Panduan Cara Menambang Bitcoin Menggunakan PC

harian-nasional.com/ – Walaupun banyak yang ingin menambang uang dari bitcoin, namun tidak banyak orang benar-benar mengerti cara menambang bitcoin sebenarnya.

Apakah Anda termasuk orang yang ingin belajar cara menambang bitcoin? Jika ya, maka Anda wajib menyimak ulasan Finansialku berikut ini.

Cara Menambang Bitcoin dengan Menggunakan PC

Saat berbicara tentang menambang bitcoin, tidak sedikit yang menyamakan hal ini dengan kegiatan gratis seperti melalui game, atau pun giveaway.

Padahal kedua hal ini sebenarnya sama sekali berbeda, sebab kegiatan menambang bitcoin membutuhkan perangkat dan kemampuan memecahkan matematika.

[Baca Juga: Investasi Bitcoin di Indonesia menurut Bank Indonesia]

Untuk itu, bagi Anda yang berniat untuk belajar, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Tapi sebelum itu, pastikan kalau Anda sudah memiliki arus keuangan yang baik, agar ketika mulai nanti, Anda tidak perlu khawatir berlebihan meskipun pada akhirnya nanti mengalami kerugian.

Untuk mendapatkan arus keuangan yang baik, tentunya Anda harus membangun kebiasaan yang sehat dalam mengelola keuangan. Bagaimana caranya? Anda bisa cari tahu lewat audiobook dari Finansialku yang bisa diakses melalui gambar berikut ini.

#1 Menyiapkan Perangkat yang Dibutuhkan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, dalam melakukan kegiatan ini, Anda memerlukan perangkat yang mendukung berlangsungnya kegiatan ini.

Berikut perangkat utama yang wajib Anda siapkan.

    CPU/GPU Bitcoin Mining

Pertama, Anda perlu meng-upgrade CPU yang digunakan untuk mendapat manfaat yang maksimal. Anda bisa saja menambahkan graphics hardware dalam computer desktop untuk meningkatkan has rate.

Penambahan ini juga akan membantu Anda dalam memecahkan permasalahan matematika serta mengkalkulasi seluruh polygon kompleks.

    FPGA Bitcoin Mining

FPGA didesain khusus untuk khusus untuk kegiatan ini dan memungkinkan membeli chips dalam satuan volume.

    Layanan Cloud

Melalui cloud, Anda dapat membeli kontrak pertambangan bitcoin dengan proses yang sederhana.

    ASIC Bitcoin Miners

Dengan yang satu ini, Anda dapat melakukan kegiatan menambang ini dengan kecepatan yang memuaskan meski harus dengan menggunakan energi yang besar.

Selain dari perangkat keras, Anda juga memerlukan software yang berfungsi untuk menginstruksikan hardware untuk bekerja sebagaimana mestinya.

#2 Bergabung dengan Kumpulan Penambang Bitcoin

Melakukan suatu pekerjaan dengan bersama-sama tentunya akan membuat pekerjaan tersebut lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan.

Demikian juga halnya dengan menambang bitcoin. Anda dapat memecahkan sebuah blok dengan bersama-sama dan kemudian berbagi imbalan.

Meskipun harus berbagi imbalan, Anda tetap akan memperoleh keuntungan yang lebih baik dari pada mengerjakannya seorang diri.

#3 Menambang dengan Cloud Mining

Cara yang satu ini dapat dianggap sebagai cara yang lebih santai, meskipun Anda perlu menyiapkan dana alias memiliki modal terlebih dulu.

Cara mainnya ialah, Anda membayar orang lain atau pun perusahaan yang menyediakan jasa menambang untuk Anda.

Proses yang biasa disebut dengan cloud mining ini melibatkan web pihak ketiga yang nantinya akan bekerja untuk Anda.

Tentu saja, semakin banyak uang yang Anda investasikan maka semakin banyak juga bitcoin atau pun uang digital lainnya yang akan ditambangkan untuk Anda.

Nantinya, hasil dari proses pertambangan bitcoin nantinya akan dikirim ke alamat dompet Anda.

Untuk hal ini, biasanya penyedia jasa akan memberlakukan sistem kontrak yang umumnya berlangsung setidaknya selama satu tahun.

Tetapi beberapa penyedia jasa juga bisa saja tidak membatasi waktu untuk kontrak yang telah disepakati, dan semuanya tergantung berapa lama Anda ingin terus menjalaninya.

