Pabrik Motor Ungkap Krisis Chip Beres, Inden Tak Lama Lagi!

harian-nasional.com/ – Asosiasi Sepeda motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan 5,1-5,4 juta unit sepeda motor di tahun ini. Hal ini sejalan dengan mulai membaiknya pasokan chip semikonduktor.

Demi mendukungnya, AISI menyelenggarakan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (ICC) pada 2-6 November 2022 mendatang.

Namun ada isu lain yang membayangi, yakni krisis chip semikonduktor. Pabrikan mobil menyebut kondisinya sudah membaik, namun juga tak menampik isu tersebut masih membayangi, khususnya di beberapa jenis motor.

“Masalah semikonduktor sudah bisa teratasi, di IMOS nanti diharapkan nggak perlu inden terlalu lama kecuali tipe CBU atau tertentu aja. Tapi harapan kita bisa dipenuhi segera permintaan konsumen,” kata Ketua Umum AISI Johanes Loman dalam konferensi pers IMOS 2022 di Century Park Senayan, Selasa (11/10/22).

Meski demikian, pabrikan bakal tetap memamerkan sejumlah kendaraannya terbarunya di ajang tersebut, termasuk sepeda motor dengan teknologi ramah lingkungan dan sepeda motor listrik berbasis baterai.

“Penting bagi AISI dan industri sepeda motor Indonesia untuk ikut menjadi bagian dari upaya membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Produk dan teknologinya terkini akan dihadirkan dan tentu akan ada juga edukasi untuk pengendara tentang teknologi dan cara mengendarainya pada pameran IMOS 2022 ini,” ujar Loman.

Akan hadir pada IMOS 2022 anggota AISI seperti PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia PT Suzuki Indomobil Sales, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, serta beberapa merek sepeda motor lain, seperti Benelli, Keeway, Italjet, Davigo, dan Royal Alloy, serta Energica, ION Mobility, NIU, Polytron. Treeletrik, sementara Smartby EV Centre akan memamerkan u-Winfly, Volta, ECGO, EF Goodrich, Sunrace. Bravo, Goda dan Moto.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”