Ngantuk setelah Olahraga Pagi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya…

Ngantuk setelah Olahraga Pagi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya…

harian-nasional.com/ – Mengantuk atau ngantuk setelah olahraga pagi terkadang bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas sepanjang hari.

Merasa lelah dan ngantuk setelah olahraga baik di pagi hari atau di waktu lainnya biasanya normal.

Pasalnya, tubuh baru saja melakukan aktivitas fisik. Namun, apabila rutin dijalankan, gaya hidup sehat ini sebenarnya dapat meningkatkan energi.

Dilansir dari Healthline, manfaat olahraga salah satunya untuk meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. ??

Dengan begitu, tubuh jadi terasa bugar, lebih terjaga, pikiran jadi lebih fokus, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Tapi, perlu diingat kondisi tubuh setiap orang berlainan. Jadi, efek olahraga ini sangat tergantung dengan tingkat kebugaran, pola makan, tingkat hidrasi, jenis dan intensitas olahraga, dan kondisi kesehatan.

Jika Anda merasakan ngantuk setelah olahraga pagi memengaruhi aktivitas sehari-hari, ada baiknya kenali penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab ngantuk setelah olahraga pagi

Ada beberapa kemungkinan alasan kenapa Anda mengantuk setelah olahraga pagi, antara lain:

  • Olahraga terlalu berat

Dilansir dari Live Strong, semakin tinggi intensitas olahraga, maka Anda rentan semakin lelah dan gampang mengantuk setelah berolahraga.

Selama olahraga, tubuh memanfaatkan energi dari molekul yang dikenal dengan adenosine tri-phosphate atau ATP agar tetap aktif bergerak.

Ketika Anda menjalani olahraga yang terlalu berat, cadangan energi ATP bakal terkuras. Imbasnya, tubuh jadi lelah dan menuntut istirahat untuk mengumpulkan energi.

  • Tidak cocok dengan jam biologis

Tubuh setiap orang memiliki jam biologis alami yang disebut ritme sirkadian. Jam internal tubuh yang dirancang berbeda-beda ini turut mengatur kemampuan tubuh untuk segera pulih setelah olahraga.

Bagi orang yang terbiasa aktif di sore atau malam hari, apabila mendadak harus olahraga di pagi hari, efeknya bisa membuat seseorang jadi tidak bertenaga dan ngantuk setelah beraktivitas di luar jam aktifnya tersebut.

  • Pola makan tidak tepat

Dukungan nutrisi sehat penting untuk membantu otot segera pulih dan mengembalikan tingkat energi setelah olahraga.

Pola makan yang tidak seimbang atau kurang karbohidrat, pilihan lemak tidak sehat, dan minim protein bisa membuat tubuh kepayahan dan gampang mengantuk setelah olahraga.

  • Kurang minum air putih

Selain pola makan, kurangnya asupan cairan seperti air putih selama dan setelah olahraga juga bisa membuat Anda ngantuk setelah olahraga pagi.

Saat olahraga, tubuh banyak mengeluarkan cairan lewat keringat. Tanpa diimbangi hidrasi yang cukup, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Imbasnya, tubuh jadi lelah, lesu, dan mengantuk.

  • Kurang tidur

Tidur dan olahraga saling berkaitan. Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Sementara itu, tidur membantu mengisi kembali cadangan energi setelah olahraga.

Apabila Anda kurang tidur di malam hari, besar kemungkinan Anda ngantuk setelah olahraga di pagi hari.

Cara mengatasi ngantuk setelah olahraga pagi

Beberapa perubahan gaya hidup sederhana bisa membantu mengatasi ngantuk setelah olahraga pagi, antara lain:

  • Jangan paksakan olahraga berat

Hindari memaksakan diri dengan olahraga berat di pagi hari. Takar kapasitas tubuh dengan tidak mengabaikan rasa lelah.

  • Makan sebelum dan setelah olahraga

Saat membangun rutinitas olahraga, pastikan Anda juga menjalankan pola makan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari.

Selain itu, konsumsi asupan bergizi sebelum dan sesudah berolahraga sebagai bekal untuk menggantikan kalori, vitamin, dan mineral yang hilang setelah olaharga.

Jika aktivitas olahraga cenderung ringan atau sedang, cukup konsumsi camilan yang mudah dicerna seperti buah atau yogurt.

Setelah olahraga, isi kembali cadangan energi dengan makanan yang mengandung protein sehat dan karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah, sayur, dan telur rebus. Atau, kacang-kacangan dan apel.

  • Konsumsi cairan yang cukup

American Council on Exercise menyarankan untuk minum setidaknya dua gelas air putih sebelum olahraga, minum secangkir air putih lima menit sebelum olahraga, dan minum satu cangkir air putih setiap 20 menit latihan.

Apabila intensitas olahraga cenderung tinggi atau Anda olahraga di tempat yang gerah atau panas, tambahkan jumlah cairan untuk mencegah dehidrasi.

  • Tidur yang cukup

Sebelum olahraga di pagi hari, pastikan Anda tidur berkualitas minimal tujuh jam di malam hari.

Bangun rutinitas tidur yang sehat dengan cara bangun dan berangkat tidur di jam yang sama setiap hari.

Jika beragam cara mengatasi ngantuk setelah olahraga pagi di atas sudah dijajal tapi rasa-rasanya tubuh masih terasa kepayahan, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Di beberapa kasus, penyebab ngantuk setelah olahraga pagi juga bisa jadi tanda penyakit seperti diabetes, sindrom kelelahan kronis, penyakit paru obstruktif kronik, sleep apnea, gangguan tiroid, sampai jantung.