Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam dari Knalpot, Pertanda Apa?

Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam dari Knalpot, Pertanda Apa?

harian-nasional.com/

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu permasalahan yang ada pada mobil mesin diesel adalah asap knalpot berwarna hitam.

Sewajarnya mesin diesel tidak mengeluarkan asal yang pekat kalaupun ada asap hitam itu tipis-tipis saja.

Lantas apa yang menyebabkan asap knalpot berwarna hitam pekat?

Mekanik Nissan Jambi Agus Priyobodo mengatakan, asap knalpot mesin diesel berwarna hitam disebabkan oleh beberapa hal.

“Salah satu penyebab asap knalpot mesin diesel berwarna hitam adalah filter bahan bakar yang kotor,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Dia mengatasi bahan bakar yang kotor akan menghasilkan residu berwarna hitam yang keluar bersama asap knalpot.

“Maka dari itu sebaiknya memilih bahan bakar yang berkualitas baik atau melakukan pembersihan filter bahan bakar secara rutin,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan bahwa jika diperlukan filter bahan bakar harus diganti secara rutin juga guna menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah pada mesin diesel.

“Selain dari filter bahan bakar yang kotor, asap knalpot mesin diesel berwarna hitam bisa disebabkan karena oli dalam intercooler (pendingin turbo) rembes, sehingga ikut terbakar bersama aliran udara yang masuk melalui turbocharger,” ucap Agus.

Dia mengatakan oli intercooler yang terbakar akan menghasilkan residu berwarna hitam yang ikut keluar bersama asap knalpot.

“Jika sudah demikian maka perlu dilakukan perbaikan di dalam sistem turbocharger agar mesin tidak kekurangan oli,” ucap Agus.

Jadi, asap knalpot berwarna hitam pekat yang dihasilkan oleh mesin diesel bisa menjadi pertanda telah terjadi kerusakan pada mesin. Mulai dari filter bahan bakar yang kotor sampainya kebocoran oli pada intercooler.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”