Crypto  

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin dan Ethereum Foundation Transfer Sejumlah ETH ke Kraken, Siap Dijual?

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin dan Ethereum Foundation Transfer Sejumlah ETH ke Kraken, Siap Dijual?

harian-nasional.com/ – Pendiri Ethereum Vitalik Buterin dan Ethereum Foundation diketahui telah memindahkan sekitar 15.200 ETH ke dompet bursa kripto Kraken.

Berdasarkan laporan Coingape, awalnya Pendiri Ethereum tersebut memindahkan 200 ETH ke dompet Kraken pada hari Jumat (5/5/2023).

Tak lama setelah itu, Ethereum Foundation pun mengikuti jejak Buterin, memindahkan 15.000 ETH ke dompet Kraken juga.

Memang, biasanya Ethereum Foundation rutin menjual ETH untuk membiayai operasional mereka, tetapi hanya dalam jumlah yang kecil, tidak sebesar yang terbaru ini.

Berdasarkan data Etherscan, diketahui alamat yang terkait dengan Pendiri Ethereum telah memindahkan sejumlah ETH ke dompet Kraken, dan ini bukanlah aksi kali pertamanya. Ada 5 transaksi serupa dalam dua bulan terakhir.

Dan berdasarkan temukan PeckShieldAlert, Ethereum Foundation mengikuti langkah Buterin, tetapi dengan jumlah yang jauh lebih besar, di keesokan harinya, Sabtu (6/5/2023).

Tentu saja, transaksi besar tersebut telah memicu FUD di komunitas kripto, dengan adanya perkiraan bahwa harga ETH dan beberapa memecoin ERC-20 akan jatuh jika ETH sebanyak itu dilikuidasi, alias dijual.

Secara historis, pergerakan ETH secara masif oleh Ethereum Foundation membawa penurunan harga yang besar pada koin Ether.

Terakhir kali hal seperti itu terjadi adalah pada tanggal 12 November 2021, di mana saat itu Ethereum Foundation memindahkan 20.000 ETH ke dompet Kraken.

Tak lama setelahnya, Foundation tersebut melikuidasi ETH dengan nilai sekitar US$4.722 saat harga koin berada di kisaran ATH-nya, lalu merosot sekitar 40 persen dalam dua bulan.

Di sisi lain, Pendiri Ethereum Vitalik Buterin telah rutin menjual memecoin yang ia terima, seperti 50 milyar token MOPS senilai 1,25 ETH di bulan Maret, 10 milyar token CULT senilai 58 ETH dan 500 triliun token SHIK senilai 380 ETH, serta ada beberapa lainnya lagi.

Pada saat penulisan, harga ETH telah merosot lebih dari 10 persen dalam 3 minggu terakhir, sementara telah melesat lebih dari 61 persen sejak awal tahun ini.

Namun, investor saat ini masih mengkhawatirkan potensi penurunan pada harga ETH karena telah sekali lagi, gagal bertahan di atas level psikologis utama, di US$2.000.

Harga ETH harus mampu kembali ke atas level tersebut jika ingin mempertahankan struktur bullish-nya. [st]