan token adalah sebuah keputusan tepat. Menurutnya, fan token akan memiliki nilai yang membuatnya bertahan selama dia memiliki utilitas.

Fan token Persib diluncurkan bekerja sama dengan platform fan engagement Socios.com. Kemitraan kedua pihak ditandatangani pada Juni silam.

Melalui sambungan jarak jauh, Director of Corporate Affairs Socios.com James Newmann, menambahkan fan token dapat mendekatkan hubungan bobotoh dengan Persib. Tidak hanya kepada klub saja, fan token juga bisa menjadi alat untuk mempererat hubungan antarbobotoh.

“Di sini, kami ingin memperkenalkan fan token Persib yang merupakan aset digital untuk memberi akses kepada suporter sehingga bisa berinteraksi dengan klub kebanggaannya, juga menjadi wadah interaksi antar suporter,” kata Newmann yang saat ini tinggal di London.

Sementara Partnership Director Socios.com, Karim Virani, menyebut kerja sama dengan Persib adalah sebuah kehormatan.

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk terlibat di dalam kesempatan ini. Kami juga hidup sebagai fans dan karena itu kami ingin seluruh suporter bisa lebih dekat dan terlibat di dalam klub yang mereka banggakan,” katanya.