#4 Membuat Dompet untuk Bitcoin

Pada poin sebelumnya sempat disinggung tentang bitcoin yang nantinya akan dikirim ke alamat “dompet” Anda. Mungkin Anda akan bertanya “dompet seperti apa yang dimaksud?”

Dompet yang digunakan disini ialah berupa dompet digital yang nantinya berguna untuk menerima bitcoin yang telah Anda tambang, atau yang dikirim untuk Anda.

Dompet untuk bitcoin memiliki kode unik yang hanya boleh diketahui oleh Anda sebagai pemilik.

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

Untuk itu Anda juga perlu mengamankannya dari hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu dengan meletakkannya pada komputer yang tidak mengakses jaringan internet, atau pun dengan melakukan pengaktifan otentikasi dua faktor.

Nah, bagi Anda yang masih belum tau hendak menggunakan dompet digital yang mana, berikut rekomendasi dari kami:

    Local Bitcoins

    Buying Bitcoin Guide

    Coinbase

    Spectro Coin

    Kraken

#5 Membeli RIG dan menambang Bitcoin sendiri

Bagi Anda yang memang ingin serius melakukan kegiatan ini, maka Anda dapat membeli perangkat khusus yang biasanya disebut dengan rig.

Dengan alat ini Anda dapat melakukannya setiap hari!

Namun untuk memperoleh dan menggunakan alat ini, Anda harus memiliki modal yang cukup besar serta siap dengan risikonya.

Pasalnya kebutuhan alat akan energi listrik juga cukup besar, sehingga tagihan listrik Anda bisa saja memuncak.

#6 Mengikuti Informasi Terbaru

Untuk mendapat keuntungannya, Anda juga perlu update informasi seputar bitcoin. Untuk melakukannya, Anda bisa saja membuka situs yang memberikan informasi ini.

Perhatikan Peluang Mendapat Keuntungan dari Menambang Bitcoin

Kegiatan menambang ini tentu bukanlah pekerjaan yang biasa dan perlu pemahaman yang baik soal hal ini.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menjadi penambang bitcoin, Anda perlu memperhatikan seberapa besar peluang Anda untuk memperoleh keuntungan.

Agar lebih memahami, Finansialku sudah merangkum mengenai apa itu bitcoin. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

Punya tujuan keuangan tapi bingung cara wujudkannya? Yuk, diskusikan keuangan Anda bersama Perencana Keuangan Finansialku untuk dapat solusinya. Gunakan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Pilih jadwal konsultasi Anda di sini atau melalui WhatsApp sekarang juga.

Sekarang Anda tahu bagaimana cara menambang bitcoin dengan mudah dan cara terbaru. Apa Anda akan mencobanya? Silakan berikan pendapat Anda dalam kolom komentar.

Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Miyoshi Seikai. 26 Maret 2019. 3 Cara Menambang Bitcoin Terbaru dan Terbaik 2019. Kurobatoichi1412.blogspot.com – https://bit.ly/2PuxKFB

    Admin. 16 Mei 2016. Penjelasan Lengkap Menambang Bitcoin (Bitcoin Mining). Edukasibitcoin.com – https://goo.gl/VYZypE

    Admin. 26 November 2013. How to Set Up a Bitcoin Miner. Coindesk.com – https://goo.gl/F77K3R

    Admin. Panduan Menambang Bitcoin – Cara mulai menambang Bitcoin. Bitcoinmining.com – https://goo.gl/WdkW4J

    Gde Dharma Gita Diyaksa. 30 Desember 2017. Headline: Menambang Bitcoin, Kadang Untung Bisa Juga Buntung. News.liputan6.com – https://goo.gl/1NBKi9

    CNN Indonesia. 6 Juli 2017. Profil Para Penambang Uang Digital atau Bitcoin Hingga Rp 200 Juta /minggu. Youtube.com – https://goo.gl/WYmkeC

    99Bitcoins. 1 Agustus 2015. How to Mine Bitcoins Using Your Own Computer. Youtube.com – https://goo.gl/doj4gC

    Mining dan trading bitcoin Indonesia. 6 November 2017. Cara Menambang Bitcoin Dengan Android 2017. Youtube.com – https://goo.gl/s5fbJ6

Sumber Gambar:

    Bitcoin Mining – https://goo.gl/FCy3pW

    Bitcoin Mining 2 – https://goo.gl/43qGHy

    Bitcoin Mining 3 – https://goo.gl/i9FvL1