Tekno  

Perbedaan Twitter Blue dan Twitter Biasa: Bisa Edit Tweet hingga Durasi Video Unggahan tapi Tak Bebas Iklan

Perbedaan Twitter Blue dan Twitter Biasa: Bisa Edit Tweet hingga Durasi Video Unggahan tapi Tak Bebas Iklan

harian-nasional.com/ – Twitter Blue telah dirilis di Indonesia sejak Kamis, 9 Februari 2023. Penggunaan secara berlangganan di media sosial berlogo burung biru itu pun memiliki sejumlah perbedaan dengan penggunaan secara gratis.

Dengan berlangganan per bulan, Twitter Blue menawarkan akses eksklusif ke fitur premium yang memungkinkan pengguna menyesuaikan pengalaman Twitter. Twitter Blue tersedia untuk pembelian dalam aplikasi di Twitter untuk iOS dan Android, atau di twitter.com melalui mitra pembayaran, Stripe.

Lalu, apa perbedaannya? Berikut, Pikiran-Rakyat.com rangkum berbagai perbedaan Twitter Blue dengan Twitter biasa.

Melalui Lab, pelanggan Twitter Blue bisa mendapatkan akses awal ke berbagai fitur yang sedang diuji, sebelum diluncurkan kepada semua orang. Nantinya, Fitur-fitur dalam Lab bisa berubah seiring waktu. Beberapa mungkin dihapus, diluncurkan kepada semua akun Twitter, atau hanya dirilis untuk pelanggan.

1. Unggahan Video 1080p

Pelanggan Twitter Blue bisa mengunggah dan Tweet video yang berdurasi hingga 10 menit, dengan kualitas video mencapai 1080p. Fitur ini tersedia untuk iOS, Andrioid, dan Twitter.com (Desktop), tetapi tidak untuk mobile.twitter.com.

2. Foto Profil NFT

Twitter menambahkan NFT sebagai foto profil pelanggan Twitter Blue , sehingga pengguna dapat memamerkan NFT miliknya dalam foto profil berbentuk heksagon di akunnya. Dengan menyiapkan gambar profil NFT, pengguna bisa mengaitkan akunnya dengan alamat wallet kripto publiknya yang terhubung.

Ini berarti akun Twitter pelanggan akan terkait dengan transaksi dan simpanan wallet kripto saat ini dan historis, termasuk semua NFT lain dalam wallet tersebut, karena informasi ini semuanya tersedia di blockchain publik. Fitur ini tersedia untuk iOS dan Andrioid, tetapi tidak untuk mobile.twitter.com, dan Twitter.com (Desktop).

3. Tab Spaces

Pelanggan Twitter Blue bisa menikmati fitur antarmuka baru dalam Spaces yang memudahkan akses ke konten audio, yang saat ini tengah diuji coba. Di Tab Spaces baru, pengguna bisa menemukan podcast, stasiun audio bertema, rekaman Spaces, dan Spaces langsung.

Akan tetapi, untuk menikmati fitur ini, pengaturan bahasa dalam aplikasi harus diatur ke bahasa Inggris. Tab Spaces tersedia untuk iOS dan Andrioid, tetapi tidak untuk mobile.twitter.com, dan Twitter.com (Desktop).

4. Edit Tweet

Fitur Edit Tweet memberikan pengguna waktu 30 menit untuk melakukan sejumlah perubahan pada Tweet asli yang diunggah. Gunakan fitur ini untuk melakukan perubahan, menandai seseorang, atau menyusun ulang media dalam Tweet.

Setelah pengguna menerbitkan Tweet atau Tweet Kutipan, mereka akan melihat notifikasi bertuliskan Tweet telah terkirim. Batas waktu untuk mengeditnya adalah 30 menit.

Pengguna bisa melakukan 5 kali pengeditan dalam waktu 30 menit tersebut. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan perubahan seperti menambahkan, menghapus, dan atau mengoreksi teks atau menyusun ulang dan menandai media.

Ketika Pembaruan sudah dilakukan, muncul notifikasi bertuliskan Tweet telah diedit. Tweet yang diperbarui akan menampilkan label dan ikon diedit, untuk menunjukkan kepada orang di Twitter bahwa pengunggah telah melakukan perubahan pada Tweet asli.

Pengguna dapat melihat versi Tweet yang diterbitkan sebelumnya dengan mengklik ikon tersebut. Setiap engagement pada Tweet versi sebelumnya juga tetap ada. Namun, pengguna hanya dapat mengedit Tweet dari perangkat yang digunakan untuk mengunggah.

Untuk saat ini, pengguna tidak dapat mengedit jenis Tweet berupa Utas, Balasan, Retweet, Tweet Promosi, Jajak Pendapat Twitter, Tweet Sematan, Tweet yang diunggah melalui layanan pihak ketiga, Tweet yang diunggah melalui TweetDeck, Tweet Super Follow, dan CoTweet.

Sayangnya, fitur ini masih dalam pengujian dan proses debug fitur Edit Tweet, sehingga hanya pelanggan Twitter Blue di negara tertentu yang dapat mengedit Tweet miliknya. Namun, semua orang di Twitter dapat melihatnya. Karena ketersediaan fitur Edit Tweet yang terbatas, penggunaan fitur ini dapat mengungkapkan negara tempat tinggal Anda, dan bahwa Anda berlangganan Twitter Blue .

Sampai saat ini, fitur edit Tweet baru tersedia bagi pengguna Twitter Blue di Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Sedangkan di Amerika Serikat (AS), fitur ini akan segera tersedia.

Pelanggan Twitter Blue akan menerima dukungan khusus untuk permasalahan terkait langganan. Dukungan ini dapat berupa bantuan terkait mengelola langganan Twitter Blue , cara mengakses akun Twitter Blue atau pengaturan, dan permasalahan pendaftaran Twitter Blue . Permasalahan lainnya meliputi pemecahan masalah fitur-fitur khusus yang hanya tersedia untuk pelanggan Twitter Blue .

Meski memiliki berbagai keuntungan, pelanggan Twitter Blue tidak akan mendapatkan layanan lebih cepat terkait permasalahan seperti moderasi konten. Mereka tetap mendapatkan perlakuan serupa dengan pengguna Twitter biasa.

Begitu juga dengan penanganan permasalahan penegakan peraturan seperti pemblokiran akun. Pelanggan Twitter Blue juga tetap mendapatkan perlakuan setara dengan pengguna Twitter biasa.

Tidak hanya itu, meski telah berlangganan, pelanggan Twitter Blue tidak terbebas dari iklan . Hal itu adalah karena, menurut Twitter, saat ini fitur Twitter Blue setara dengan biaya langganannya.

Untuk saat ini, ada biaya operasi untuk membuat lebih banyak lapisan ke pengalaman Twitter. Twitter ingin menjaga harganya tetap wajar dan memastikan pengguna melihat nilai dalam fitur yang disediakan.***