Crypto  

Pergerakan Aset Kripto dalam Sepekan: Sentimen Pasar Masih Terjaga di Tengah Koreksi Harga

Pergerakan Aset Kripto dalam Sepekan: Sentimen Pasar Masih Terjaga di Tengah Koreksi Harga

harian-nasional.com/ – — Penutupan kandil mingguan pada sebagian besar aset kripto kembali ditutup merah dengan penurunan yang cukup signifikan.

Pelaku pasar tengah bersiap menghadapi agenda penting yang diyakini akan menjadi pemicu terjadinya volatilitas tinggi pada pasar kripto. Laporan Indeks Harga Konsumen atau yang dikenal dengan istilah CPI (Consumer Price Index) Amerika Serikat (AS) akan diumumkan Selasa, 14 Februari 2023, pukul 20.30 WIB.

Dilansir dari investing.com, Core CPI (MoM) bulan Januari diperkirakan tidak ada perubahan, tetap berada pada level 0,4%, sedangkan CPI (MoM) diperkirakan mengalami kenaikan menjadi 0,4%, sebelumnya 0,1%, dan CPI (YoY) diperkirakan turun 0,3%, dari 6,5% menjadi 6,2%.

Bitcoin sebagai aset kripto dengan kapitalisasi tertinggi mengalami penurunan sebesar 5%, diikuti oleh ETH dengan penurunan yang cukup signifikan sebesar 7,01%, dan BNB mencatatkan penurunan sebesar 4,64% pada penutupan kandil mingguan pagi ini.

Ditengah penurunan yang dirasakan oleh top 3 major coin, beberapat altcoin berhasil mencatatkan kenaikan harga tinggi, seperti ROSE dengan kenaikan sebesar 42,18%, MINA dengan kenaikan sebesar 26,01%, dan HBAR mencatatkan kenaikan sebesar 24,18%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali mengalami penurunan sebesar 4,70%, ditutup pada level 968,047 miliar, dengan titik tertinggi berada pada level $1,051 triliun, dan titik terendah berada pada level $950,293 miliar.

Meskipun terjadi penurunan harga pada sebagian besar aset kripto, sentimen pasar kripto masih terjaga dan stabil. Hal tersebut terlihat dari pergerakan sideways pada fear and greed index di area level 48-58.

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, dan BNB dalam sepekan.

BTC/USD 1W Coinbase

Pergerakan harga Bitcoin kembali mengalami koreksi. Kandil mingguan Bitcoin ditutup merah dengan penurunan sebesar yang cukup signifikan, sebesar 5%.

Tekanan beli yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab terjadi penurunan harga Bitcoin. Hal tersebut terlihat dari penurunan yang terjadi pada relative strength index (RSI).

Weekly candle BTC pagi ini ditutup pada harga $21.789, level tertinggi berada pada harga $23.451 dan level terendah berada pada harga $21.467.

Penurunan harga Bitcoin terlihat menyentuh resistance yang berubah fungsi menjadi titik support yang merupakan harga tertinggi penutupan kandil mingguan 31 Oktober di level $21.478.

Selain itu, pergerakan harga Bitcoin kembali retest ascending line yang saat ini bertindak sebagai support.

Respon terhadap penurunan yang menyentuh titik support tersebut akan menjadi penentu arah pergerakan harga Bitcoin selanjutnya.

Pergerakan harga Bitcoin mempunyai peluang untuk kembali bergerak naik apabila titik support tersebut berhasil menahan penurunan harga saat ini dan mampu menyokong untuk merubah arah tren.

Tetapi apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakdown titik support saat ini, kemungkinan penurunan harga akan berlanjut untuk retest dinamis support pada 20-week exponential moving average (EMA) di level $20.535.

ETH/USDT 1W Kucoin

ETH mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah dua pekan ditutup doji. Kandil mingguan ETH ditutup merah dengan penurunan sebesar 6,99%.

Weekly candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.515, level tertinggi berada pada harga $1.697 dan level terendah berada pada harga $1.490.

Laju bullish ETH mengalami penolakan ketika menyentuh resistance yang merupakan penutupan kandil mingguan 24 Oktober di level $1.663, yang berakibat terjadinya penurunan harga.

Penurunan harga ETH terlihat mendekat 20-week EMA sebagai dinamis support terdekatnya pada level $1.465.

Apabila pergerakan harga ETH mampu breakdown support terdekatnya, maka penurunan harga diperkirakan akan berlanjut dengan support selanjutnya berada pada harga tertinggi tahun 2018 di level $1.430.

BNB/BUSD 1W Binance

BNB akhirnya ditutup merah setelah enam pekan konsisten melaju naik. Kandil mingguan BNB ditutup dengan penurunan sebesar 4,58%.

Weekly candle BNB pagi ini ditutup pada harga $312,8, level tertinggi berada pada harga $335,8 dan level terendah berada pada harga $302,2.

Laju bullish BNB mengalami penolakan ketika mencoba breakout harmonic resistance pada fibonacci retracement ratio 0.5 di level $321,7.

Penolakan tersebut mengakibatkan penurunan yang terjadi pada penutupan kandil mingguan pagi ini.

Dinamis support pada 20-day EMA di level $289 menjadi tahanan sela njutnya apabila pergerakan harga BNB lanjut koreksi.

Breakout harmonic resistance di level $321,7 menjadi kunci untuk kembali mendapatkan sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Dogecoin (DOGE) Lanjutkan Tren Bullish Di Tengah Koreksi Tiga Koin “Besar”

In “Altcoin”

Pasar Mata Uang Kripto “Kebakaran” Ini Sejumlah Penyebabnya

In “Analisis Pasar”

Sentimen yang Bikin Pasar Bitcoin Kembali Bergairah

In “Bitcoin”