Nilai Tukar Rupiah Anjlok terhadap Dolar AS, Keok Lawan Mata Uang Dunia!

Nilai Tukar Rupiah Anjlok terhadap Dolar AS, Keok Lawan Mata Uang Dunia!

harian-nasional.com/ – Nilai tukar rupiah anjlok terhadap dolar AS dan mayoritas mata uang dunia. Melansir RTI, rupiah tertekan di kisaran level Rp15.700 per dolar AS pada Senin, 28 November 2022.

Rupiah hari ini terkoreksi -0,63% ke level Rp15.711 per dolar AS. Rupiah juga keok atas dua mata uang Eropa, yakni poundsterling (-0,21%) dan euro (-0,22%). Rupiah masih lebih baik daripada dolar Australia (0,32%).

Meski begitu, rupiah tumbang atas mayoritas mata uang Asia, kecuali ringgit (0,11%) dan won (0,09%). Dengan kata lain, rupiah melemah terhadap yen (-1,04%), dolar Hong Kong (-0,60%), dolar Singapura (-0,40%), baht (-0,39%), dolar Taiwan (-0,38%), dan yuan (-0,14%).

Pelemahan rupiah hari ini sedikit banyak dipengaruhi oleh sentimen dari negeri Tirai Bambu, China. Meningkatnya pembatasan dalam beberapa bulan terakhir memicu aksi protes berkepanjangan di China perihal kebijakan pembatasan (lockdown) sebagai bagian dari strategi nol-Covid.

Aksi unjuk rasa yang berakhir rusuh tersebut dinilai dapat berpengaruh negatif terhadap perekonomian global, mengingat China saat ini merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. Dengan begitu, aset berisiko akan tertekan di tengah penguatan dolar AS sebagai aset safe haven.