Pemkab Bogor akan lengkapi Cibinong Situ Plaza fasilitas komersil

Pemkab Bogor akan lengkapi Cibinong Situ Plaza fasilitas komersil

harian-nasional.com/ – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, segera melengkapi Taman Cibinong Situ Plaza dengan fasilitas-fasilitas komersil, mulai dari kafe hingga olahraga jetski.

“Akan ada semacam kafe untuk memfasilitasi kegiatan komersilnya. Nanti ada jetski, perahu angsa, dan lainnya,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika di Bogor, Selasa.

Ia menjelaskan, pengelolaan fasilitas komersil tersebut akan diserahkan kepada PT Sayaga Wisata yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor.

“Ini kan di area publik, jadi harus ada yang merawat. Karena itu kan tanah pemda, jadi bentuknya kerja sama dengan Sayaga Wisata,” jelasnya.

Selain menambah sejumlah fasilitas komersil, DPKPP juga akan menambah melengkapi Cibinong Situ Plaza dengan area parkir yang mumpuni dan area masyarakat untuk berolahraga.

“Kita menata area depan parkir Cibinong Situ Plaza. Kemudian buat jogging trek di situ sekaligus mengamankan aset pemerintah daerah,” terang Ajat.

Pemerintah Kabupaten Bogor berencana mengubah fungsi gedung kesenian yang ada di seberang Cibinong City Plaza menjadi sebuah pusat perekonomian masyarakat berupa tempat kuliner dan kantong parkir.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar melalui APBD tahun anggaran 2023 untuk merevitalisasi gedung kesenian.

“Dengan adanya kantong parkir mungkin alan lebih tertata. Kalau tidak salah ada anggarannya sekitar Rp1 miliar,” kata Iwan.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan bahwa tempat kuliner dan kantong parkir tersebut akan terintegrasi dengan Taman Cibinong Situ Plaza yang ada di seberangnya.

“Situ Plaza sudah dapat dikunjungi namun terhalang dengan tidak adanya lahan untuk parkir para pengunjung. Apalagi kawasan ini juga sekarang sudah ada arena bermainnya. Sehingga kita harus segera menyiapkan saranan dan prasarananya seperti kantong parkir,” terangnya.

Ia menilai gedung kesenian menjadi lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai kantong parkir. Terlebih saat ini di area gedung tersebut tak lagi digunakan oleh Polres Bogor sebagai tempat parkir kendaraan.

“Sekarang (polres) sudah selesai masa pinjamnya, kenapa kita nggak benahi itu. Nanti kita bangun itu ada galerinya dan tempat parkirnya,” jelas Suryanto.